Apa yang dimaksud Thematic Apperception Test ?

Thematic Apperception Test

Thematic Apperception Test merpakan sebuah tes yang digunakan untuk melakukan evaluasi terkait dengan motivasi berprestasi seseorang.

Apa yang dimaksud Thematic Apperception Test dan bagaimana cara melakukan tes tersebut ?

Thematic Apperception Test (TAT) diciptakan oleh seorang psikolog dari Harvard bernama Morgan dan Murray dan TAT yang lazim dilakukan kepada orang-orang terdiri dari setumpuk kartu bergambar, yang mengandung ekspresi-ekspresi yang kuat. Kartu TAT ini juga di kategorikan berdasarkan gender, B untuk boys, G untuk girls dan M-F untuk male and female, yakni untuk kedua jenis.

TAT ini didasarkan pada teori kebutuhan Murray yang memandang bahwa dalam suatu perilaku manusia pasti didorong oleh adanya motivasi internal dan eksternal, sedangkan lingkungan dipandang sebagai press (tekanan) yang mempengaruhi dorongan tersebut. Keduanya akan membentuk suatu interaksi antara kebutuhan dan lingkungan yang disebut sebagai tema. Kesatuan tema merupakan kesatuan interaksi itu yang terbentuk sejak jaman kanak-kanak tanpa disadari, dan ini merupakan kunci dari suatu perilaku unik (khas) seseorang.

TAT dikembangkan oleh beberapa peneliti secara kontinum. Henry A Murray lah yang pertama kali memperkenalkan konsep ini dari arsip-arsip tulisannya pada tahun 1935 dalam buku “A Method of Apperception Test”. Kemudian Leopold Bellak pada tahun 1947 mengembangkan metode intepretasi dalam buku “A Guide to the Interpretation of the Thematic Apperception Test”. Penggunaan TAT di Indonesia lebih populer menggunakan metode yang dikembangkan Leopold Belak.

Thematic Apperception Test, disingkat TAT, adalah suatu teknik proyeksi, yang digunakan untuk mengungkap dinamika kepribadian, yang menampakkan diri dalam hubungan interpersonal dan dalam apersepsi (atau interpretasi yang ada artinya) terhadap lingkungan. Dengan teknik ini seorang interpreter yang mahir dapat mengungkap dorongan-dorongan emosi, sentiment, kompleks dan konflik-konflik pribadi yang dominan.

Manfaat TAT


  • TAT berguna dalam mempelajari secara keseluruhan kepribadian seseorang, sehingga dapat menginterpretasi tingkah laku abnormal, penyakit psikosomatis, neurose dan dapat digunakan untuk anak minimun usia 4 tahun kalau dimungkinkan. Ada perangkat pelengkap TAT khusus untuk anak-anak yaitu CAT.

  • Manfaat khusus TAT. Sebagai pendahuluan interview therapi dan merupakan langkah pertama dalam psikoanalisa.

Materi TES TAT

Materi TAT terdiri dari 20 gambar: 11 kartu untuk segala testi; termasuk disini kartu kosong, dan 9 kartu disesuaikan untuk dewasa/anak dan pria/wanita. Ke 9 kartu ditandai dengan:

  • BM = Boy & Male (untuk pria)
  • GF = Gilr & Female (Untuk wanita)
  • MF = Male & Female (untuk dewasa)
  • GB = Boy & Girl (untuk anak-anak 4 – 14 tahun).

Deskripsi Kartu Kartu TAT

Berikut ini adalah daftar gambar stimulis TAT:

Kartu 1. Seorang anak laki-laki sedang memandangi sebuah biola yang terletak di atas meja di depannya.

Stimulus yang dihasilkan : Keinginan untuk berprestasi, Hubungan dengan orang tua

Kartu 2. Pemandangan desa; disebelah depan ada seorang wanita membawa buku; dilatar belakang ada seorang laki-laki sedang bekerja di ladang dan seorang wanita lebih tua dari wanita pertama sedang memandanginya.

Stimulus yang dihasilkan : Ambisi klien , sikap terhadap orang tua.

Kartu 3. GM. Dilantai seorang anak kali-laki sedang meringkuk menmpel sofa dengan kepalanya disandarkan di atas tangan kanannya. Disampingnya di lantai tergeletak sepucuk pistol.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Putus asa, Kesedihan, Depresi, konflik.

Kartu 3. GF. Seorang wanita sedang berdiri dengan kepala menunduk. Mukanya ditutupi dengan tangan kanannya. Tangan kirinya direntangkan pada suatu pintu kayu.

Stimulus yang dihasilkan : Putus asa, Kesedihan, Depresi, konflik.

Kartu 4. Seorang wanita sedang memegang erat-erat bahu seorang pria yang badan dan wajahnya membelakangi wanita tadi. Pria ini seolah-olah berusaha menghindar dari wanita tadi.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Situasi konflik dalam rumah tangga, Sikap terhadap jenis kelamin lain (aspek seksual)

Kartu 5. Seorang wanita setengah baya sedang berdiri di ambang pintu yang setengah terbuka dan mlihat kearah suatu kamar.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Sikap terhadap tokoh ibu, terutama dari segi larangan atau pengawasan.

Kartu 6. BM. Seorang wanita tua pendek berdiri membelakangi seorang pria muda jangkung. Si pria memandang ke bawah dengan ekspresi wajah kebingungan.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Konflik antara ibu dan anak laki-laki.

Kartu 6. GF. Seorang wanita sedang duduk ditepi sebuah sofa. Ia memandang kebelakang kearah seorang pria yang lebih tua yang berpipa di mulutnya. Pria ini seakan-akan sedang berbicara dengan wanita tadi.

Stimulus yang dihasilkan : Ketika hubungan ayah dan anak tidak terjalin, cerita cenderung mengambil pendekatan hubungan heteroseksual.

Kartu 7. BM. Seoranag pria ubanan memndang seorang pria muda cemberut yang sedang melamun.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Sikap ayah terhadap anak laki-laki atau terhadap sesama jenis.

Kartu 7. GF. Seorang wanita agak tua sedang duduk disamping seorang perempuan, sambil berbicara atau membacakan sesuatu untuk si anak. Si anak yang sedang memegangi boneka, memandang kearah lain.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Sikap Ibu terhadap anak perempuan atau terhadap sesama jenis.

Kartu 8. BM. Seorang pria remaja memandang lurus ke luar gmbar. Di satu sisi tampak sebuah laras senapan, dan dilator belakang tampak lamat-lamat seperti bayangan dalam mimpi, pemandangan semacam operasi.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Ambisi positif (kemampuan merancang masa depan)

Kartu 8. GF. Seorang wanita muda duduk bertopang dagu sambil melamun.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Ambisi positif (kemampuan merancang masa depan)

Kartu 9. BM. Empat pria berpakaian kerja sedang tiduran santai di rerumputan.

Stimulus yang dihasilkan : Hubungan teman sesama jenis Sikap terhadap kehidupan seksual.

Kartu 9. GF. Seorang wanita muda dengan majalah dan dompe di tangan memandang dari balik sebatang pohon seorang wanita muda lain berpakaian pesta yang sedang berlari-lari ditepi pantai.

Stimulus yang dihasilkan : Kartu ini dimaksudkan untuk membawa keluar hubungan sesama wanita, dan elaborasi pada isu-isu seperti persaingan saudara, kecemburuan dan sebagainya.

Kartu 10 Kepala seorang wanita muda bersandar dibahu seorang pria.

