Apa yang Harus Dilakukan Sebuah Startup Saat Tingkat Burn Rate Meningkat?

Burn rate adalah kecepatan dari turunnya saldo kas yang dimiliki oleh sebuah startup, saat burn rate mengalami peningkatan tentu hal ini menandakan keuangan sebuah startup sedang tidak sehat. Saat hal ini terjadi, apa yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan?

1 Like

Yang harus dilakukan sebuah startup saat tingkat Burn Rate pada startup tersebut meningkat dengan mengontrol beberapa cara, yaitu :

  1. Get a bookkeeper : gunakan spreadsheet dan catat secara berkala dan disiplin penggunaan uang kita

  2. Hire slowly, berhati-hatilah sebelum merekrut karyawan baru, selain karena sangat painful untuk memberhentikan seseorang, kehadiran karyawan baru haruslah bisa dipastikan menambah value signifikan untuk perkembangan startup kita. Jangan sampai kita terburu memperbanyak tim kita tanpa perhitungan yang matang.

  3. Limit nonessentials expenditure, jangan terlalu tergoda untuk mengeluarkan uang pada hal-hal yang tidak esensial pada milestone terdekat yang sedang kita tuju saat ini. Hal-hal seperti punya kantor dan fasilitasnya yang bagus, makan siang gratis, beli beragam peralatan untuk kantor, dan lain sebagainya harusnya benar-benar kita pertimbangkan.

  4. Run smaller experiments ketika kita sudah bisa tau milestone per bulan kita, maka akan lebih mudah merencanakan dan mengeksekusi experimen-experimen kecil untuk mencapai milestone tersebut, sehingga jika kita gagal tidak terlanjur sudah mengeluarkan modal dan waktu terlalu besar.

  5. Lower salaries.

  6. Cut staff.

Referensi

Agar Startup Tidak Gagal karena Kehabisan Uang - Catatan Andreas Senjaya

1 Like

Burn rate merupakan selisih dari pengeluaran operasional sehari-hari dengan pendapatan. Jika pendapatan yang diperoleh startup lebih besar daripada pengeluarannya maka otomatis tingkat burn rate akan turun, dan hal ini menandakan bahwa startup akan semakin dekat pada tujuan menghasilkan profit. Namun sebaliknya, burn rates akan bergerak ke arah sebaliknya jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatannya.

Jika startup yang kita miliki memiliki burn rate yang tinggi, terdapat beberapa langkah yang bisa kita gunakan utnuk mengontrol burn rate diantaranya adalah :

  1. Pengurangan karyawan dan Pemotongan gaji
    Biasanya, investor dapat menegosiasikan klausul dalam kesepakatan pembiayaan untuk mengurangi staf atau kompensasi jika perusahaan mengalami tingkat burn rate yang tinggi. PHK sering terjadi pada start up yang lebih besar yang mengejar strategi yang lebih ramping atau baru saja menyetujui kesepakatan pembiayaan baru.

  2. Pertumbuhan
    Sebuah perusahaan/startup dapat memproyeksikan peningkatan pertumbuhan yang meningkatkan skala ekonominya. Hal ini memungkinkan untuk menutupi biaya tetap seperti biaya overhead dan litbang untuk memperbaiki situasi keuangannya.

  3. Pemasaran
    Seringkali, startup mengeluarkan kas untuk pemasaran agar mencapai pertumbuhan di basis pengguna atau penggunaan produknya. Namun, start-up sering dibatasi dalam arti bahwa mereka kekurangan sumber daya untuk menggunakan iklan berbayar. Dengan demikian, pertumbuhan ‘hacking’ adalah istilah yang sering digunakan dalam start-up untuk mengacu pada strategi pertumbuhan yang tidak bergantung pada iklan mahal.

Beberapa startup memang sengaja melakukan pengeluaran yang besar sebelum mendapatkan keuntungan, jangka waktu hal ini pun sangat beragam mulai dari periode waktu yang singkat sampai untuk waktu yang cukup lama. Pada saat ini orang-orang yang ada di dalam startup harus paham betul mengenai kas yang dimiliki dan burn rate yang ada pad aperusahaan untuk menghindari titik dimana startup sudah sama sekali tidak memiliki modal sehingga startup tidak bisa membiayai kegiatan operasional.

referensi: Burn Rate - How to Calculate Burn Rate & Its Importance

1 Like

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh startup saat burn rate meningkat:

  1. Jangan terjebak dalam ‘kawanan’ dimana startup pemula menerima jutaan dolar dalam dana ventura, karena hal ini justru berpotensi untuk gagal.

  2. Fokus pada profit! Maksudnya di sini bukan berarti mencari mati-matian keuntungan dalam jutaan dolar, tetapi mampu mengendalikan biaya pemasukkan dan pengeluaran agar tidak out of hand. Cara terbaik untuk meregangkan dana dari pemberi modal adalah dengan menghasilkan keuntungan.

  3. Mengontrol tim dari jarak jauh.

  4. Mengontrol budget pemasaran.

  5. Menjaga keadilan para pekerjanya.

referensi:

1 Like

A post was split to a new topic: Bagaimana cara untuk mengontrol burn rate dalam sebuah startup ?

A post was merged into an existing topic: Bagaimana cara untuk mengontrol burn rate dalam sebuah startup ?

A post was merged into an existing topic: Bagaimana cara untuk mengontrol burn rate dalam sebuah startup ?

Ketika perusahaan menjadi tidak sehat, yang harus di lakukan adalah :

  1. Mendongkrak penjualan produk. bisa dengan memanfaatkan strategi seperti promosi online melalui social media dengan tujuan menghemat anggaran iklan.

  2. Tekan biaya operasional. Kurang bijak dalam mengatur anggaran operasional bisa berdampak pada kegiatan operasional sehingga manajemen anggaran sangat diperlukan agar waktu, tenaga dan biaya perusahaan tidak terbuang sia sia

  3. Hindari pembayaran sistem tempo. Usahakan agar pelanggan menggunakan sistem pembayaran secara tunai sehingga perputaran uang bisa berjalan dengan lancar

1 Like