Apa yang harus kita lakukan agar mudah memahami pemograman?

Pemograman sangat berguna pada zaman sekarang ini. Hampir setiap aktifitas yang kita lakukan sehari - harinya tak lepas dari pemograman. Namun tidak banyak orang yang suka belajar tentang pemograman. Banyak orang menganggap pemograman merupakan hal yang mengerikan karena mereka merasa susah dalam mempelajarinya. Padahal jika kita mengetahui cara yang tepat untuk memahami pemograman,maka pemograman bukan lagi hal yang menyusahkan. Lantas apa yang harus kita lakukan agar mudah memahami pemograman?

1 Like

Memahami pemrograman tentunya tidak begitu sulit, jika sudah tau bagaimana dan hal apa saja yang diperlukan dalam memahaminya. Logika seorang programmer dalam berkomputasi menjadi hal yang vital, seorang programmer harus berpikir secara kritis. Berpikir secara komputational sangat penting juga untuk seorang programmer karena programmer cenderung memecahkan masalah yang besar, menjadi beberapa masalah yang kecil. Setelah itu, seorang programmer dapat menyelesaikan masalah tersebut secara bertahap dari yang paling diprioritaskan.
image

Seorang programmer tentu juga harus punya keterampilan, keterampilan itu sendiri tidak dapat dipelajari, namun hanya bisa didapatkan dengan pengalaman. Keterampilan merupakan softskill. Lalu, seorang programmer juga mampu mengendalikan nafsunya karena seorang programmer harus mampu mengatur bagaimana caranya disiplin. Membuat jadwal yang teratur termasuk salah satu cara ampuh dalam berdisiplin karena dengan jadwal, segala sesuatu yang kita lakukan menjadi bermakna dan bermanfaat.

Semua itu adalah faktor untuk mempermudah mempelajari dan memahami pemograman. Banyak orang berpikir bahwa belajar pemograman itu seperti mengendarai sepeda. Sekali dua kali, orang mungkin tidak bisa mengikutinya. Maka dari itu, diperlukan kegigihan dalam mempelajarinya. Ketika kita gigih, kemudahan dalam memahami akan datang sendiri.

Hal lainnya yang harus dilakukan adalah mencari sumber referensi dari mana saja mengenai pemograman, namun harus hati-hati jika diambil dari internet karena ada beberapa referensi yang justru melenceng dari pemahaman sebagaimana mestinya. Dengan referensi kita dapat mengetahui lebih jauh bagaimana caranya belajar pemrograman. Jangan lupa untuk membuat jadwal untuk belajar dan mereview.

Lalu, Carilah teman yang bisa belajar pemrograman. Teman merupakan sumber pembelajaran terbaik menurut saya karena dari teman kita bisa sharing ilmu pengetahuan tanpa kenal rasa pamrih dan sungkan. Penjelasan paling cocok menurut saya adalah penjelasan dari teman. Cobalah untuk berdiskusi pada waktu luang mengenai Bahasa pemrograman. Mintalah bantuannya jika ada masalah yang tidak kamu mengerti.

Itu opiniku tentang bagaimana caranya mudah memahami Bahasa pemrograman. Bagaimana pendapatmu?

Umm…

Berdasarkan pengalaman saya dalam beberapa bulan ini memulai belajar pemrograman mengenai langkah yang dilakukan agar mudah memahami pemrograman, ada beberapa. Selain itu, saya juga hendak memaparkan beberapa langkah dari programmer-programmer yang telah berpengalaman bagaimana agar mudah dalam pemrograman.

Menurut saya, perkataan “bisa karena biasa” itu tepat sekali dengan permasalahan ini karena programming adalah sebuah skill, untuk memahami dan ahli kita butuh praktek yang banyak. Untuk permulaan saya juga merasakan sesuatu yang memberatkan, seakan saya salah jurusan kenapa begitu susah sementara teman lain dengan gampangnya untuk memahami. Dari masalah ini saya mulai, mencari bagaimana sebenarnya agar mudah dalam pemrograman dan bagaimana cara belajarnya.

Setelah beberapa lama, saya mencoba untuk mulai sering berlatih dan ternyata benar, programming akan semakin mudah ketika kita terus berusaha mencobanya, mulai dari berpikir algoritma yang dibutuhkan, konsep matematis, dan bagaimana menuliskannya dalam syntax bahasa pemrograman.

