Apa yang harus dipraktikkan seorang manajer untuk mencapai manajemen yang efektif?


Keefektifan dalam mengelola sebuah organisasi sangat dibutuhkan dan menjadi tugas dari seorang manajer. Manajer sebagai seseorang yang mengoordinasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi guna mencapai sasaran organisasi. Apa yang harus dipraktikkan manajer untuk mencapai manajemen yang efektif?

Penting bagi organisasi untuk memiliki manajemen yang efektif karena proses bisnis dalam manajemen harus tetap berjalan dengan semestinya agar kebutuhan konsumen terpenuhi. Alexander Hamilton dapat menjawab kebutuhan seorang manajer dalam mengelola organisasi agar memiliki manajemen yang efektif. Alexander Hamilton adalah tokoh besar Amerika, seseorang dengan kemampuan organisasionalnya dan punya kecerdasan luar biasa serta pemikirannya yang fleksibel dan pragmatis. Ia juga merupakan kepala ajudan George Washington.

Hamilton menulis surat kepada karyawannya bagaimana menerapkan manajemen yang efektif. Karyawan Hamilton bertugas untuk mengumpulkan pajak atas barang yang diimpor ke Amerika Serikat, maka isi suratnya berkaitan subyek tersebut.


Berikut 10 hal dalam surat Hamilton yang mengajarkan kita tentang apa yang dipraktikkannya untuk menerapkan manajemen yang efektif:

1. Komunikasi secara konsisten dan teratur
Dulu, komunikasi dengan menggunakan surat edaran. Bandingannya dengan masa sekarang adalah ketika eksekutif mengitimkan pesan penting regular kepada tim di bawahnya.

2. Permudah karyawanmu untuk berkomunnikasi denganmu
Dalam suratnya, Hamilton mengirimkan format yang dibuatnya untuk para karyawannya yang digunakan untuk menulis laporan kepadanya. Ia juga menetapkan harapan seberapa sering ia menerima laporannya.

3. Jangan lupa: Orang-orang di bawahmu adalah mata dan telingamu, dan mereka bisa membantumu berkembang
“…Perhatikan dengan seksama dan komunikasikan secara berkala padaku apa saja yang berguna untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam rencanaku, dan tunjukkan cara untuk memperbaikinya”

4. Kamu tidak bisa memprediksi segalanya, maka harapkan yang tidak terduga
“Ketidaksempurnaan dan ketidaknyamanan akan muncul dalam setiap kegiatan, yang mana bentuknya tidak dapat diprediksi”

5. Dengarkan kritik, segila apa pun itu
“Meskipun keluhan para pedagang tidak selalu menadi indikasi cacat yang mutlak, namun mereka akan selalu mendapat perhatian, dan jika hal itu terjadi, saya akan senang diberi informasi khusus tentang mereka”

6. Tanyakan pada karyawan apa masukan mereka
“Saya akan senang untuk mendengar ide-ide kalian untuk memanfaatkan pendapatan di kuartal kaian, dan (jika ada yang tampak sesuai dengan kebutuhan kalian) dari jumlah atau jenis yang kalian anggap perlu”

7. Selesaikan masalah pada level bawah
“Sudah kita pahami bahwa jumlah pelabuhan di beberapa negara bagian ada yang menghindar dari tugasnya. Keinginanku untuk diberitahu seauh mana pengalaman membuktikan kekhawatiran ini, dan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin telah terjadi, adalah dengan menghindari sebanyak mungkin ketidaknyamanan yang dilakukan oleh pelabuhan yang mana mereka rancang untuk ditiadakan”

8. Berani berinovasi
“Akan menjadi kesenangan bagiku bahwa observasi kalian telah difilter karena objeknya sangat luas”

9. Tetapkan harapan di awal
Surat ini adalah surat edaran penting kedua yang ia kirim, dan Ia menulis surat ini kurang dari sebulan setelah diangkat menjadi sekretarisnya George Washington

10. Kumpulkan data
Bahkan sebelum era digital, Hamilton menghitung data berupa angka-angka dan mengumpulkan informasi. Kesimpulan dari surat ini adalah pengumpulan data, memposisikan dirinya sebagai kolektor dan penganalisa informasi tersebut.

sumber: