Apa yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko dalam sebuah manajemen organisasi?

Pada dasarnya setiap organisasi membutuhkan manajemen untuk perencanaan, pengorganisasian, manajemen sumber daya dan lain sebagainya. Namun suatu organisasi tekadang kurang memperhatikan risiko, karena terlalu fokus terhadap manajemen perusahaannya, maka dari itu apa saja yang seharusnya diperhitungkan oleh organisasi untuk mengendalikan risiko dalam manajemen organisasinya?

Dalam manajemen organisasi dibutuhkan beberapa langkah untuk pencegahan terhadap risiko yang harus diperhatikan untuk mencegah kerugian-kerugian yang disebabkan oleh resiko

  • langkah 1 identifikasi resiko
    Proses ini meliputi pengidentifikasian kerugian yang mungkin terjadi dalam suatu aktivitas usaha. Identifikasi secara akurat dan komplek sangatlah vital dalam manajemen resiko. Salah satu aspek penting dalam identifikasi resiko adalah mendaftar kemungkinan kerugian yang mungkin terjadi sebanyak mungkin.

  • Langkah 2 Analisa Resiko
    Setelah melakukan identifikasi, maka tahap berikutnya adalah mengukur resiko (measurement) dengan cara melihat potensial terjadinya seberapa besar severity (kerusakan) dan probabilitas terjadinya resiko tersebut. Penentuan probabilitas terjadinya suatu event lebih bersifat subjektif berdasarkan nalar dan pengalaman.

-Langkah 3 Pengelolaan Resiko
Apapun perlu pengelolaan, termasuk resiko. Pengelolaan yang baik akan berakibat positif terhadap pencegahan dampak (kerusakan( yang terjadi akibat ketidak pastian.

-Langkah 4 Implementasi Manajemen Resiko
Proses implementasi resiko adalah tahap dimana strategi dan semua perencanaan yang disebutkan diatas dilaksanakan. Tentu saja anda harus memutuskan terlebih dahulu mana yang dipilih untuk ditetapkan.

-Langkah 5 Monitoring Resiko
Sangatlah penting untuk selalu memonitor proses dari awal, dimulai dari identifikasi resiko dan pengukuran resiko untuk mengetahui keefektifan respon yang telah dipilih serta untuk mengidentifikasi adanya resiko yang baru atau bahkan perubahan resiko. Sehingga, ketika suatu saat terjadi maka respon yang dipilih akan sesuai juga diimplementasikan secara efektif.

Manajemen Resiko Menangani Kerugian dari Ketidak Pastian Perusahaan

SUMBER :
https://thidiweb.com › pengertia…