Mengenai langkah yang harus dilakukan agar mudah memahami pemrograman, sederhananya pahami teorinya dan lakukan teorinya dengan berlatih. Dimana kita bisa mendapatkan teorinya? Ya, salah satunya bisa mengenai pemrograman. Bagaimana ketika tidak juga mendapatkan ide disaat memahami program? cobalah untuk melihat beberapa source code, lalu, pahami alur dari source code tersebut.

Kemudian, tips dari programmer lain untuk pertanyaan ini bergabunglah dengan orang-orang yang memiliki minat pada programming. Dari sini kita bisa menanya, belajar bareng, dan saling berbagi pengetahuan. Saya juga pernah mencoba cara ini, ya memang cara ini begitu efektif untuk memahami pemrograman.

image
Pemograman sangat penting dalam kehidupan modern saat ini. Banyak orang yang ingin mempelajari pemograman, namun tidak banyak yang menggelutinya dengan niat yang bulat. Banyak dari mereka yang gugur sebelum memulai karena merasa bingung dan susah untuk belajar pemograman. Lalu, apa yang harus kita lakukan agar mudah memahami pemograman?

1. Belajar dengan Mencoba

image

Ketika kita memilki kode program yang mudah kita biasanya hanya mencoba me run saja dan sudah merasa paham. Hal tersebut tidaklah salah, akan tetapi bisa dibilang hal tersebut sangat disayangkan. Karana dengan program yang mudah tersebut sebenarnya kita bisa mendapat pengalaman yang luas. Yaitu dengan cara mencoba – coba. Kita bisa menghapus sebagian program lalu melihat bagaimana hasil outputnya dan mencoba memahami kenapa bisa terjadi hal tersebut. Jika kita melakukan hal tersebut, kita bisa lebih memahami bagaimana alur kerja dari program yang simpel tersebut dan mendapat pengalaman yang tentunnya akan sangat membantu untuk menyelesaikan kode – kode program yang lebih sulit.

2. Sering bertanya

image

Salah satu masalah terbesar ketika kita mempelajari pemograman adalah ketika kita mengalami eror atau tidak tau maksud dari suatu program, kita seringkali malas untuk melanjutkannya karena menganggap hal tersebut tidak mungkin untuk diselesaikan. Padahal ketika kita merasa bingung dengan alur suatu program kita bisa bertanya kepada teman – teman kita ataupun bertanya di forum – forum internet. Jika kita sudah menerapkan kebiasaan bertanya tersebut pada diri kita. Masalah yang besar pun akan terasa mudah untuk diselesaikan. Semakin kita sering bertanya maka ilmu yang kita dapatkan juga akan semakin banyak. Sehingga cepat lambat kita akan mulai paham tentang pemograman dengan sendirinya.

3. Mengulang setiap hari

image

Ketika kita memahami suatu mater dalam pemograman kita harus mengulang materi tersebut sesering mungkin. Misal kita mendapat materi mengenai cara konversi type data, ketika kita tidak mengulanginya beberapa hari maka kita akan cenderung lupa bagaimana source code untuk menkonversi type data. Banyak diantara kita ketika memahami suatu materi akan meninggalkan materi tersebut untuk lanjut ke materi berikutnya. Hal tersebut sebenarnya kurang benar, karena ketika kita tidak menerapkan materi yang sudah kita pelajari pada program – program yang lain, maka tanpa kita sadari kita lupa akan materi tersebut.

4. Belajar sedikit demi sedikit

image

Tidak ada ilmu yang dapat kita pelajari secara instan, termasuk juga pemograman. Ketika kita mempelajari pemograman kita sebaiknya mempelajari mulai dari bagian – bagian kecil. Setelah kita memahami bagian kecil lalu melangkah ke bagian setelahnya. Dengan mempelajari bagian demi bagian kecil, kita akan merasa belajar pemograman itu bukanlah hal yang sulit. Karena kita tidak memandang masalah secara menyeluruh tetapi bagian demi bagian. Namun banyak orang yang mempelajari pemograman secara menyeluruh dan bingung harus memulai dari mana untuk mempelajarinya karena terlalu besar hal yang harus dipelajari. Pelajarilah pemograman mulai dari yang paling dasar dan sedikit demi sedikit setiap harinya.