Apa yang dimaksud Social Media Specialist?

strong textimage

1. Pengertian Social Media Specialist

Social Media Spesialist adalah sebuah pekerjaan dimana seseorang dan tim akan memegang kendali atas keseluruhan isi konten perusahaaan di media sosial. Profesi ini tidak hanya meng-upload foto, membalas komentar dan post status saja, tapi profesi ini memiliki jobs deskripcion yang bisa dibilang kompleks.

Seorang Social Media Specialist harus bertanggung jawab dan memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak hanya sekedar meng-upload foto atau menulis caption saja.

Setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis. Mulai penempatan konten yang berbeda untuk media yang berbeda pula, penggunaan kata kunci yang tepat, samapai dengan perencanaan waktu publikasi sangat dibutuhkan untuk menjamin isi posting meraih audiens sebesar-besarnya dan memberi efek yang diinginkan.

2. Jenis Social Media Specialist

Secara keseluruhan menggambarkan bahwa media sosial merupakan sebuah patform yang mampu membentuk interaksi dan mampu memfasilitasi information sharing. Ada beberapa jenis dan tipe media sosial yang dikenal yaitu social network, bookmarking sites, social news, media sharing, micro blogging dan blog comments and forum

a. Social Network

Merupakan layanan yang dapat memfasilitasi orang berhubungan atau terkoneksi dengan mereka yang memiliki ketertarikan yang sama. Biasanya berisikan profil, beragam cara untuk saling berinteraksi satu sama lain (missal dengan fitur chat atau pesan), kemampuan membentuk grup dan sebagainya. Beberapa social network yang popular ialah facebook, Instagram dan twitter.

b. Bookmarking sites

Merupakan media sosial dengan layanan yang memungkinkan orang untuk menyimpan, mengatur dan mengorganisir link dari beragam web dan sumber lain dari internet. Biasanya media sosial ini memungkinkan kita untuk ―menandai link untuk memudahkan dalam mencari dan membagikannya.

c. Social news

Merupakan media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan artikel ataupun tulisan yang dapat diakses oleh pengguna lain (ataupun non pengguna). Pengguna lain dapat melakukan ―vote terhadap tulisan yang telah dibagikan pengguna lainnya.

d. Media sharing

Adalah media sosial yang dapat memungkinakan pengguna membagikan berbagai macam konten media (suara, gambar, audio-visual). Fitur lain dalam media sosial ini biasanya adalah fitur comment dan profil. Salah satu yang paling terkenal dari media sosial jenis ini adalah youtube.

e. Microblogging

Merupakan media sosial yang berfokus pada short update pengguna yang dapat diakses oleh pengguna lain yang telah melakukan subscribe atau dengan sengaja mengikuti akun milik pengguna lain. Salah satu bentuk media sosial ini yang paling popular ialah twitter.

f. Blog comment and forum

Merupakan fitur yang biasanya merupakan bawaan dari sebuah forum online dan blog di internet. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk berkomentar dan juga memungkinkan adanya sebuah percakapan dalam sebuah topik tertentu yang kemudian membuat setiap orang dapat saling berinteraksi satu dengan yang lain melalui pesan dalam kolom komentar.

1 Like