Apa yang dimaksud seni rupa?

Seni dibagi menjadi beberapa cabang seperti seni musik, seni tari, seni rupa, dan lain lain. Apa yang dimaksud dengan seni rupa? Serta bagaimana cara mewujudkan seni tersebut?

Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu dari cabang seni. Seni merupakan buah pikir dan rasa dari manusia. Seni sudah muncul sejak zaman prasejarah meskipun bentuknya tidak semodern sekarang. Seni rupa sudah muncul dari zaman pra sejarah dengan bentuk lukisan di dinding-dinding gua dan alat-alat yang dipakai oleh manusia pra sejarah untuk bertahan hidup.

  1. Pengertian seni rupa
    Pengertian dari seni rupa ialah ungkapan gagasan atau perasaan keindahan dan bermakna.
  2. Cara mewujudkan seni rupa
    Seni rupa dapat diwujudkan melalui titik, garis, bidang, warna, tekstur dengan prinsip tertentu.

Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.

  • Seni rupa murni :

    1. Seni Lukis
    2. SeniGrafis
    3. Seni Patung
    4. Seni Instalasi
    5. Seni Pertunjukan
    6. Seni Keramik
    7. Seni Film
    8. Seni Koreografi
    9. Seni Fotografi, dan lain-lain
  • Desain:

    1. Arsitektur
    2. Desain Grafis
    3. Desain Interior
    4. Desain Busana
    5. Desain Produk, dan lain-lain
  • Kriya:

    1. Kriya Tekstil
    2. Kriya Kayu
    3. Kriya Keramik
    4. Kriya Rotan, dan lain-lain

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep bidang, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu atau dan seni rupa terapan. Adapun penjelasan dari dua katagori seni rupa tersebut adalah :

  • Seni Rupa Murni (Fine Art):

    Seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangakan kegunaannya atau seni bebas (free art) . Contoh: seni lukis, seni patung, seni grafika dll.

  • Seni Rupa Terapan (Applied Art):

    Seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau manfaat. Fungsi karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Misalnya lukisan, patung, dan benda hias. Selain itu kaya seni rupa terapan juga dibedakan menjadi tiga, yaitu hasil karya ukiran, hasil karya patung, dan hasil karya batik.