Stimulus yang dihasilkan : Hubungan antara lawan jenis atau Hubungan dengan orang tua.

Kartu 11 Suatu jalan menyusuri suatu jurang yang dalam diantara batu-batu cadas yang terjal. Diatas jalan dikejauhan ada gambaran-gambaran yang tidak jelas. Dari salah satu dinding cadas menjulur kepala dan leher panjang seekor naga.

Stimulus yang dihasilkan : Ketakutan terhadap agresi atau rasa ingin tahu klien yang besar terhadap hal-hal yang berbahaya/mengancam.

Kartu 12. M. Seorang pria muda sedang berbaring memejamkan mata diatas dipan. Seorang pria tua membungkuk, tangannya terbuka diatas muka orang yang sedang berbaring

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Kartu ini sering menunjukkan cerita antara pria yang lebih tua dan yang lebih muda. Subyek dikenal untuk menggambarkan sikap mereka terhadap beberapa kekuatan pengendali eksternal. Penting untuk dicatat bagaimana pria yang lebih tua digambarkan.

Kartu 12. F. Gambar seorang wanita muda. Dilatar belakangnya seorang wanita tua berkerudung dan menyeramkan sedang mengerutkan wajah.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Hubungan antara wanita yang berbeda umur.

Kartu 12. BG. Sebuah kapal dayung didaratkan dipinggiran sungai didaerah berhutan.

Stimulus yang dihasilkan :

Kartu 13. MF Seorang pria muda sedang berdiri menunduk, mukanya ditutup dengan lengan. Dibelakangnya ada gambaran seorang wanita sedang berbaring diatas tempat tidur.

Stimulus yang dihasilkan : Masalah seksual

Kartu 13. B. Seorang anak laki-laki kecil sedang duduk ditangga sebuah pondok kayu

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Perasaan kesepian dan tidak berarti.

Kartu 13. F. Seorang anak perempuan sedang memanjat tangga yang berkelok-kelok.

Stimulus yang dihasilkan : Bisa menggambarkan kesepian dan introspeksi.

Kartu 14. Bayangan seorang pria (atau wanita) pada suatu jendela yang terang. Gambar sisanya seluruhnya gelap.

Stimulus yang dihasilkan : Ambisi dan pengaturan rencana menghadapi masa depan.

Kartu 15. Seorang pria kurus dengan tangan terpadu berdiri diatara batu-batu nisan.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Ide-ide mengenai kesusahan, kematian, dan permusuhan.

Kartu 16. Kartu kosong.

Stimulus yang dihasilkan : Pantulan dari timbunan kecemasan atau ambisi yang telah menumpuk pada cerita sebelumnya.

Kartu 17. BM. Seorang pria tanpa busana sedang bergantung pada seutas tali. Ia sedang memanjat atau menurun.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Tingkat masalah/konflik yang belum dapat diatasi

Kartu 17. GF. Sebuah jembatan diatas air, sesosok wanita bersandar menjulur diatas pagar jembatan itu. Dilatar belakangnya tampak gedung-gedung tinggi dan gambar-gambar kecil beberapa pria

Stimulus yang dihasilkan : Kisah yang terkait dengan kartu itu mengungkapkan sikap atau perasaan terhadap kejadian yang akan datang atau perpisahan yang baru-baru ini terjadi dengan orang yang dicintai. Kartu ini juga efektif dalam kasus pasien bunuh diri.

Kartu 18. BM. Seorang pria dipegang erat-erat dari belekang oleh tiga tangan. Tidak tampak gambar lawan-lawan orang ini.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan : Perasaan tidak berdaya

Kartu 18. GF. Seorang wanita tangannya mencekam lehr wanita lain yang tanpaknya didorong kebelakang kearah pagar tangga.

Kartu Thematic Apperception Test

Stimulus yang dihasilkan :

Kartu 19. Gambar yang menyeramkan, melukiskan kumpulan awan menyelimuti pondok yang tertutup salju dipedesaan.

Stimulus yang dihasilkan : Keinginan akan rasa aman, cara-cara yang dapat mengatasi frustasi yang ditimbulkan oleh lingkungan.

Kartu 20. Gambar remang-remang seorang pria (atau wanita) bersandar pada tiang lampu dimalam buta.

Stimulus yang dihasilkan : Kesepian, keragu-raguan, agresi, masalah/konflik yang sedang dipikirkan, masalah dengan lawan jenis.

Karakteristik Karakteristik Kartu TAT


Dalam menginterpretasikan tanggapan testi terhadap stimuli yang disajikan diperlukan pemehaman mengenai karakteristik atau sifat-sifat stimuli tersebut. Pengenalan karakteristik juga diperlukan untuk memilih kartu-kartu yang akan disajikan pada penyajian singkat.

Karakteristik kartu dapat digolongkan dalam karakteristik-karakteristik sebagai berikut:

Kejelasan struktur konteks/situasi orang yang terlibat, dan objek yang terlibat.

Dalam beberapa gambar, situasi, orang dan objek, tampak jelas. Pada kartu 1, disitu tampak jelas gambar seorang anak laki-laki sedang instrospeksi yang melibatkan biola yang tampak jelas. Pada kartu 2, jelas pemandangan pertanian dengan orang-orang yang terlibat ialah seorang wanita muda, seorang pria dan seorang wanita yang lebih tua.

Kartu-kartu lain yang jelas strukturnya ialah kartu 3 MF, 4, 5, 6 BM, dan 9 GF, 10, 13 MF.

Dari stimuli yang jelas, imajinasi tidak dibutuhkan. Bila testee menginterpretasikan gambar yang jelas tidak seperti yang seharusnya, maka dapat dikatakan ada penyimpangan persepsi atau salah interpretasi. Hal ini dapat digunakan bahan diagnosa.
Namun demikian, dalam kartu-kartu yang tergolong jelas strukturnya itupun kadang-kadang terdapat objek-objek yang tidak jelas strukturnya. Ketidakjelasan struktur ini mungkin disebabkan oleh:

  1. Objek-objek tersebut bentuknya meragukan, sehingga sukar ditentukan atau tidak teramati oleh pembuat cerita. Misalnya pada kartu 1, objek dibawah biola tidak dapat diinterpretasikan sebagai meja, taplak meja, kertas bungkus, kertas musik, dan sebagainya. Demikian juga pada kartu 2, latar paling belakang agak kabur. Disitu ada gambar pria dan kuda lain, ada gedung-gedung, dan ada “air”. Objek-obej “kabur” semacam ini memberikan kesempatan testee untuk memproyeksikan diri.

  2. Meskipun objek, manusia-manusia, maupun situasi umumnya cukup jelas, hubungan antara manusia-manusia tersbut, aktivits, perasaan, jalan ceritanya, dan akhir cerita, tidak sama strukturnya. Disinilah imajinasi testee dibangkitkan.

Contoh kartu yang tidak jelas strukturnya ialah kartu 3 BM. Disini gambaran orang tidak jelas pria atau wanita, tua atau muda. Juga benda yang di atas lantai, dapat dikatakan sebagai sepucuk pistol, kunci, mainan, atau lubang dilantai. Latar belakangnya pun tidak jelas, sehingga dapat dinterpretasikan di berbagai tempat.

Pada kartu 10, 11, dan 19 ketidakjelasan ini semakin menonjol. Pada kartu-kartu semacam ini tugas testee semakin rumit. Ia tidak hanya harus membuat cerita untuk mendasari perasaan dan interaksi antara manusia-manusia dan objek, tetapi ia juga harus menentukan sendiri situasi umumnya, macam orang-orangnya, dan kejadian-kejadian yang dibuthkan untuk membuat ceritanya jalan.

