Apa yang disebut dengan viskositas dinamik?

image

Viskositi dinamik juga disebut sebagai viskositi absolut, koefisien dari viskositi, atau dengan sederhana disebut viskositi, adalah hambatan dari dalam atau gesekan (dalam kasus ini fluida) terhadap aliran dari fluida dan ini didefinisikan sebagai gaya, berlawanan dengan arah gaya yang melekat yang timbul karena viskositi dari fluida, yang dibutuhkan untuk menjaga satuan gradien kecepatan pada sudut yang tepat untuk arah dari aliran antara dua lapisan paralel dari fluida yang mengalir yang melewati satu sama lain, memiliki satuan luas dari kontak dan satuan jarak.

Hukum Newton untuk viskositidipertimbangkan sebagai definisi dari viskositi dimana hal tersebut secara koefisien kesebandingan antara tegangan geser (shear stress) dan laju geser (shear rate). Konstanta viskositi sisa untuk fluida Newtonian ketika itu divariasikan dengan waktu atau laju pergeseran untuk fluida non-Newtonian. Definisi dari viskositi absolut adalah benar jika aliran laminar dan secara eksperimen hal itu telah dapat diukur hanya pada kawasan laminar seperti pada capillary viscometer (Viskometer Ostwald).

Viskositi dari cairan akan turun dengan suhu, namun, tekanan memiliki efek yang dapat diabaikan terhadap viskositi dari cairan hingga berkali-kali tekanan atmosfer. Untuk gas pada tekanan rendah diketahui sebagai gas encer, viskositi meningkat dengan meningkatnya suhu ketika perilakunya menyerupai cairan untuk gas pada tekanan tinggi (gas padat). Meskipun viskositi dari gas meningkat dengan tekanan, namun, viskositi dari gas praktis diambil bebas dari tekanan dekat tekanan atmosfer dan untuk tekanan antara 5 sampai 10 bar, efek dari tkanan biasanya ditentukan dapat diabaikan. Viskositi dari gas secara khusus antara 5x10-6 dan 3x10-5 Pa.s. Viskositi dari air murni pada kondisi biasa dapat mencapai 1.0 cp (mPa.s)