Apa yang dimaskud dengan musik film?

Apa yang dimaskud dengan musik film ?

Film adalah sekedar gambar yang bergerak, adapun pergerakannya disebut sebagai intermitten movement, gerakan yang muncul hanya karena keterbatasan kemampuan mata dan otak manusia menangkap sejumlah pergantian gambar dalam sepersekian detik. Di dalam fil terdapat musik yang bisa menghidupkan ceritanya. Apa yang dimaskud dengan musik film ?

1 Like

Musik Film

Menurut Gizzo (2014) musik film adalah musik yang dapat didengar oleh penonton namun tidak dapat didengar oleh tokoh dalam film. Dykhoff (2012) menyatakan bahwa musik film adalah musik yang dimainkan di luar dunia film (non-diegetic), musik film digunakan untuk mempengaruhi penonton tanpa mempengaruhi tokoh dalam film. Rosar (2002) menyatakan bahwa ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut musik film (film music) antara lain: film score, underscore, background music dan musical score. Donald (2014) mengatakan bahwa musik film adalah musik yang dibuat untuk mengiringi adegan film. Musik film didesain untuk menciptakan emosi penonton. Musik film menurut Stein (2009) adalah musik yang menguatkan maupun mempertegas emosi dalam adegan tertentu. Biasanya musik film tidak menggunakan lirik.

Dari pendapat Gizzo, Dykhoff, Rosar, Donald, Stein dan Kusumawati maka dapat disimpulkan bahwa musik film adalah musik yang dapat didengar oleh penonton namun tidak dapat didengar oleh tokoh dalam film (non diegetic). Musik film dibuat untuk mendukung sebuah film. Musik film biasanya tidak menggunakan lirik. Musik film dan musik ilustrasi memiliki makna yang berbeda. Musik film adalah musik yang khusus dibuat untuk film sementara musik ilustrasi dapat digunakan untuk film dan hal-hal di luar film, seperti; drama, teater, tarian, wayang, tablo, dan radio.

Fungsi Musik Film


Musik film memiliki beberapa fungsi, yaitu: 1. mempersiapkan penonton secara perlahan ke dunia film dan mempersiapkan mereka untuk adegan yang akan muncul, 2. menunjukkan seting waktu dan posisi geografis film (Brownrigg, 2003). Fungsi musik menurut Fischoff (2005) adalah menambah efek pendengaran terhadap pengalaman visual. Lebih lanjut, musik adalah salah satu cara paling sederhana dalam menyampaikan pesan, walaupun kadang terdengar tapi tidak disadari oleh penonton.

10 fungsi musik film, yaitu:

  1. Memperkuat pesan dengan menyampaikan hal yang sama dengan apa yang ditayangkan,
  2. Menciptakan pesan baru yang tidak diekspresikan dalam dialog maupun gerakan,
  3. menciptakan kesinambungan antar adegan (shots) dan sudut pandang (angle),
  4. menunjukan seting waktu dan posisi geografis,
  5. mempersiapkan penonton untuk memulai menonton film,
  6. mempersiapkan penonton secara perlahan ke adegan yang akan muncul,
  7. menutup suara yang tidak diinginkan (noise),
  8. menyampaikan maksud kelanjutan cerita, khususnya adegan yang membingungkan,
  9. berintegrasi dengan film melalui ingatan-ingatan (leitmotiv),
  10. menambah nilai seni dari sebuah film
Referensi

https://eprints.uny.ac.id/16878/1/Sigit%20Purnomo%2010208241025.pdf