Dari stimulasi macam inilah kita dapat menyimpulkan kesiapan testee dalam menanggapi hal-hal yang tidak jelas. Ada orang yang siap menghadapi sesuatu yang tidak jelas, dan ada orang yang goncang dalam keadaan demikian.

Situasi kejadiannya biasa atau luar biasa, ditinjau dari pengalaman manusia pada umumnya.

Kartu 6 BM, yang menggambarkan wanita setengah umur berdiri membelakangi pria muda jangkung, dan Kartu 7 GF, ialah seorang ibu dudukdisamping anak perempuan, merupakan contoph gambar yang strukturnya jelas dan situasinya tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Juga kartu 10, yang meskipun gambarnya kurang jelas pelakunya, tetapi kejadiannya masih merupakan pengalaman biasa.

Beberapa orang dapat “terkejut” menghadapi kejadian yang digambarkan yang diluar jangkauan kehidupan sehari-hari. Kartu 17 BM, kartu 18 BM dan 19, meskipun gambarnya jelas, , merupakan contoh gambar kejadian yang luar biasa, yang tidak disangka.

Menurut kriteria ini kartu-kartu TAT dibagi atas dua set. Set pertama, gambar 1 sampai 10 dirancang menggambarkan kejadian sehari-hari. Dan set kedua kartu 11 sampai 20 dirancang menggambarkan kejadian yang lebih luar biasa dan lebih menantang daya khayal testee.

Keluarbiasaan gambar biasanya disajikan dalam bentuk unsur yang menyimpang, bukan adanya sesuatu yang tidak pernah ditemui atau tidak realistic.
Variasi biasa/luar biasa ini sengaja digunakan untuk mengungkap kemampuan testee menghadapi hal-hal yang biasa dan luar biasa.

Unsur-unsur yang penyimpangannya menonjol terlihat pada kartu 12 F, 15, 17 GF, dan 18 BM. Stimuli berupa manusia nyata, tetapi dalam situasi yang aneh disajikan pada kartu 12 F dan 18 BM. Sedang makhluk yang aneh pada situasi yang aneh, merupakan stimuli kartu 15.

Kartu 11, 17 GF atau 19 menyajikan gambar yang tidak jelas situasi maupun hubungannya, sehingga benar-benar menantang daya khayal, adaptasi dan fleksibilitas testee.

Bermanusia atau tidak.

Kebanyakan stimuli TAT mengambarkan kejadian yang ada manusianya, seseorang atau lebih. Beberapa hanya memberikan kesan ada orangnya, seperti kartu 11. Kartu 12 BG dan 19 sama sekali tidak menampakan manusianya.

Ditinjau dari karakteristik ini, kartu 16 termasuk kartu yang tidak bermanusia, bahkan sama sekali tidak ada gambarannya alias kosong. Kartu ini menantang testee untuk menciptakan sendiri seluruh ceritanya, mencari sendiri bahan-bahannya, ialah orang-orangnya yang terlibat, hubungan-hubungannya, kejadiannya, dan lain-lain.

Sederhana atau rumitnya bentuk, tanpa memandang sederhana dan rumitnya isi.

Sekilas dapat diamati adanya perbedaan definit dan tidaknya gambar. Bandingkan kartu 1 dengan kartu 19. Pada kartu 1, unsur pokok tampak jelas: anak laki-laki dan biola, atau mungkin ditambah meja. Sebaliknya pada kartu 19, gambar yang meliuk-liuk tidak menonjolkan bentuk yang dominan yang dapat menjadi pusat perhatian, dan keseluruhan gambar tidak meberikan bentuk yang definit sehingga dapat diartikan bermacam-macam. Testee dipaksa puas mengartikan sebagai benda-benda yang tidak berbentuk seperti mendung, awan, asap, kekuatan pusaran, dan sebagainya.

Lain lagi bila kita bandingkan kartu 1 dengan kartu 2, ialah pemandangan daerah pertanian. Pada kartu 1, unsurnya hanya 2 atau 3, sedang pada kartu 2, tampak bahwa disini terdapat lebih banyak gambar orang, sehingga lebih banyak interprestasi hubungan antara orang-orang ini. Demikian juga, pada kartu 2 ini, terdapat begitu banyak perincian. Buku, bajak, kuda. Lading, bangunan , kehamilan wanita yang leboh tua, dan sebagainya.

Sebenarnya, kartu-kartu masih dapat digolongkan dalam karkteristik-karakteristik lainnya. Namun kiranya variasi yang disebutkan diatas telah cukup menjadi sebagai dasar interpretasi dan pemilihan kartu. Adanya variasi karakteristik ini memungkinkan testar menyajikan stimuli yang tepat untuk mendapatkan tanggapan tadi yang dapat di interprestasikan dengan cermat mengenal segi-segi yang ingin diungkap.

Sedangkan pembagian kartu untuk masing-masing jenis adalah sebagai berikut :

  • 11 kartu untuk semua subjek adalah : Nomor 1, 2, 4, 5, 10, 11, 14, 15, 16, 19 dan 20

  • 9 kartu untuk laki-laki adalah : Nomor 3BM, 6BM, 7BM, 8BM, 9BM, 12BG, 13G, 17GF dan 18GF.

  • 9 kartu untuk anak perempuan adalah : Nomor 3GF, 6GF, 7GF, 8GF, 9GF, 12BG, 13G, 17GF dan 18GF.

  • 9 kartu untuk laki-laki dewasa adalah : Nomor 3BM, 6BM, 7BM, 8BM, 9BM, 12M, 12MF, 17BM dan 18BM.

  • 9 kartu untuk wanita dewasa adalah : Nomor 3GF, 5GF, 7GF, 8GF, 12F, 13MF, 17GF dan 18GF.

— Lanjutan posting diatas —

Prosedur

Seperti umumnya penyajian tes, raport tester – testi diperlukan. Suasana hendaknya sedemikian rupa sehingga testi merasa akan mendapatkan simpati dan merasa akan mendapatkan penerimaan. Niat baik dan dihargai oleh tester, sehingga testi dapat mengembangkan kreativitasnya. Kreativitas sendiri sulit berkembang pada suasana yang kaku,dingin, formal, terlalu menuntut dan terlalu ilmiah.

Prosedur penyajian yang dianggap baku ialah penyajian individual dalam bentuk lain. Dalam prosedur ini tester memberikan petunjuk pelaksanaan tugas dan menyajikan gambar satu demi satu. Testi menanggapi secara verbal setiap gambar yang disajikan. Tester mencatat/merekam semua tanggapan terhadap gambar sampai tes berakhir.
Sebaiknya disediakan tempat duduk tegak, tester dan testi duduk berhadapan, sehingga komunikasi lancar.

Dalam tes ini, klien diminta membuat cerita dari beberapa kartu bergambar yang disajikan satu persatu. Klien dapat menulis sendiri ceritanya atau tester yang menulis cerita klien. Tugas klien adalah menceritakan apa yang sedang terjadi saat ini, sebelumnya (situasi apa yang menimbulkan peristiwa saat ini), bagaimana pikiran dan perasaan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita, dan bagaimana akhir dari cerita yang dibuat klien. Ini berarti mendeskripsikan apa yang tergambar saja belum cukup. Cerita adalah serentetan kejadian yang berkembang mengikuti waktu. Ada permulaan, pertengahan dan akhir cerita.

