Apa yang dimaksud teknik speed boat dan apa keuntungan menggunakan teknik ini ?

Teknik speed boat merupakan salah satu teknik kualitatif. Teknik kualitatif adalah teknik yang lebih menitikberatkan kepada nilai-nilai dan menekankan pada sisi pemahaman secara mendalam . Lalu, apa yang dimaksud teknik speed boat dan apa keuntungan menggunakan teknik ini?

Speedboat adalah teknik cepat, sederhana, dan menyenangkan untuk mengidentifikasi dan menjelajahi masalah proyek / produk dengan sekelompok orang. Aktivitas visual dan interaktif ini adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan umpan balik tentang masalah nyata atau potensial. Kegiatan ini memakan waktu sekitar 30 menit, tetapi kita dapat mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa waktu tambahan di bagian akhir untuk menjelajahi beberapa masalah yang telah diidentifikasi. Ukuran kelompok yang ideal adalah antara lima hingga 15 orang.

Begini cara kerjanya. Pada papan tulis besar atau papan poster, gambar beberapa ombak. Kemudian gambar speedboat dengan motor yang bagus, besar, dan cepat terlihat. Tandai speedboat untuk mewakili proyek Kita. Jelaskan kepada kelompok Kita bahwa Kita semua ingin kapal itu menjadi secepat mungkin, tetapi Kita berpikir bahwa mungkin ada “jangkar” yang menahannya. Kita ingin grup membantu Kita mengidentifikasi jangkar tersebut.

Jelaskan kepada kelompok bahwa Kita mengambil bagian dalam pemikiran lampu hijau - Kita tidak ingin masuk ke argumen atas keabsahan suatu masalah, Kita hanya ingin menangkap semua hal yang diidentifikasi oleh tim sehingga Kita dapat menindaklanjuti dan berdiskusi. setiap masalah secara detail nanti. Jika Kita berpikir bahwa beberapa masalah yang diidentifikasi dapat menyebabkan ketidaksepakatan atau argumen, maka Kita mungkin ingin menetapkan beberapa aturan dasar sebelum memulai latihan. Mintalah kelompok tersebut melakukan brainstorming mengenai isu-isu, dan gambarkan masing-masing sebagai jangkar yang menahan perahu. Berikan tim sekitar 10 menit untuk brainstorming.

Sebagai fasilitator, Kita dapat memilih untuk menarik masing-masing jangkar sendiri, atau Kita mungkin ingin memungkinkan anggota tim untuk datang dan menggambar jangkar. Jika Kita seorang BA dengan laci yang penuh dengan catatan tempel, maka Kita dapat menyerahkannya kepada tim dan minta mereka menempatkannya di sekitar jangkar pada gambar. Dorong setiap anggota tim untuk mengidentifikasi setidaknya satu atau dua jangkar, sehingga semua orang terlibat.

Satu risiko dengan jenis aktivitas ini adalah kelompok tersebut dapat segera mencoba untuk segera menyelesaikan masalah. Dengan kegiatan ini, Kita ingin memulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang menghalangi Kita dari potensi Kita, tanpa terperangkap dalam memecahkannya dengan segera. Setelah Kita selesai mengidentifikasi semua jangkar, Kita harus meninjau mereka sebagai tim dan memastikan bahwa semuanya dipahami dengan jelas. Kita dapat mengidentifikasi beberapa tema umum, menemukan beberapa kemenangan cepat, atau mengungkapkan masalah yang memerlukan diskusi lebih lanjut. Sekarang Kita dapat mulai mencari kemungkinan solusi atau langkah selanjutnya - berhati-hatilah untuk tidak menghabiskan begitu banyak waktu pada satu atau dua masalah yang membuat Kita tidak dapat meninjau semuanya.

Pada tingkat tertinggi, perahu dapat mewakili keseluruhan proyek atau produk, tetapi Kita juga dapat menggunakan teknik ini untuk menelusuri komponen-komponen tertentu dari proyek atau produk. Berikut adalah beberapa contoh cara yang bagus untuk menerapkan teknik ini:

  • Gambarlah perahu terpisah untuk mewakili setiap fitur atau modul dari suatu produk perangkat lunak untuk mencari tahu apa yang menahan setiap fitur atau modul dari yang spektakuler seperti itu.
  • Kita bisa menggunakan teknik ini untuk meninjau fase rencana proyek. Buat perahu terpisah untuk analisis, pengembangan, jaminan kualitas, dll., Kemudian identifikasi masalah yang menghalangi setiap tahap proyek untuk mencapai potensinya.
  • Gunakan speedboat untuk mewakili tujuan atau sasaran, dan tarik jangkar untuk mewakili risiko yang dapat mencegah tim mencapai tujuan atau sasaran tersebut.
  • Gunakan teknik dengan sekelompok kecil pelanggan untuk mengidentifikasi masalah dengan produk Kita.
  • Ada sejumlah cara yang hampir tak terbatas yang dapat Kita terapkan pada teknik ini.

Teknik ini dapat menjadi cara yang efektif dan menguntungkan untuk mengidentifikasi masalah karena berbagai alasan:

  • Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara yang santai dan menyenangkan.
  • Topiknya dibingkai dengan pemahaman bahwa kita semua ingin speedboat berhasil.
  • Ini memberi orang mekanisme untuk mengkomunikasikan isu-isu spesifik, daripada membuat keluhan yang tidak jelas dan tidak produktif.
  • Setiap orang mendapat kesempatan untuk berkontribusi dan mengidentifikasi kekhawatiran mereka.
  • Kegiatan ini bersifat kolaboratif; ketika kegiatan selesai, semua orang dalam kelompok memahami kekhawatiran dari semua anggota tim lainnya.
  • Ini adalah latihan visual yang lebih cenderung menghasilkan umpan balik daripada rapat atau email.
  • Sangat bagus untuk memiliki berbagai macam pendekatan dan teknik yang dapat Kita gunakan, dan ini adalah salah satu yang hebat untuk dimiliki dalam toolkit Kita. Teknik ini bersifat kolaboratif, visual, dan sangat interaktif dan bisa sangat sukses jika Kita memastikan bahwa aktivitas tidak berpindah ke sesi mengeluh. Jika semua orang mendekatinya dengan cara yang konstruktif, dengan tujuan mencapai potensi sejati, maka Kita dapat menggunakannya untuk mengumpulkan beberapa informasi yang sangat berharga yang akan membantu proyek Kita untuk berhasil.

Referensi :