Apa yang harus dilakukan ketika tersesat saat mendaki gunung?

tersesat di gunung

Untuk mencapai puncak gunung, pendaki wajib menaklukkan beberapa jalur yang sulit bahkan mematikan. Tersesat atau terpisah dari rombongan juga bukan hal yang tidak mungkin dialami oleh setiap pendaki.

  • Bagi pendaki pemula yang tersesat, Yandi menyarankan agar tetap diam dan berusaha membuat camp (tempat kemah) sampai tim penolong datang. Pendaki tidak boleh bersikap arogan dengan menganggap jalur pendakian mudah dijangkau.

  • “Kalau pemula sebaiknya diam di tempat dan membuat camp sambil menunggu bantuan. Karena ini bisa membantu pendaki berpikir jenih dan bisa menyiapkan segala sesuatunya. Harus yakin bantuan pasti datang,”

  • Tips saat pendaki kehabisan makanan di gunung. Pendaki disarankan mencari makanan berupa tumbuh-tumbuhan atau hewan dengan catatan, ketika meninggalkan camp, pendaki harus meninggalkan jejak agar lebih mudah kembali ke camp.

  • Pendaki bisa mengkonsumsi kentang, singkong, batang pisang, rebung atau tebu. Bahkan, dalam keadaan terdesak pendaki juga bisa memilih jamur sebagai cadangan makanan. Kalau masih punya logistik makanan sih sebaiknya diatur, diirit-irit. Paling penting perbanyak cadangan air buat minum,

  • Ada beberapa catatan yang mesti diingat pendaki saat memilih tumbuh-tumbuhan untuk dikonsumsi. Pendaki dilarang keras memilih tumbuh-tumbuhan yang bergetah dan berbulu untuk dimakan karena biasanya beracun. Misalkan enggak percaya sama tumbuhan itu cara ngetesnya, daun itu gesekan ke kulit telapak tangan kalau gatal artinya harus dihindari jangan dimakan.

  • Saat pendaki kehabisan pasokan air, pendaki bisa menemukan air di beberapa lokasi. Di antaranya, sungai, embun yang menempel di daun-daun, lengkungan batu, atau dari hasil perasan lumut.

  • jika selama tiga sampai tujuh hari belum mendapat bantuan, pendaki disarankan mencari jalan keluar sendiri. Pendaki tidak boleh panik dan harus optimis jalur yang ditempuh itu, bisa mengantarkannya keluar dari gunung.

  • Jangan panik, kalau selama tiga sampai tujuh hari ngerasa belum ada yang nyari lakukan cara sendiri. Misalnya, cari jalan sendiri dengan catatan percaya kalau jalan itu bisa nganter dia keluar dari gunung itu.