Apa yang harus dilakukan jika menemukan zoonosis di sekitar kita?

U1hEYkZEcQ

Memiliki hewan kesayangan, nampaknya sudah menjadi tren di Indonesia. Terbukti dengan semakin banyaknya anggota asosiasi pencinta kucing maupun anjing. Tidak ketinggalan para pencinta reptil dan hewan eksotis yang kini banyak membentuk komunitas hampir di setiap kota. Selain itu, jumlah peternakan komersil dan nonkomersil terus meningkat terutama di daerah. Hal ini menunjukkan bahwa kini interaksi antar hewan dan manusia semakin tinggi dan meningkatkan risiko menularnya penyakit dari hewan ke manusia.

Tingkat bahaya dari setiap penyakit zoonosis berbeda beda, namun akan berakibat fatal terlambat ditangani. Ketika terdapat suatu kejadian, sebaiknya tidak terburu-buru melakukan tindakan tanpa pengawasan dokter hewan. Seperti sapi yang dicurigai terinfeksi antrax, tidak seharusnya hewan langsung disembelih, dibedah apalagi memakan dagingnya. Bakteri antrax akan semakin berkembang biak ketika mendapat oksigen dari udara, kemudian spora bisa terbawa angin hingga puluhan kilometer sehingga penyebaran penyakit semakin luas.
Tindakan bijak untuk mengatasi zoonosis adalah segera melaporkan ke dinas terkait seperti Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan. Petugas yang berwajib akan memberikan perlakuan sesuai prosedur. Tidak perlu khawatir dengan segala tindakan yang dijalankan petugas, karena semua prosedur bertujuan menciptakan masyarakat veteriner yang sehat serta bebas dari ancaman penyakit asal hewan.