Apa yang harus saya lakukan ketika menemui banyak batasan pada suatu permasalahan yang kompleks

masalah kuliah

Sebenarnya saya baru mempelajari dan menerapkan metode Computational thinking namun saat ini saya menemui banyak batasan dalam permasalahan yang saya hadapi. masalah yang paling utama adalah waktu yang saya miliki tidak memungkinkan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks.

Apa yang harus saya lakukan dalam waktu yang singkat ?

Permasalahan memang tidak ada habis-habisanya menghampiri kita namun itu merupakan suatu nikmat. Jika tidak ada permasalahan kita tidak akan berkembang menjadi lebih baik lagi. Ketika anda menemui suatu permasalahan yang kompleks namun waktu anda terbatas untuk menyelesaikannya. Hal pertama yang harus anda ingat bahwa jangan pernah panik terlalu berlebihan. Karena jika anda merasa panik, secara tidak sadar anda akan menutup semua jalan keluar dengan semua pikiran negatif anda. Tenangkan pikiran anda terlebih dahulu. Jangan beranggapan menenangkan diri akan membuang waktu anda, justru ini merupakan proses dimana pikiran anda akan menjadi segar. Namun jangan terlalu lama menenangkan diri. Cukup hingga anda merasa tenang, kira-kira beberapa jam saja kita menenangkan diri dengan menyendiri. Setelah merasa tenang dan pikiran anda segar lagi mulailah berpikir lagi akan masalah yang anda hadapi.

Lakukan analisa terhadap permasalahan yang penting saja dan biarkan masalah yang kecil. Dengan menentukan prioritas ini anda dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang besar walaupun tidak sepenuhnya berhasil. Setidaknya permasalahan yang besar dapat kita selesaikan dengan waktu yang relatif singkat. Perlu anda ingat pula bahwa kita adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri, kita membutuhkan orang lain. Mintalah pertolongan kepada seseorang yang anda percayai untuk membantu anda menyelesaikan permasalahan yang anda hadapi. Dengan membagi masalah kita kepada teman anda, secara tidak langsung anda melakukan suatu proses dekompposisi yakni membagi masalah. Hal ini akan meringankan beban pikiran anda karena permasalahan yang kompleks. Selain itu akan ada solusi lain yang tidak dapat anda bayangkan sebelumnya. Dengan meminta bantuan kepada teman, pengetahuan anda akan suatu permasalahan akan semakin berkembang karena anda menyerap semua informasi baru mengenai bagaimana menyelesaikan suatu masalah yang belum pernah anda hadapi sebelumnya.

Jangan pernah merasa anda dapat menyelesaikan semua masalah sendirian serta jangan mudah panik akan sesuatu yang belum pasti. Itu akan mempersulit anda menyelesaikan masalah dengan waktu yang relatif singkat.

Suatu permasalahan yang besar akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikanya. Padahal dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks karena ada aktifitas yang lainya.Untuk itu penting agar kita dapat memanagement waktu dalam menyelesaikan permasalah yang sedang dihadapi supaya tidak menganggu aktifitas kita yang lainya.Terkadang kita juga berpikir sepertinya tidak cukup waktu untuk menyelesaikan semua hal yang dibutuhkan sehingga dapat menimbulkan stress dan malah akan menambah msalah lagi.

Ketrampilan memanagemen waktu smerupakan skill yang harus dimiliki.Skill yang pertama yaitu kita harus menetapkan tujuan yang jelas, mematahkan tujuan menjadi langkah-langlah yang efektif, dan meninjau seberapa jauh apa yang sudah kita selesaikan terhadap masalah tersebut.Skill lain yang harus dimiliki adalah dapat memprioritaskan mana kebutuhan yang mendesak dan penting dari pada kegiatan yang sepele dan tidak penting.

Salah satu cara agar tidak banyak waktu terbuang untuk menyelasaikan masalah yang kompleks yaitu dengan menggunkan log waktu. Karena jika kita ingin berpikir secara komputational thingking dituntut agar berpikir secara cepat dan efisien dalam menyelesaikan masalah.Pada sela-sela kegiatan periksalah log waktu yang anda buat dan tanyakan pada diri anda sendiri Seberapa persen persoalan besar tersebut telah kita selesaikan terselesaikan? Dan Apakah cara yang saya lakukan sudah efektif dan efisien untuk menyelesaikan masalah yang ada?. Jika hal tersebut sudah kita lakukan maka kita akan dapat memanage waktu kita untuk berpikir secara computational thingking dan tidak mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

Sumber : https://www.kent.ac.uk/careers/sk/time.htm

Ketika kita mencoba menerapkan computational thinking dalam setiap masalah yang sedang kita hadapi, tidak jarang kita menemui beberapa masalah. Masalah tersebut terkadang menjadi momok bagi kita yang baru menanamkan computational thinking di pola pikirnya. Salah satu masalahnya adalah kita tidak memiliki waktu yang cukup ketikan menghadapi masalah yang sedikit kompleks.

  1. Analisis masalah
    Dalam keterbatasan waktu ini kita harus bisa mengelolanya dengan baik dan benar. Maka dari itu yang pertama dilakukan adalah analisis masalah. Analisis masalah digunakan agar kita menjadi lebih mengerti seperti apa masalah tersebut, dan bagaimana cara menyelesaikannya.
  2. Membuat prioritas
    Setelah melakukan analisis masalah, maka kita bisa menentukan bagaimana pokok dari masalah tersebut. Dari hasil itu kita harus menentukan hal apa saja yang perlu dilakukan terlebih dahulu dan sangat berpengaruh atau yang masih bisa ditunda dan tidak terlalu berpengaruh.
    alternatif
  3. Mencari beberapa alternatif
    Untuk menyelesaikan suatu masalah yang kompleks, biasanya tidak akan hanya ada satu cara saja yang dapat kita lakukan. Tetapi ada banyak cara dan tahap-tahap untuk menyelesaikannya. Sebaiknya kita memilih alternatif penyelesaian yang paling efektif dan efisien untuk menyelesaikannya.