Apa yang dimaksud teknik nominal group (NGT) ?

manajemen_risiko

(nana namora) #1

image

Teknik kelompok Nominal (NGT) adalah metode terstruktur untuk brainstorming kelompok yang mendorong kontribusi dari semua orang.


(Nazva Abiya) #2

Ini adalah teknik lain yang mengajak semua orang ke ruangan yang sama; Namun, ini memiliki dua keunggulan dibanding brainstorming. Pertama, dalam brainstorming, beberapa anggota tim mungkin enggan menyarankan gagasan karena takut dikritik. Kedua, dalam brainstorming, beberapa anggota tim mungkin tidak menyarankan risiko karena mereka tidak ingin dikritik. Teknik Kelompok Nominal menghindari kedua masalah ini.

Ada lima tahap untuk Nominal Group Technique:

  1. Selamat datang kelompok ke pertemuan dan jelaskan proses Nominal Group Technique

  2. Berikan masing-masing peserta catatan post-it dan mintalah mereka menuliskan satu risiko per post-it, memikirkan sebanyak mungkin risiko. Biarkan 10 menit untuk tahap ini.

  3. Mintalah setiap peserta untuk berbagi ide mereka. Masukkan post-it mereka di papan tulis dan tulis komentar di sebelahnya saat mereka mendeskripsikan risikonya. Dengan melakukan ini, Anda memberi setiap orang kesempatan untuk berpartisipasi secara setara. Biarkan peserta menuliskan gagasan baru yang mereka dapatkan dari diskusi pada tahap ini juga. Biarkan 30 menit untuk bagian ini.

  4. Adakan diskusi kelompok tentang risiko yang dihasilkan dan izinkan orang untuk bertanya tentang risiko apa pun yang tidak jelas bagi mereka. Tahap ini harus netral dan tidak kritis. Cobalah untuk tidak menghabiskan lebih dari 5 menit untuk setiap risiko sehingga bagian ini dapat selesai dalam 45 menit.

  5. Tentukan risiko terhadap tingkat keparahan dengan bekerja sebagai kelompok.

Setelah Anda menyelesaikan lima langkah, Anda harus mengidentifikasi daftar risiko yang dihadapi proyek atau program, dan menambahkannya ke daftar risiko proyek, lalu siap untuk tahap analisis risiko proyek. Teknik Nominal Group adalah dasar yang mana Latihan Perencanaan Portofolio Panas yang saya gambarkan sebelumnya dibangun.

sumber:
https://expertprogrammanagement.com/2010/01/how-to-identify-risks/