Apa yang harus kita lakukan ketika kita malas belajar?

motivasi

(Dictio Community) #1

sumber foto : armador.com.br


(Raynold Agustinus) #2

Terkadang kita memang sering menunda sesuatu yang harusnya dapat kita kerjakan dengan segera, bahkan lebih parahnya lagi, kita merasa malas sekali melakukan sesuatu yang seharusnya kita lakukan. Termasuk Belajar.

“Ah saya sekarang lagi tidak mood belajar, nanti aja kalau sudah mood pasti saya bisa lebih cepat belajarnya.”

“Saya lagi malas sekarang, toh juga kalau dipaksa belajar sekarang tidak ada hasilnya”

Hal tersebut sangat berhubungan dengan keinginan manusia, dan biasanya keinginan yang membutuhkan usaha sangat ringanlah yang menang.

Kemalasan adalah sebuah keinginan!!

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemungkinan saya melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan, belajar, saya biasanya melakukan hal-hal berikut :

Berikan sedikit reward ke diri anda ketika anda selesai belajar.

Misalnya kita berpikir, " Saya tidak minum kopi saya sampai saya belajar selama 15 menit." Setelah belajar selama 15 menit, beri reward ke diri anda dengan meminum kopi anda. Lakukan berulang-ulang. Biasanya kita akan terkejut, karena secara tidak sadar kita sudah belajar selama 2 jam, misalnya.

Selalu fokus ketika belajar

Jauhkan dari segala gangguan ketika anda sedang belajar. Saat ini gangguan terbesar adalah social media. Bagaimana mungkin anda belajar, sedangkan setiap 2 menit anda membaca pesan di WhatsApp anda? Abaikan semua pesan yang masuk ketika anda belajar. Bila perlu, matikan smartphone anda. Setelah selesai belajar, membaca pesan di WhatsApp adalah reward anda.

Buat Target

Banyak yang tau bahwa seharusnya kita selalu membuat target untuk segala sesuatu yang kita kerjakan, tetapi sangat sedikit yang melakukannya dengan serius. Target adalah bahan bakar kita untuk belajar, tanpa target ibarat kendaraan tanpa bahan bakar. Tidak ada bahan untuk menggerakkan.

Cari lingkungan yang tepat untuk belajar

Lingkungan disini meliputi semuanya, mulai dari suasana yang nyaman hingga teman belajar yang memang mendukung kita untuk selalu belajar. Ketika anda berteman dengan seorang pemalas, kemungkinan besar anda akan menjadi pemalas


(Diana Raden Ayu ) #3

Hal-hal yang biasa saya lakukan untuk selalu termotivasi untuk belajar antara lain :

Buat diri kita selalu termotivasi

Motivasi itulah yang bisa membuat kita belajar. Motivasi untuk belajar bisa datang dari mana saja, dari lingkungan, dari diri sendiri atau dari orang lain.

  • Lingkungan yang nyaman membuat kita betah untuk belajar. Perpustakaan merupakan tempat yang sangat tepat.
  • Keinginan untuk menjadi sukses adalah motivasi terbesar yang muncul dari diri sendiri. Cari idola atau panutan dan buat komitmen dalam diri anda agar anda bisa mencapai apa yang panutan anda telah capai.
  • Orang tua merupakan motivasi terbesar yang muncul dari orang lain. Biasanya, membayangkan orang tua kita sedih apabila kita gagal yang membuat kita termotivasi.

Selalu TEST diri anda.

Kadang kita tidak tau kalau kita tidak bisa. Ketidaktauan kita itu yang membuat kita lalai atau mensepelekan belajar. Selalu test diri anda sehingga anda tau posisi anda dimana saat ini.

Jadikan kebiasaan

Kebiasaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan berulang-ulang hingga itu menjadi ciri kita. Biasanya kebiasaan mempunyai effort yang sangat ringan dalam melakukannya.

So, paksa diri kita untuk belajar secara rutin, dan lakukan secara berulang-ulang, hingga belajar menjadi kebiasaan kita