Dalam membuat cerita ini, ia diminta menggunakan imajinasinya. Ini berarti ia harus menerangkan dengan interpretasinya sendiri gambar yang disajikan. Orang berbeda dalam membuat interpretasi gambar. Minat tester adalah pada ide testee sendiri.
Ia diminta mendeskripsikan situasi yang dilukiskan dalam gambar (menurut interpretasinya) dan ia diminta membuat saran mengenai perasaan-perasaan, ide-ide, watak dan lain-lain untuk melengkapi pelukisan sitiasu tersebut.

Testee diminta menceritakan empat hal pokok dalam menyusun cerita, yaitu:

  • Peristiwa yang terjadi sebelumnya.
  • Peristiwa yang terjadi sekarang.
  • Perasaan dan pikiran para pelaku.
  • Akhir cerita (out come).

Murray menyarankan disajikan ke 20 kartu dalam 2 sidang (session). Sidang pertama menyajiikan seri pertama (kartu 1 – 10) terlebih dahulu. Selang minimal satu hari atau lebih disajikan seri kedua (kartu 11 - 20). Testee tidak diberi tahu bahwa akan ada penyajian sidang kedua, agar ia tidak mempersiapkan diri sebelumnya. Penyajian seluruh kartu dalam sidang tunggal, akan melelahkan testee yang produktivitas tengahan. Kelelahan dapat berakibat cerita menjadi datar dan tidak berisi. Namun pada pelaksanaan dengan menggunakan sistik skoring Bellak, disarankan untuk menggunakan 10 kartu dasar untuk pria dan wanita. 10 kartu tersebut adalah kartu 1, 2, 3BM, 4, 6BM, 7GF, 8BM, 9GF, 10, dan 13MF.

Peran tester pada dasarnya memberi semangat testee untuk menanggapi dengan bebas stimuli yang disajikan. Ini dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak mengarahkan atau tidak mempengaruhi testee untuk memilih respon tertentu. Jadi peran tester adalah member dorongan, tetapi netral. Tester hendaknya menunjukkan minat akan cerita testee, tetapi tidak menunjukkan menyetujui cerita tersebut.

Untuk jelasnya, testee disarankan untuk:

  • Tidak memberi sugesti mengenai isi cerita. Misalnya tidak meminta penjelasan mengenai bagian gambar yang tidak dimengertinya, tester harus menjawab bahwa terserah pada interpretasi/pendapat testi sendiri. Ini diberi tahukan dengan ramah, sehingga memberi kesan tester memberikan kebebasan, bukan memaksa testi berpendapat.

  • Tidak banyak menyela. Bila perlu bertanya, hendaknya tidak menggangu jalan pikiran testi dan tidak membuat testi merasa diinterogasi atau tidak dipercayai.
    Pada situasi klinis, orang yang berbicara terlalu cepat, bila terjadi karena terjadi tekanan kecemsan, atau karena keengganan/agresi terhadap tester. Sebaliknya, orang yang lambat responnya, menunjukkan adanya keragu-raguan atau memang alot dalam mengeluarkan pendapat.

Ada testee yang menolak membuat cerita, disebabkan karena kesukaran memobilisasikan ide, bersifat sangat kaku (objektif), depresi, terlalu berhati-hati atau terlampau cermat karena paranoid. Dalam kasus-kasus semacam ini tester disarankan memberi bimbingan dengan mengajukan pertanyaan langkah demi langkah. “Katakanlah apakah yang sedang terjadi dalam gambar ini?”. Kemudian “Bagaimana mulanya, maka terjadi demikian?”. Lalu “menurut pendapatmu bagaimanakah kesudahannya?”. Dan akhirnya “bagaimana perasaan dia?”.

Komentar-komentar juga digunakan untuk member pujian bagi testee pada kesempatan yang tepat.

Pertanyaan-pertanyaan dapat diajukan pada akhir cerita, bila ada bagian penting yang terlampaui. Misalnya, tidak ada persitiwa seblumnya, atau akhir ceritanya tidak dikatakan.
Juga bila ceritanya menjadi bertele-tele, tester dapat memberi komentar: “bagaimana kesudahannya?”. Tester dapat juga mengatakan bahwa, yang menjadi hal utama adalah jalan ceritanya, bukan perincian-perinciannya.

Sering pada kasus-kasus kompulsi dan paranoid, testee disibukkan dengan mendeskripsikan detail gambar. Kesibukan ini dapat dihentikan dengan meminta ia mulai membuat cerita.

Sebaliknya, pada kasus obsesi sering terjadi testee membuta cerita yng bermacam-macam dari satu gambar. Di sini disarankan bahwa untuk menghemat energy, testei diminta mmilih satu ceritera saja yang paling menarik
Komentar-komentar tester hendaknya dicarat, untuk menunjukkan adanya intervensi, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan pada proses interpretasi.

Pencatatan


Berkas TAT hendaknya dilengkapi data pribadi testi untuk kepentingan identifikasi maupun interpretasi. Selain nama, jenis kelamin, umur, pendidikan, alamat, status keluarga (anak keberapa dari berapa bersaudara), status perkawinan, juga perlu dicatat tanggal tes, keperluan, dan nama tester.

Karena penting bagi interpretasi, tester hendaknya mencatat semua tanggapan testi terhadap gambar maupun terhadap suasana penyajian. Jadi catatan juga berisi semua ucapan-ucapan testi dan catatan observasi tingkahlaku testi.

Pada catatan yang berbentuk langsung, adanya salah ucap, salah kata, ulangan kata, susunan kalimat yang tidak teratur, dan kalimat-kalimat yang aneh, hendaknya digrisbawahi, untuk membedakan dengan kesalahan pencatatan.

Untuk memudahkan pencatatan dapat digunakan tape recorder. Transkrip dalam bentuk tertulisnya hendaknya juga selengkapnya mungkin.

Bahan lain yang perlu dicatat untuk interpretasi ialah tingkah laku testi selama tes berlangusng. Sebab sering kali tingkah laku ini adalah akibat langsung dari perasaan, sentiment, kecemasan dan lain-lain yang timbul karena stimuli yang disajikan, atau cerita yang dibuatnya.

Tingkah laku terbuka yang perlu dicatat ialah:

  • Berhenti atau macet selagi bercerita, ini dapat ditandai dengan garis (—) yang banyaknya sesuai dengan lamanya.
  • Mendehem.
  • Gelisah.
  • Menggosok-gosok atau memegang bagian-bagian badan, seperti mengusap hidung, menarik telinga dan sebagainya.
  • Berkeringat.
  • Berhenti untuk menyulut rokok.
  • Meminta diri untuk pergi ke WC.
  • Ragu-ragu.
  • Adanya Tics (saradan).

Reaksi testi terhadap tester dan suasan tes pada umumnya, juga perlu dicatat. Misalnya komentar-komentar mengenai kompetisi testeer, kritik terhadap gambar, terhadp penyajian ataupun ruangan, dan lain-lain.

Demikian juga perlu dicatat perubahan suasana hati dan perubahan sikap yang ditunjukkan oleh testi.

Interpretasi


Secara untung-untungan orang awam yang memiliki intuisi empati dapat membuat kesimpulan yang penting dan valid mengenai kepribadian seorang pengarang.
Untuk dikatakan mahir, seorang ahli interpretasi TAT pun harus mampu menggunakan intuisi interpretasi ini secara terarah. Disamping itu ia juga harus memiliki latar belakang pengetahuan klinis, memahami dinamika kepribadian, terlatih melakukan wawancara dan observasi, dan terampil dalam menangani berbagai tes.

