Apa yang disebut dengan strategic product roadmap?

Apa yang disebut dengan strategic product roadmap? Apa saja tahap dalam membuat product roadmap yang stretagis?

Strategic product roadmap merupakan visualisasi tindakan apa saja yang diperlukan untuk membantu perusahaan Anda mencapai tujuan jangka panjangnya dengan sukses. Hal tersebut menghubungkan titik-titik untuk tim dan orang-orang di organisasi Anda dengan menunjukkan kepada semua orang bagaimana tindakan sehari-hari mereka sesuai dengan visi perusahaan, dan mengenai ke mana mereka ingin berada di masa depan.

Strategic product roadmap yang dirancang dengan baik seperti GPS untuk bisnis dan pengembangan produk. Ini tidak hanya memberitahu Anda dan tim berada dan cara tercepat untuk mencapai tujuan Anda, hal tersebut bahkan dapat mempersingkat rute karena lebih sedikit waktu yang terbuang dengan anggota tim yang mencoba untuk mencari tahu isu atau permasalahan ketika sedang atau melewati masa pengembangan produk. Tool ini adalah salah satu yang terbaik untuk mengangkat ‘kabut’, ketidakjelasan dan membuat visi Anda jelas bagi semua orang didalam tim. Jika Anda ingin menentukan pilihan untuk membuat hari ini yang akan mempengaruhi masa depan Anda, peta jalan strategis yang baik dapat menjadi pendamping tim dan Anda. Pada dasarnya, strategic product roadmap merupakan product roadmap itu sendiri.

Untuk mencapai strategic product roadmap yang baik, maka terdapat beberapa tahap:

1. Visi
Buat dan tempatkan pernyataan yang jelas tentang visi Anda dan tim di bagian atas halaman roadmap. Ini adalah guiding post yang harus selalu diingat oleh setiap orang didalam tim produk dan pengembang.

2. Nilai / Value
Nyatakan value yang ingin Anda dan tim Anda berikan. Bagaimana nilai-nilai itu sejajar dengan visi? Jika mereka tidak selaras, perubahan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa setiap orang didalam tim dipandu oleh prinsip dan tujuan yang sama?

3. Goal yang Kritis
Buat daftar tujuan atau sasaran penting yang harus dikejar untuk membantu mewujudkan visi tersebut. Hal ini dapat mencakup perusahaan secara keseluruhan, atau dapat menjadi roadmap yang terpisah untuk berbagai bidang utama seperti pengembangan brand, pemasaran media sosial, atau peningkatan layanan customer.

4. Strategi
Buat daftar berbagai strategi untuk mencapai tujuan. Strategi yang dibangun dengan baik menghubungkan tujuan-tujuan dalam empat perspektif (Financial, Customer, Internal (Processes), Learning and Growth). Misalnya, apa strategi keuangan utama yang harus ada untuk mendukung pencapaian tujuan atau sasaran yang menyeluruh? Apa strategi pelanggan yang harus ditetapkan dan menghasilkan hasil keuangan yang diinginkan dan mencapai tujuan atau sasaran? Proses internal apa yang akan mendukung strategi pelanggan yang menghasilkan hasil keuangan yang diinginkan dan mencapai tujuan? Pada akhirnya, proses pembelajaran dan pertumbuhan apa yang harus dikejar untuk mendukung strategi internal yang akan menghasilkan layanan customer yang unggul, hasil keuangan yang diinginkan dan mencapai tujuan atau sasaran?

5. Taktik
Buat daftar semua tindakan atau taktik kunci di bawah masing-masing strategi yang diulas di tahap sebelumnya.

6. Potensi Roadblocks
Buat garis besar risiko potensial di masing-masing strategi yang Anda rencanakan untuk dikejar dan tindakan yang mungkin Anda ambil.

7. Milestones
Berikan small flag pada roadmap untuk menunjukkan titik di mana tonggak penting untuk pencapaian tujuan akan terjadi. Misalnya, katakanlah tujuan Anda dan tim adalah membuat aplikasi. Tonggak-tonggak bersejarah mungkin ditetapkan pada penyelesaian pengujian beta dan perilisan berbagai versi produk.

Sumber: https://www.americanexpress.com/us/small-business/openforum/articles/creating-strategic-roadmap/
https://pragmaticmarketing.com/resources/webinars/5-ways-to-nail-your-strategic-product-roadmap