Apa yang harus dilakukan bila terjadi gempa?

Gempa bumi merupakan bencana alam yang datang tiba-tiba. Lalu apa yang harus kita lakukan bila terjadi gempa bumi?

Tindakan Kita Saat Terjadi Gempa Bumi

Jika gempa bumi mengguncang secara tiba-tiba, berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dimana pun anda berada :

  1. Didalam rumah
    Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah kebawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda.

    Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal. Jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik, untuk mencegah terjadinya kebakaran.

  2. Di sekolah
    Berlindunglah dibawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh, carilah tempat yang lapang, jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon.

  3. Diluar rumah
    Jika didaerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa. Jika sedang berada dipasar bisa melindungi kepala dari jatuhan benda dengan benda-benda yang tersedia dipasar, berlindung dibawah meja, menuju tempat evakuasi.

  4. Di mall , bioskop, dan lantai dasar mallstrong text
    Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam. Jika sedang berada digedung bertingkat, akan lebih aman tetap dilantai atas dibandingkan dilantai bawah untuk mengantisipasi gedung bertingkat roboh karena kegagalan struktur maupun likuifasi.

  5. Di dalam lift
    Jangan menggunakan lift saat gempa bumi dan kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempa bumi saat berada didalam lift , maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamananya dan mengungsilah. Jika anda terjebak didalam lift , hubungi manager gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

  6. Di kereta api
    Berpeganglah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

  7. Di dalam mobil
    Saat terjadi gempa bumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda dikiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

  8. Di gunung/ pantai
    Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ketempat aman. Dipesisir pantai bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda- tanda tsunami tampak, cepatlah menggungsi kedaratan yang tinggi.

  9. Beri pertolongan
    Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang yang akan cedera saat terjadi gempa bumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian maka besiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang berada disekitar anda.

  10. Dengarkan informasi
    Saat gempa bumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang atau polisi. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas.

Referensi :
(Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, 2009)