Stein memperingatkan agar interpreter (terutama yang masih baru) tidak membuat dua macam kekeliruan:

  • Kecenderungan untuk memproyeksikan kebutuhan dan kepribadiannya sendiri kedalam interpretasi yang dibuatnya. Kekeliruan ini sering terjadi pula pada interpretasi teknik-teknik proyeksi lain. Untuk menghindari hal ini, perlu pendekatan objektif materi interpretasi. Antara lain diusahakan agar interpretasi dikenakan baru bila terbukti adanya paling tidak dua kali permunculan cerita, dan dengan mengenal diri sendiri sehingga menyadari pada hal apa proyeksi cenderung terjadi.

  • Kecenderungan membuat interpretasi cerita seperti ada adanya. Misalnya, cerita kartu 1, bahwa anak laki-laki itu ingin mahir memainkan biola, belum dapat diinterpretasikan bahwa testi berminat terhadap musik. Yang penting disini dinamikanya, ialah adanya aspirasi menguasai kemahiran, tetapi kesempatan memproyeksikan terbatas pada stimulus, ialah biola. Interpretasi berminat pada musik ini baru dapat dikenakan bila didukung cerita lain yang menunjukkan minat musik, yang muncul tanpa disarankan oleh stimulinya.

Teknik analisi TAT yang paling sederhana ada dua, yaitu teknik analisis kesan/pengamatan dan teknik analisis murray.

Teknik Analisis Kesan/Pengamatan

Cara paling sederhana untuk membuat kesimpulan dari data TAT ialah dengan melakukan pengamatan sepintas. Cara ini kadang-kadang cukup memadai untuk keperluan-keperluan tertentu (misalnya screening).

Cerita-cerita testi dibaca semuanya dengan anggapan cerita-cerita ini merupakan komunikasi tingkat psikologis. Hal-hal yang tampaknya berarti, spesifik dan unik digaris bawahi. Pada saat membaca yang kedua kalinya, interpreter yang berpengalaman dapat menarik kesan, dapat menemukan pola-pola yang terulang, atau menemukan bagian-bagian yang bertebaran terangkum menjadi kesimpulanyang utuh dan berarti. Makin berpengalaman seorang interpreter, makin mudah ia memperoleh kesan dan kesimpulan.

Teknik Analisis Murray
Interpretasi menggunakan perincian needpress mempunyai keeunggulan tersendiri, terutama bila digunakan pada penelitian-penelitian yang memerlukan perincian ini, dan bila tidak ada tuntutan untuk selesai dengan cepat.

Cara ini kurang populer, karena konsep need dan press bukanlah konsep yang mudah dipahami. Selain itu cara ini dapat menyita waktu 4 sampai 5 jam untuk menganalisis 20 cerita.

Banyak konsep diajukan oleh Murray, yang jargonnya sering berbeda dengan konsep sehari-hari. Ia menyarankan agar setiap kejadian dalam cerita dianalisis ke dalam: (a) kekuatan atau kekuatan-kekuatan yang berasal dari tokoh pahlawannya (the hero), dan (b) kekuatan atau kekuatan-kekuatan yang berasal dari lingkungannya (yang disebut press oleh Murray).

  1. Pahlawan
    Pertama untuk menganalisis suatu cerita ialah menentukan pahlawan yang diidentifikasikan oleh diri pengarangnya. Pahlawan ini biasanya adalah:

    • Tokoh yang paling diminati oleh pengarangnya, yang paling akrab digambarkan perasaan dan motif-motifnya.

    • Tokoh yang paling menyerupai keadaan pengarang: jenis kelamin, umur, status dan perannya, dan yang paling serupa pula sentimen dan sasarannya. (Murray mengartikan sentimen sebagai kecenderungan seseorang untuk tertarik atau tidak tertarik/tidak menyukai suatu objek).

    • Orang atau orang-orang yang dilukiskan dalam gambar.

    • Orang yang memainkan peran utama dalam drama, yang muncul pada permulaaan cerita dan yang paling terlibat pada akhir cerita.

    Tokoh pahlawan mungkin sulit ditemukan dalam hal-hal berikut ini:

    • Tokoh pahlawan berubah-ubah dalam satu cerita.

    • Dua segi kepribadian yang sama kuat tetapi berlawanan arah diwakili oleh dua tokoh, misalnya dorongan antisosial dan hati nurani, masing-masing diwakili oleh penjahat dan polisi.

    • Adanya cerita dalam cerita. Misalnya tokoh pahlawan mengamati atau mendengar kejadian mengenai tokoh lain yang juga mendapat simpati dari pengarangnya.

    • Jenis kelamin pahlawan yang diidentifikasikan berlawanan. (pada wanita ini berarti memiliki komponen pria dengan kadar tinggi, dan pada pria memiliki komponen wanita pada kadar tinggi).

    • Kepahlawanan terbagi rata pada beberapa tokoh atau kelompok orang

    • Pahlawan berkedudukan sebagai objek dalam situasi cerita subjek-subjek.
      Watak kepahlawanan ini kemudian dapat ditinjau dari beberapa klasifikasi: superioritas (kekuasaan, kemampuan), inferioritas, kriminalitas, penyimpangan mental, soliter, belonginess, kepemimpinan, dan kecenderungan bertengkar.

  2. Motif, Kecenderungan, dan Perasaan Tokoh Pahlawan

    Tugas interpreter kemudian mengamati perincian cerita megnenai pahlawan ini. Perasaan, pikiran, dan tindakannya, sambil memperhatikan adanya kenyataan-kenyataan yang menandai tipe kepribadian atau kelainan mental, juga hal-hal yang khusus, spesifik, atau hal-hal yang biasa tetapi dengan intensitas atau frekuensi luar biasa tinggi atau luar biasa rendah.

    Dalam merumuskan reaksi-reaksi tokoh pahlawan, interpreter dapat menggunakan variabel-variabel yang dipilih sesuai dengen kebutuhannya: ekstraversi-introversi, maskulinitas-feminitas, ascendence-submission (meang-menangan-ngalahan); tanda-tanda kecemasan, meras berdosa, atau rendah diri, melacak sumber-sumber sentimen yang berakar, atau merencanakan untuk memperhatikan semua itu.
    Murray menggunakan daftar klasifikasi 28 need (atau drive) yang didasarkan pada arah atau sasaran langsung suatu aktivitas.

    Suatu need dapat memperlihatkan diri sebagai suatu impulse, suatu keinginan, atau niat, atau suatu kecenderungan tingkah laku yang dapat diamati. Need dapat berpadu sehingga satu tindakan memuaskan sekaligus dua need atau lebih (disebut fused need).

    Need dapat hanya berfungsi sebagai kekuatan instrumental yang membantu terpenuhinya need yang lebih dominan (yang pertama tadi disebut subsidiary need).
    Kekuatan need diskor 1 sampai 5. Skor 5 adalah skor tertinggi bagi suatu variabel dalam suatu cerita. Kriteria kekuatan ialah intensitas, lama berlangsung, frekuensi, dan pentingnya need tersebut dalam jalan cerita.

    Adanya sedikit tanda-tanda munculnya suatu variabel (misalnya sekilas kejengkelan) mendapat skor 1, sedang bentuk yang intens (misalnya marah sampai mengamuk) atau bentuk-bentuk lain yang lebih lunak (misalnya selalu bertengkar) tetapi terus-menerus atau berulang-ulang, medapat skor 5. Skor 2, 3, dan 4 disediakan untuk antara kedua skor di atas.

