Apa yang dimaksud tindakan ekonomi?

image

Praktik ekonomi disebut juga dengan tindakan ekonomi. Lalu apa yang dimaksud tindakan ekonomi?

3 Likes

Tindakan ekonomi adalah sebuah istilah yang mengacu pada setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik, dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :

  • Tindakan ekonomi rasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan, dan kenyataannya demikian.

  • Tindakan ekonomi irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.

Granovetter menggagas tiga proposisi utama untuk memahami tindakan ekonomi:

  1. Tindakan ekonomi adalah suatu bentuk dari tindakan sosial,
  2. Tindakan ekonomi disituasikan secara sosial,
  3. Institusi-institusi ekonomi dikonstruksikan secara sosial.

Untuk memahami tindakan ekonomi sebagai bentuk dari tindakan sosial dapat dirujuk pada konsep tindakan sosial menurut Weber yang menegaskan bahwa tindakan ekonomi dapat dipandang sebagai suatu tindakan sosial sejauh tindakan tersebut memperhatikan tingkah laku orang lain. Memberikan perhatian ini dilakukan secara sosial dalam berbagai cara, misalnya memperhatikan orang lain, berbicara dengan orang lain, berfikir tentang mereka, atau memberi senyum kepada mereka. Artinya tindakan ekonomi yang dilakukan individu, perilakunya diorientasikan kepada perilaku orang lain dalam sebuah hubungan sosial.

Di sisi lain, Weber mengemukakan bahwa analisis tindakan ekonomi tidak hanya membahas ā€œfenomena ekonomiā€ tetapi juga ā€œfenomena yang relevan secara ekonomiā€ dan ā€œfenomena yang dikondisikan secara ekonomiā€ (dalam Swedberg, 2003).

  • Fenomena ekonomi terdiri dari norma-norma ekonomi dan kelembagaan ekonomi yang terbentuk untuk memenuhi tujuan ekonomi (misalnya perbankan), dipelajari melalui teori ekonomi.

  • Fenomena yang relevan secara ekonomi adalah fenoma non ekonomi yang memberi dampak pada fenomena ekonomi (misalnya sebuah analisis dalam The Protestant Ethic), dipelajari mlelalui sejarah ekonomi maupun sosiologi ekonomi.

  • Fenomena yang dikondisikan secara ekonomi adalah fenomena pada tingkat tertentu dipengaruhi oleh fenomena ekonomi (misalnya tipe religi yang cenderung diadopsi sebagian tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan anggotanya), dipaelajari melalui sejarah ekonomi maupun sosiologi ekonomi.

Ahli ekonomi mempelajari tindakan ekonomi murni, yaitu suatu tindakan yang secara eksklusif didoring oleh kepentingan ekonomi atau ā€harapan terhadap kegunaanā€. Sedangkan ahli sosiologi ekonomi mempelajari tindakan ekonomi yang berorientasi sosial, yaitu tindakan yang didorong oleh kepentingan ekonomi dan diorientasikan pada aktor lain. Tindakan ekonomi sosial tidak hanya didorong oleh kepentingan ekonomi tetapi juga oleh tradisi maupun emosi.

Secara garis besar Weber membedakan analisis sosiologi tindakan ekonomi dari analisis ekonomi dengan mengajukan 3 unsur :

  • Tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan sosial
  • Tindakan ekonomi selalu melibatkan makna
  • Tindakan ekonomi selalu memperhatikan kekuasaan

Terdapat tiga tipe tindakan ekonomi yang berbeda, yang diinspirasi oleh custom (termasuk habit), convention (norma), dan interest. Tindakan yang ditentukan oleh kepentingan didefinisikan sebagai tindakan instrumental dan berorientasi pada harapan yang identik. Dengan kata lain, tindakan ini mensyaratkan setting sosial dimana aktor lain berpikir dengan cara instrumental yang sama. Misalnya, dalam pasar modern, seorang aktor adalah rasional instrumental dan menganggap orang lain sama rasionalnya.

Referensi

Sumarti, T. 2007. Sosiologi Kepentingan (Interest) dalam Tindakan Ekonomi. Jurnal Sosiologi Pedesaan. Vol. 1 (2) : 1-9.