© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang harus dipersiapkan sebelum periksa gigi rutin?

Perawatan gigi

Periksa gigi rutin merupakan hal yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi. Apa yang harus dipersiapkan sebelum periksa gigi rutin?

Yang perlu Anda lakukan ketika melakukan pemeriksaan gigi rutin adalah bersifat terbuka tentang kondisi mulut Anda dan menjawab jujur semua pertanyaan yang diajukan oleh dokter. Misalnya, jika dokter menanyakan tentang seberapa sering Anda sikat gigi sehari-hari, ada baiknya Anda jawab sejujur mungkin.

Lalu jika ada keluhan, misalnya ada gigi yang sakit, sebisa mungkin menceritakan secara lengkap, contohnya sejak kapan keluhan tersebut muncul dan seberapa sakit rasa sakitnya.

Saat pemeriksaan gigi rutin, dokter akan mengecek kondisi gigi Anda — apakah ada lubang gigi, patah, retak, tambalan gigi yang rusak, atau ada plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi adalah sumber infeksi pada rongga mulut, sehingga bila ada dan parah harus segera dibersihkan. Dokter gigi juga akan menilai seberapa tinggi risiko Anda terhadap masalah gigi berlubang.

Dokter kemudian dapat memeriksa posisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau lajur susunan gigi yang berantakan. Apabila setelah diperiksa masih perlu gambaran penunjang, dokter gigi akan menyarankan Anda menjalani rontgen gigi untuk merencanakan tindakan lebih lanjut.