Apa yang harus dilakukan saat bertemu ular di alam bebas ?

image

Tak jarang tiba-tiba kita bertemu ular di alam bebas. Banyak yang panik dan salah mengambil tindakan. Apa yang harus dilakukan saat bertemu ular di alam bebas ?

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika bertemu dengan ular di alam bebas adalah :

1. Silent

Jika ada ular di depan Anda, sebaiknya diam saja. Jangan bergerak bahkan jingkrak-jingkrak. Ular sebenarnya memiliki penglihatan yang agak rabun. Dia akan mengira kaki Anda adalah pohon. Dia akan mengabaikan Anda jika Anda diam tak bergerak. Tapi jika Anda bergerak, dia akan mengira Anda sebagai ancaman.

2. Thinking

Saat diam, berpikirlah untuk menghindar dari ular tersebut. Cari cara agar Anda bisa selamat dari ular yang ada di dekat Anda.

3. Observation

Lihat sekeliling. Amati sekitar Anda. Cari alat yang mungkin bisa menyelamatkan Anda. Atau mungkin alat yang bisa digunakan untuk menangkap ular tersebut. Jika Anda ingin kabur perhatikan di depan, samping, dan belakang. Cari jalan yang kemungkinannya besar untuk kabur dan selamat. Jangan sampai Anda kabur dari ular ternyata masuk jurang.

4. Prepare

Tetap waspada, fokus, dan persiapkan diri jika terlihat ular itu akan menyerang Anda. Jangan sekali-kali mengambil tindakan untuk membunuh ular tersebut. Biarkan sebisa mungkin untuk mengatasi ular tanpa harus membunuhnya.