Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Menganalisa Resiko Secara Kuantitatif?

Analisa risiko secara kuantitatif adalah salah satu metode untuk mengidentifikasi risiko kemungkinan kerusakan atau kegagalan sistem dan memprediksi besarnya kerugian. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan analisa resiko dengan jenis ini?

image

Analisis Risiko Kuantitatif merupakan analisa risiko berdasarkan angka-angka nyata (nilai finansial) terhadap besarnya kerugian yang terjadi. Sebelum dilakukan analisis ini, risiko-risiko sudah harus diidentifikasi. Analisa dilakukan berdasarkan pada formula-formula matematis yang dihubungkan dengan nilai-nilai finansial. Hasil analisa dapat digunakan untuk mengambil langkah-langkah strategis mengatasi risiko yang teridentifikasi.

Sekali risiko teridentifikasi, harus dapat dinilai besamya potensi kerugian dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Jumlah-jumlah ini mungkin sederhana untuk dihitung, atau tidak mungkin diukur secara pasti. Oleh karena itu, dalam proses penilaian, sangat penting untuk membuat estimasi-estimasi terbaik dari sisi akademis dengan maksud untuk memprioritaskan implementasi rencana manajemen risiko secara tepat. Analisis ini biasanya mengikuti analisis kualitatif. Apakah perlu dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif secara bersama tergantung pada ketersediaan biaya dan waktu, serta apakah perlu menyatakan risiko secara kualitatif dan kuantitatif serta pengaruhnya

Referensi :
MANAJEMEN RISIKO PROYEK Oleh : Suwinardi