© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud Social Skills Training (SST)?

Social skills training

Social skills training (SST) adalah salah satu intervensi dengan teknik modifikasi perilaku didasarkan prinsip-prinsip bermain peran, praktek dan umpan balik guna meningkatkan kemampuan klien dalam menyelesaikan masalah pada klien depresi, schizophrenia, klien dengan gangguan perilaku kesulitan berinteraksi, mengalami social phobia dan klien yang mengalami kecemasan.

Apa yang dimaksud Social skills training (SST) ?

Social skills training (SST), diberikan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi bagi individu yang mengalami isolasi sosial, harga diri rendah, anxietas, dan gangguan-gangguan interaksi sosial lainnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai definisi, tujuan, indikasi dan teknik pelaksanaan SST

Pengertian Social Skills Training


Social skills training (SST) adalah salah satu intervensi dengan teknik modifikasi perilaku didasarkan prinsip-prinsip bermain peran, praktek dan umpan balik balik guna meningkatkan kemampuan klien dalam menyelesaikan masalah pada klien depresi, schizophrenia , klien dengan gangguan perilaku kesulitan berinteraksi, mengalami social phobia dan klien yang mengalami kecemasan (Stuart ,2009; Vacarolis, 2010; Kneisl, 2004). Menurut Cartledge dan Milbun (1995, dalam Chen, 2006), social skills training adalah kemampuan yang dapat dipelajari oleh seseorang sehingga memungkinkan orang tersebut berinteraksi dengan memberikan respon positif terhadap lingkungan dan mengurangi respon negatif yang mungkin hadir pada dirinya. Kneisl (2004) menyatakan bahwa social skills training adalah metode yang didasarkan pada prinsip-prinsip sosial pembelajaran dan menggunakan teknik perilaku bermain peran, praktik dan umpan balik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah.

Social skills training didasarkan pada keyakinan bahwa keterampilan dapat dipelajari oleh karena itu dapat dipelajari bagi seseorang yang tidak memilikinya (Stuart & Laraia, 2008). Definisi tentang social skills training yang telah dikemukakan dapat disimpulkan sebagai proses belajar seseorang untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial yang dapat diterima dan dihargai secara sosial. Hal ini melibatkan kemampuan untuk memulai dan menjaga interaksi positif dan saling menguntungkan.

Social skills training dirancang untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan sosial bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi meliputi keterampilan memberikan pujian, mengeluh karena tidak setuju, menolak permintaan orang lain, tukar menukar pengalaman, menuntut hak pribadi, memberi saran pada ornag lain, pemecahan masalah yang dihadapi dan bekerjasama dengan orang lain (MqQuaid, 2000).

Social skills training merupakan hal penting untuk meningkatkan kemampuan seseorang berinteraksi dalam suatu lingkungan. Adanya kemampuan berinteraksi menjadi kunci untuk memperkaya pengalaman hidup, memiliki pertemanan, berpartisipasi dalam suatu kegiatan dan bekerjasama dalam suatu kelompok.