    Bila ke-20 cerita telah diskor demikian untuk masing-masing variabel, jumlahnya dibandingkan dengan skor standar menurut jenis kelamin dan umur (bila ini tersedia Manual TAT Murray hanya menyajikan satu norma untuk sampel mahasiswa pria, dan untuk 9 need, konflik, perubahan emosi dan dejeksi). Kemudian variabel-variabel yang diatas atau dibawah rata-rata dicatat dan diteliti lebih lanjut kaitannya satu dengan lainnya.

    Daftar need yang disarankan Murray (diolah kembali oleh Sanford) adalah sebagai beerikut:

    Need (disingkt n) yang dapat disimpulkan dari tindakan tokoh pahlawan yang berhubungan dengan objek atau situasi:

    • N-Echievement. Mengerjakan sesuatu yang penting dengan tenaga dan kegigihan. Berusaha keras untuk melaksanakan sesuatu yang berharga. Ambisi yang tertuang dalam bentuk tindakan.

    • N-Accuisition.

      1. Sosial. Bekerja untuk uang, kekayaan atau hak milik. Mencoba untuk mendapatkan barang yang berharga. Melakukan barter, perdagangan, atau perjudian. Tamak, rakus, atau keinginan memperoleh kekayaan yang ditampilkan dalam bentuk tindakan.

      2. Asosial. Mencuri, menipu, menyelundupkan, memalsu cheque.

    • N-Change, Travel, Adventure. Gelisah, dan selalu berpindah-pindah. Haus akan pemandangan baru, tempat baru. Mencari petuangan. Memimpikan kunjungan ke negeri jauh atau negeri asing. Bepergian, pergi melakukan eksplorasi, mencari harta karun.

    • N-Cognizance. Ingin tahu. Memandang sesuatu dengan intens. Mengawasi, mengintip, berusaha ingin tahu lebih banyak, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menyelidiki. Mencari sesuatu, meneliti, melakukan eksplorasi, atau bertindak seperti detektif. Voyurism.

    • N-Construction. Mengorganisasikan, mengatur, membangun, atau menciptakan sesuatu.

    • N-Counteraction. Berjuang untuk mendapatkan kembali atau mempertahankan kehormatan diri. Kebanggan yang dilukai atau terancam yang menggugah kembali tokoh pahlawan untuk menambah usahanya sesudah kegagalan, atau mencoba dan mencoba lagi, atau mati-matian menaklukkan hambatan yang besar. Mengatasi kelemahan, inferioritas, malapetaka turun-temurun,atau rasa malu, dengan melakukan hal-hal yang suka, yang tidak disukai atau ditakuti. Membalas dendam atas penghinaan.

    • N-Excitence, dissipation. Mencari rangsang emosional dengan berbagai cara: berpergian, berpetualangan dengan wanita, judi, menyampret-nyampret bahaya.

    • N-Nutriance. Mencari dan menikmati makanan dan minuman: merasa lapar dan haus. Minum-minuman keras dan obat-obatan. Melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan makanan dan minuman.

    • N-Passivity. Menikmati ketenangan, kesantaian, istirahat, tidur, berbaring. Merasa apatetik (masa bodoh), letih sesudah sedikit usaha atau tanpa melakukan usaha. Menikmati pikiran-pikiran pasif atau mengabsorbsi kesan-kesan rangsangan. Mengalah pada orang lain karena apati atau masa bodoh.

    • N-Playmirth. Bermain. Meluangkan meluangkan waktu hanya untuk bersenang-senang, pergi ke pesta. Melucu, tertawa, berolok-olok. Menghadapi situasi dengan cara santai, atau main-main.

    • N-Retantion. Memgang teguh suatu obyek. Menolak meminjamkannya, berusaha menghindarkan dari pencurian, menyembunyikan dari orang banyak, menimbun, membuat koleksi, melestarikan. Hemat dan kikir.

    • N-Sentience.

      1. Epicurean. Mencari dan menikati kenyamanan, kemewahan, kemudahan, rasa senang, makan dan minum enak.

      2. Aesthatic. Sensitif terhadap aspek rangsangan alam. Menikmatiseni, musik, sestra. Menciptakan, membuat, dan komposisi, menulis karangan.

    • N-Understanding. Berjuang unutk memperoleh pengetahuan dan kebijaksanaan. Giat belajar disekolah, mendapatkan pendidikan, membaca agar memperoleh pengetahuan mengenai sesuatu. Berpikir, berspekulsi untuk memcahkan persoalan. Berpergian atau mencari pengalaman unutk memperoleh kebijaksanaan.

    Need yang dapat disimpulkan dari tindakan tokoh pahlawan yang berhubungan dengan orang lain :

    • N-Affiliation.

      1. asosiatif. menjalin atau memelihara hubungan persahabatan :
      • Memusat. Menikmati kehadiran teman setia. Bekerja dan bermain bersama. Merasamemiliki kecintaan yang dalam (dinyatakan atau tidak dinyatakan) kepada orang tertentu.

      • Difus. Menyukai berbagai orang. Mengolompok dan bermasyarakat. Bekerja atau bermain dengan suatu kelompok.

      1. Emosional. Terikat oleh kecintaan yang mendalam, simpati atau kehormatan pada orang lain: Jatuh cinta, menikah, dan tetap setia.
    • N-Aggression.

      1. Emosional, verbal. Marah atau menbenci seseorang (meskipun perasaan ini tidak dinyatakan dalam bentuk kata-kata). Bertengkar. Mengutuk, mengkritik, memperingatkan, menyalahkan, mempertawakan. Mencetuskan agresi melawan seseorang atau suatu kelompok dengan kritik masyarakat.

      2. Fisik, sosial. Berkelahi atau membuat dalam membela diri atau membela seseorang yang dicintai. Membalas dendam terhadap penghinaan tanpa pancingan(tanpa alasan), atau terhadap perlakuan tidak adil. Berjuang untuk negaranya sendiri atau negara sahabat dalam suatu perang. Meghukum tindakan tercela.

      3. Fisik, asosial. Menodong, menyerang, melukai, atau membunuh manusia (melawan hukum). Tindakan kejahatan. Memulai berantam tanpa tanpa alasan yang mapan, atau membalas perasaan disakiti dengan kekjaman dan pengrusakan yang berlebihan. Berjuang melawan wewenang yang syah (orang tua, atasan, pemerintah). Mengkhianati, dan berjuang melawan negaranya sendiri. Sadisme.

      4. Destruktif. Menyerang atau membunuh binatang. Memecah, menghancurkan, membakar, atau merusak sesuatu.

    • N-Dominance. Mencoba mempengaruhi tingkah laku, sentimen, atau ide orang lain.bekerja untuk mendapatkan kedudukan eksekutif. Membimbing, mengelola, memerintah. Sardiskusi atau berdebat untuk mempengaruhi orang lain. Menyerang pandangan yang berbeda. Menangkap dan memenjarakan musuh atau penjahat.

    • N-Exposition. Memberi informasi, berita, menerangkan, memberi petunjuk, mengajar.

    • N-Nurturance. Menyatakan simpati dalam bentuk stindakan, mengasihi dan menghibur seseorang. Baik hati dan penuh pengertianterhadap perasaan orang lain.

