Apa yang harus dilakukan apabila akan diserang oleh anjing ?

Anjing

Apa yang harus dilakukan apabila akan diserang oleh anjing ?

Orang tua jaman dulu (mungkin sekarang juga) bilang kalau dikejar anjing harus jongkok, maksudnya pura-pura ambil batu untuk melempar. Mungkin ada benarnya anjing akan berhenti mengejar, tapi ada salahnya juga, apalagi kalau yang ngejar anjing rabies.

Karena jika anjing itu menggigit di bagian tubuh atas dan ternyata anjing tersebut mengidap penyakit rabies, maka resiko kematian korban sangat tinggi. Semakin dekat jarak gigitan anjing dengan otak, maka tingkat kematiannya semakin cepat.� Jadi kalau ada anjing mengejar, jangan malah duduk atau jongkok. Lebih baik berdiri tegak karena kalau digigit bagian kaki resikonya lebih kecil dibandingkan di kepala atau bagian tubuh atas lainnya, tapi cara ini hanya berlaku kalau memang tidak ada kesempatan lagi untuk lari atau menghindar.

Ada benarnya anjing bisa merasakan energi ketakutanmu, bahayanya ini justru malah membuatnya makin percaya diri untuk menyerang. Jadi cobalah tetap tenang, jangan membuat gerakan yang memancingnya makin agresif.

Sekedar tips kalau bertemu anjing yang agresif ataupun dominan yang mungkin akan menyerang :

  1. Jangan lari, berlari kabur malah akan membangkitkan naluri anjing untuk mengejar dan menangkap, dan dia mungkin akan mengejar mu dengan penuh semangat bahkan meskipun mungkin niat awalnya hanya untuk bermain-main. Selain itu, anda tidak akan pernah menang kabur dari anjing dengan berlari. Bahkan jika anda bersepeda, kemungkinan besar anda tidak akan dapat berlari lebih kencang dari anjing.

  2. Jangan senyum, maksudmu mungkin akan ramah, tapi bagi anjing bisa dikira memperlihatkan gigi untuk mengajak berkelahi.

  3. Lihat ekornya, jika berkibas-kibas berarti dia suka tapi jika ekornya lurus berarti dia sedang serius memperhatikan atau mencari kelemahanmu. Posisi kepala lurus dengan badan juga menunjukan sikap dia sedang serius memperhatikanmu

  4. Gunakan benda apapun didekatmu untuk bersiap memblock gigitannya. Kayu, sapu atau apapun, kaki juga boleh kalo terpaksa hehehe…

  5. Kepalkan tanganmu, ini untuk menjaga kalo sampe anjing menyerang, jari-jari mu tetap aman.

  6. Kalau ada, gunakan kain, kaos atau apapun untuk menutup muka dan matanya kalau sampai tergigit supaya dia melepaskan gigitannya

  7. Mundur pelan-pelan bila anjing sudah mulai tidak memperhatikanmu, jangan buat gerakan mendadak.

  8. Jangan lupa berdoa, supaya anjing tidak jadi menyerang kamu.