© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang harus dilakukan jika gigi mulai menghitam?

Gigi hitam

Apa yang harus dilakukan jika gigi mulai menghitam? Mengapa bisa terjadi hal seperti itu? dan Apakah ada solusinya?

Biasanya gigi yang hitam ini berada pada bagian tengah gigi. Pada banyak kasus, ternyata warna hitam gigi tersebut bukan hanya berada pada bagian gigi saja, tetapi sudah sampai pada bagian gusi juga. Jika sudah berada pada posisi ini berarti kondisi gigi anda sudah tergolong kasus yang berat.

Tetapi jika kasusnya masih ringan, artinya warna hitam pada gigi anda tidak begitu parah dan masih bisa diperbaiki sendiri, sebaiknya segera ditangani ya sobat, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah nantinya.

Beberapa tips agar anda terbebas dari gigi hitam ditengah, antara lain :

1. Sikat Gigi

Cara mengatasi gigi hitam di tengah yang pertama ialah dengan melakukan sikat gigi secara rutin. gigi hitam pada orang dewasa terutama pada gigi bagian tengah adalah proses dimana gigi mengalami kerusakan dan pembusukan yang diakibatkan oleh bakteri.

Maka langkah awal yang musti anda lakukan adalah dengan cara yang sederhana yaitu dengan rajin sikat gigi menggunakan pasta gigi tertentu yang memang untuk jenis gigi yang berwarna hitam. Dengan rajin menyikat gigi, berarti anda akan membersihkan kotoran-kotoran dari gigi anda yang memang menjadi sumber nutrisi bagi bakeri yang ada di dalam gigi anda.

2. Flossing

Cara mengatasi gigi hitam di tengah yang kedua ialah dengan melakukan flossing. Pada umumnya walaupun kita sudah sikat gigi dengan bersih, tetapi tetap saja ada sisa – sisa makanan yang menempel apda sela-sela gigi anda yang memang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi anda. Untuk itu anda perlu mengguakan flossing atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela gigi anda. Gunakan flossing kesemua sela-sela gigi anda secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

3. Obat Kumur

Cara mengatasi gigi hitam di tengah selanjutnya ialah dengan rajin kumur. Setelah melakukan kedua langkah diatas, untuk menyempurnakan pembersihan gigi anda, sebaiknya setelah sikat gigi dan flossing anda perlu berkumur dengan obat kumur yang sudah terjamin kualitasnya, agar kuman atau bakteri yang ada pada mulut dan gigi anda bersih dengan sempurna.

4. Bleaching Gigi

cara menghilangkan gigi hitam bisa dengan melakukan bleaching. Bagi sobat semua yang memang tidak mau repot dan memerlukan perawatan yang instan, mungkin metode bleaching gigi ini cocok buat anda. Bleaching gigi merupakan proses pembersihan dan pemutihan gigi yang dilakukan dengan menggunakan obat kimia tentunya. Memang hasil yang didapat akan jauh lebih cepat dan indah dari yang sebelumnya, tetapi tidak direkomendasikan untuk melakukan metode ini berulang-ulang karena akan merusak email gigi anda.

5. Scalling Gigi

Pada kasus gigi hitam yang memang cukup parah, dan nyaris membuat gigi keropos, ada baiknya anda menggunakan metode scalling gigi. Scalling gigi ini berfungsi untuk mengilangkan warna hitam pada gigi anda dan menghilangkan sama sekali bakateri penyebab gigi tersebut hitam, sehingga area gigi hitam tersebut tidak akan bertambah begitupun dengan area pengeroposan gigi anda. Tetapi sebelum melakukan metode ini anda harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi , agar tidak terjadi masalah nantinya.

6. Hindari Minuman Beralkohol

Cara mengatasi gigi berlubang hitam bisa dengan mengurangi minuman beralkohol ya sobat. Minuman beralkohol merupakan jenis minuman yang kerasa dan dapat merusak lapisan email gigi. Jika lapisan email gigi anda sudah rusak, maka struktur gigi yang lainnya pun akan lebih gampang rusak oleh bakteri. Selain itu, alkohol juga akan mengurangi produksi air liur yang seyogianya berfungsi untuk menghasilkan enzim yang menghancurkan sisa makanan dalam mulut atau gigi anda.

7. Gunakan Baking Soda

Cara mengatasi gigi hitam di tengah yang terakhir ialah dengan memanfaatkan baking soda. Selain digunakan untuk bahan membuat kue, ternyata baking soda juga dipercaya dapat menghilangkan jamur atau bakteri yang membuat gigi anda berwarna hitam. Cara pengaplikasiannya adalah dengan cara mencamurkan baking soda tersebut dengan perasan air lemon sehingga berbentuk pasta gigi, kemudian gunakanlah untuk menyikat gigi anda.