    • N-Recognition. Mencari tepuk tangan, pujian, prestise, nama. Menikmati dukungan, mencari penghargaan dari orang lain. Membanggakan diri. Menonjolkan diri, menarik perhatian. Melakukan sesuatu atau berpidato di depan umum, mendramatisasikan diri di depan oranglain.

    • N-Rejection. Menyatkan ketidak puasan, ketidak senangan atau kemarahan dalam bentuk tindakan. Menghidari dari sesuatu, seseorang, suatu pekerjaan, atau ide-ide yang asing dari minatnya.

    • N-Sex. Mencari dan menikmati lawan jenisnya. Melakukan hubungan sex.

    • N-Succorance. Mencari bantuan atau simpati. Meminta bantuan; tergantung pada orang lain untuk mendapatkan dorongan, perlindungan, pemeliharaan. Menikmati simpati dari orang lain, makanan atau pemberian yang bermanfaat. Merasa kesepian bila sendirian, rindu bila pisah dari orang yang dinginkan, tidak berdaya menghadapi krisis. Melarikan diri ke minumam keras atau obat-obatan.

    Need yang dapat disimpulkan dari reaksi tokoh pahlawan terhadap aktivitas yang berasal dari orang lain:

    • N-Abasement. Mengalah (submission). Menurut dengan enggan kemauan orang lain, untuk memperoleh atau terpeliharanya hubungan baik dengan orang yang dingini, atau untuk menghindari disalamkan atau menghindari hukuman, atau menghindari penderitaan atau kematian. Menyerah pada penghinaan, kesakitan, dipersalhakan, hukuman, atau kekalahan tanpa melakukan perlawanan. Mengakui kesalahan, meminta maaf, berjanji, untuk lebih baik, untuk memperbaikan kelaikuan, untuk kembali kejalan yang benar. Pasrah dan menerima nasib secara pasif. Menderita cobaan yang luar biasa tanpa usaha melawan. Masochisme.

    • N-Autonomy

      1. Kebebasan. Membebaskan dri atau menghindari lingkungan yang mengekang atau memaksa. Membebaskan diri dari lingkup yang terbatas, lari dari penjara, melarikan diri dari rumah, meninggalkan sekolah, keluar dari pekerjaan, atau membelok dari ketentaraan karena adanya larangan-larangan, kewajiban dan keharusan. Meninggalkan atau melepaskan diri dari seseorang untuk membebaskan diri dari kewajiban ikatan. Tekad untuk tetap bebas, mengindari persekutuan yang menjerat, atau larangan-larangan yang membatasi. Pergi melaksanakan sesuatu yang sah neski tidak direstui orang tua.

      2. Bertahan (resistance). Menolak paksaan. Menolak melakukan atau tidak dilakukan apa yang dituntut orang. Mendebat pertimbangan atasan. Berpikir kontra, negativism, pendebat, tidak mau mundur, tidak patuh.

      3. Asocial. Melakukan sampai taraf yang membahayakan, sesuatu yang dilarang, dikritik, atau dapat dikenai hukuman, kelakuan jelek, tidak menurut aturan, melanggar tata tertib. Melanggar standar moral dan social. Menipu, curang, berjudi, mabuk, kepelacuran. Melakukan kejahatan yang bukan mencuri.

    • N-Blameavoidance. Takut diperingatkan, dipersalahkan, atau dihukum, dan menghindari kekeliruan. Menahan diri dari keinginan melakukan sesuatu yang unconventional atau dapat dikritik. Mengakui kesalahan, meminta ma’af, berjanji memperbaiki diri, menyesal, agar terhindar dari dipersalahkan lebih lanjut. Kembali ke jalan yang benar dan menjadi orang baik.

    • N-Deference

      1. Patuh (compliance). Menyerah pada keinginan, saran, paksaan orang sekutunya. Siap untuk menyenangkan, siap untuk menyetujui, bekerja sama, menuruti dengan senang kepemimpinan seseorang yang dikagumi.

      2. Hormat (respect). Menyatakan kehormatan dan kekaguman dalam bentuk tindakan, kultus individu. Mengakui jasa atau bakat, memuji prestasi yang baik.

    • N-Harmavoidance. Menunjukkan ketakutan, kecemasan, kebingungan, malu, menghindari perkelahian/bahaya sebab takut luka, sakit atau mati. Melarikan diri ketika dikejar binatang, musuh (takut dilukai), atau polisi (takut dipenjarakan atau mendapat hukuman fisik).

    Need mengenai reaksi terhadap diri sendiri :

    • N-integression. Menyalahkan, mengkritik, memarahi, atau memperkecil diri sendiri karena kesalahan, kebodohan, atau kegagalan. Menderita rasa rendah diri, merasa berdosa, menyesali diri. Menghukum diri sendiri. Bunuh diri.
      Cathexes

    Ada hubungannya dengan need ialah objek, aktivitas, orang, dan ide yang menarik atau menolak tokoh pahlawan. Objek, aktivitas, orang, dan ide-ide yang tampak membuat pahlawan merasa tertarik disebut hal-hal yang di-cathested-kan secara positif. Sebaliknya hal-hal yang menyebabkan rasa tidak senang pada tokoh pahlawan di-cathested-kan secara negative.

    Keadaan batin (inner states) dan emosi
    Variasi lain yang digunakan oleh Murray ialah inner states dan emosi.

    • Konflik : suatu keadaan tidak menentu, tidak terputuskan. Oposisi sementara atau terus-menerus antara impuls-impuls, need, keinginan, dan sasaran yang saling berlawanan. Konflik moral. Penahanan diri yang melumpuhkan.

    • Perubahan emosi : mengalami perubahan perasaan yang kentara terhadap seseorang. Berubah-ubah, tidak stabil, tidak konsisten dalam memberikan afeksi. Menampakkan perubahan suasan hati dan temperamen. Terjadinya rasa senang luar biasa (exaltasi) dan depresi pada satu cerita. Tidak toleran terhadap tiadanya perubahan atau kestatisan. Mencari orang-orang baru, minat baru, pekerjaan baru.

    • Dejection : mengalami perasaan kecewa, harapan tidak terpenuhi, depresi, menyesal, sedih, tidak bahagia, melankolic, putus asa.
      Keadaan batin yang lain : kecemasan, excitasi, curiga, cemburu.

  3. Kekuatan-Kekuatan Dilingkungan Tokoh Pahlawan

    Dengan mengamati para testi menyusun lingkungan sebagai latar belakang cerita, interpreter dapat menyimpulkan sebagaimana pandangan testi terhadap lingkungannya.
    Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat dijawab:

    “Apakah lingkungan mendukung atau menghambat perkembangan, keinginan, tindakan-tindakan tokoh pahlawan?”

    “Apakah tokoh pahlawan merasa lingkungannya menyenangkan, memuaskan, atau tidak menyenangkan/menegecewakan? Subur/gersang?, apakah ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya?”

    Juga manusia-manusianya: apakah mereka ramah? Bagaimana karakter tokoh ibu digambarkan? Tokkoh bapak?

    Murray menyediakan daftar press (disingkat p) yang klasifikasinya berdasarkan pengaruhnya (atau yang akan berpengaruh atau mengancam) terhadap tokoh pahlawan. (Press menurut Murray ialah kekuatan lingkungan atau situasi-situasi lingkungan).
    Cara penyekoran press serupa dengan cara penyekoran need. Skor 1 sampai 5 diberikan berdasar intensitas, lama berlangsung, frekuensi, dan arti pentingnya press tersebut dalam jalan cerita.

