Apa yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan anggota Focus Group Discussion?

Focus Group Discussion pada umumnya di hadiri oleh 2-8 orang. Pembatasan anggota ditunjukan untuk menggali penuh pola pikir masing-masing anggota, jika terlalu banyak maka terdapat kemungkinan bahwa tidak semua anggota akan memiliki waktu yang cukup dalam mengaspirasikan pendapatnya. Untuk menjaga kualitas diskusi maka diperlukan pemilihan anggota yang baik.

Apa yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan anggota Focus Group Discussion ?

Terdapat beberapa kriteria mendasar dalam memilih partisipan FGD :

  1. Jenis Kelamin: gender dapat menyebabkan seseorang untuk merasa nyaman/tidak dalam membahas suatu subjek pembicaraan. Contoh : wanita mungkin merasa tidak nyaman mendiskusikan kesehatan ibu jika terdapat pria dalam kelompok.

  2. Umur: Usia dapat mempengaruhi reaksi seseorang kepada beberapa topik. Misalnya, seorang anak muda mungkin merasa tidak nyaman membicarakan kebiasaan minumnya jika terdapat orang tua dari lingkungan dekatnya di dalam partisipan FGD.

  3. Hierarki: Apakah orang-orang dengan posisi hierarkis yang berbeda dapat mendiskusikan topik ini secara merata? Misalnya, seorang siswa mungkin merasa tidak nyaman mendiskusikan gurunya jika kepala sekolah ada dalam FGD.

Jika dianggap kurang maka kriteria baru dapat ditambahkan ke dalam list diatas. Kriteria yang dimasukkan akan menyesuaikan kepada kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai.

referensi :
https://blog.socialcops.com/academy/resources/conduct-successful-focus-group-discussion/