Apa yang dimaksud Teori Perilaku Waktu (Behavioral Theory of Timing)?

image

Teori perilaku waktu (Behavioral Theory of Timing) (Killeen & Fetterman, 1988) didasarkan pada pengamatan bahwa sinyal penguatan memunculkan perilaku “tambahan” (yang ditimbulkan atau dipancarkan, sementara atau terminal) di mana transisi antara perilaku tersebut disebabkan oleh pulsa dari "jam internal. ” Transisi antar perilaku digambarkan sebagai proses Poisson, dengan konstanta laju sebanding dengan laju penguatan dalam konteks eksperimental. Selain itu, perilaku tambahan ini mungkin menjadi dasar untuk diskriminasi bersyarat dari perjalanan waktu.

Teori perilaku waktu ini merupakan formalisasi dari gagasan bahwa perilaku adalah mediator kontrol temporal, dan bergantung pada model waktu klasik, model penghitung jam, atau sistem akumulator alat pacu jantung, di mana osilator dari beberapa jenis menghasilkan pulsa yang dijumlahkan dengan “akumulator” hipotetis.

P. Killeen dan N. Weiss (1982) telah menggeneralisasi sistem pengaturan waktu perilaku menjadi sistem di mana variabilitas dapat muncul tidak hanya dari ketidakakuratan dalam “alat pacu jantung,” tetapi juga dari kesalahan dalam “penghitung jam;” model umum seperti itu konsisten dengan banyak data tentang akurasi relatif dalam persepsi waktu manusia. “Akumulator”, “alat pacu jantung”, “jam”, dan “penghitung” adalah konstruksi hipotetis kunci dalam teori perilaku waktu.

Referensi:
  • Killeen, P., & Weiss, N. (1987). Optimal tim- ing and the Weber function. Psycho- logical Review , 94 , 455-468.

  • Killeen, P., & Fetterman, J. G. (1988). A be- havioral theory of timing. Psycho- logical Review , 95 , 274-295.

  • Church, R., Broadbent, H., & Gibbon, J. (1992). Biological and psychologi- cal descriptions of an internal clock. In I. Gormezano & E. Wasserman (Eds.), Learning and memory: The behavioral and biological sub- strates . Hillsdale, NJ: Erlbaum.

  • Fetterman, J. G., & Killeen, P. (1995). Cate- gorical scaling of time: Implications for clock-counter models. Journal of Experimental Psychology: Animal Behavior Processes , 21 , 43-63.

  • Church, R. (1997). Timing and temporal events. In C. Bradshaw & E. Sza- badi (Eds.), Time and behavior: Psychological and neurobehavioral analyses . Amsterdam, Netherlands: North-Holland.