    Sesudah ke-20 cerita diskor, skor masing-masing variabel dikonsultasikan dengan norma jenis kelamin dan umur. Skor yang dibawah atau diatas rata-rata dicatat dan diteliti lebih lanjut.

    Press yang sering terlibat dalam cerita:

    • P-Accuisition. Seseorang pengusaha merebut, merampok, menggelapkan milik (uang, kekayaan) tokoh pahlawan. Atau seorang saingan dalam bisnis mengancam keamanan finansialnya.

    • P-Afiliation

      1. Assosiatif. Tokoh pahlawan mempunyai seorang teman atau lebih, atau sahabat. Ia adalah anggota kelompok keakraban.\

      2. Emosional. Seseorang (ayah, ibu, saudara kandung, sanak, pacar) memiliki dedikasi pada tokoh pahlawan. Ia bercintaan (dicintai dan mencintai) atau menikah.

    • P-Aggresion

      1. Emosional, verbal. Seseorang marah atau membenci tokoh pahlawan. Ia dikritik, dihina, dimarahi, ditertawakan, seseorang memfitnahnya.

      2. Fisik, sosial. Tokoh pahlawan dalam posisi bersalah (ia penyerang, penjahat), dan seseorang mempertahankan diri, membalas,mengejar, memenjarakan atau membunuhnya. Pemerintah, polisi, ayah atau ibu menghukum tokoh pahlawan mempertahankan diri.

      3. Fisik, asosial. Seorang penjahat atau suatu geng penyerang, melukai, atau membunuh tokoh pahlawan. Seseorang memulai perkelahian dan tokoh pahlawan mempertahankan diri.

      4. Destruktif. Sesuatu milik tokoh pahlawan dirusak atau dihancurkan.

    • P-Cognizance. Seseorang ingin tahu mengenai tokoh pahlawan, apa yang sedang dilakukannya, ia dimata-matai. Seseorang menggeledah, menyelidiki, atau menginterogasinya.

    • P-Deference

      1. Patuh. Seseorang atau sekelompok orang dengan senang hati mengikuti kepemimpinan atau permintaan tokoh pahlawan. Seseorang ingin menyenangkannya, bekerja sama, dan menuruti perintahnya. Kepatuhan ini mengkin bersifat pasif.

      2. Hormat. Tokoh pahlawan dikagumi oleh seseorang atau sekelompok orang. Bakat dan jasanya diakui, ia dihargai dan dipuji oleh masyarakat.

    • P-Dominance

      1. Paksaan. Seseorang mencoba memaksa tokoh pahlawan melakukan sesuatu. Ia mendapat perintah, suruhan, atau paksaan dari ayah atau ibu, atau yang berwenang.

      2. Larangan. Seseorang mencoba mencegah tokoh pahlawan dari melakukan sesuatu. Ia dikenai pengawan, larangan, atau hambatan.

      3. Ajakan (inducement). Seseorang mencoba membuat tokoh pahlawan melakukan sesuatu, dengan jalan meminta, mempengaruhi, memberi dorongan, menggunakan strategi yang cerdik, atau menawan hatinya.

    • P-Example

    1. Pengaruh baik. Seseorang, suatu kelompok, atau suatu sebab, mempengaruhi tokoh pahlawan secara konstruktif. Seseorang yang berbakat dijadikan contoh kearah kebaikan.

    2. Pengaruh jelek. Tokoh pahlawan menjadi jahat karena pengaruh pergaulan. Atau,perilaku idealnya merosot karena mengikuti saran atau ajakan orang-orang yang dapat dipercaya atau tidak bertanggung jawab.

    • P-Exposition. Seseorang mengatakan, menerangkan, menginterpretasikan, atau mengajarkan sesuatu pada tokoh pahlawan.

    • P-Nurturance. Seseorang memberi makan minum, memberi dorongan, perlindungan atau perawatan pada tokoh pahlawan. Ia mendapatkan simpati, terlipur dan dikasihani.

    • P-Rejection. Seseorang menolak, memarahi, tidak hormat lagi, tidak mengakui, tidak sudi, atau meninggalkan tokoh pahlawan.

    • P-Retention. Seseorang mempertahankan sesuatu yang diingini tokoh pahlawan. Tidak mau meminjami atau memberi, kikir, hemat, atau posesif.

    • P-Sex. Objek heterosex jatuh cinta pada tokoh pahlawan, atau afeksinya disambut oleh seorang penggoda. Tokoh pahlwan menikah.

    • P-Succorance. Seseorang mencari simpati, bantuan, perlindungan dari tokoh pahlawan. Ada objek yang tidak berdaya, sengsara, memelas yang mengandung reaksi tokoh pahlawan. Seseorang menolongnya.

    • P-Lack, Loss

      1. Kekurangan. Tokoh pahlwan tidak memiliki apa yang dibutuhkan untuk hidup, untuk berbahagia, atau untuk berhasil. Ia miskin. Keluarganya melarat. Ia tidak memiliki martabat, pengaruh, teman. Tidak adanya kesempatan bersuka ria, atau maju.

      2. Kehilangan. Seperti pada kekurangan, tetapi disini tokoh pahlawan kehilangan sesuatu atau seseorang.

    • P-Physical Danger

      1. Aktif. Tokoh pahlwan terkena bahaya fisik yang bukan manusiawi, binatang buas, tabrakan kereta api, petir, angin ribut dan sebagainya.

      2. Tidak adanya dukungan. Tokoh pahlawan dalam bahaya: jatuh atau tenggelam. Mobilnya terbalik, kapalnya rusak, kapal terbangnya tidak beres, atau ia ada diujung tebing.

    • P-Physical Injury. Tokoh pahlawan dilukai oleh seseorang (p-Aggression), dilukai binatang, atau luka karena kecelakaan (p-Physical Danger). Badannya terpotong atau rusak.

    Dari contoh diatas dapat dimengerti bahwa satu kekuatan lingkungan mungkin dapat berpengaruh sebagai beberapa press.

  4. Akhir Cerita

    Dari cerita (out come), interpreter dapat menilai dan memperbandingkan antar kekuatan yang dimiliki tokoh pahlawan dengan kekuatan yang ada dilingkungan (perbandingan antara need dan press). Kekuatan manakah yanhg menang? Adakah jalan pemecahan bila ada konflik? Bagaimanakah bentuk pemecahannya?

  5. Thema

    Interaksi antara need (atau perpaduan need) tokoh pahlawan dengan press (atau perpaduan press) dari lingkungan, ditambah dengan akhir cerita (keberhasilan dan kegagalan tokoh pahlawan) merupakan apa yang disebut Murray “Thema”. Kombinasi thema-thema sederhana, yang saling berkaitan atau berurutan disebut “”Complex Thema. Menurut Murray arti thema ini secara tepat adalah struktur dinamika abstrak suatu episode, sedang arti secara lebih longgar ialah jalan/liku-liku cerita, motif, pokok pembicaraan (tema), atau penampilan pokok dramanya suatu cerita.

    Dari cerita-cerita testi, interpreter akan mendapatkan thema-thema, baik mayor maupun minor. Dari kumpulan thema ini dapat dilihat issue, konflik, atau dilema apa yang paling dipikirkan oleh pengarangnya.

    Beberapa thema umum ialah thema mengenai prestasi, persaingan, percintaan, deprivasi, paksaan atau larangan, pelanggaran dan hukuman, konflik keinginan, ekplorasi, perang dan sebagainya.

Referensi :