Apa yang dimaksud puasa Sya’ban ?

Hikmah Puasa Sunnah adalah menahan diri dari kegiatan makan dan minum, serta segala hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga Waktu Buka Puasa yaitu terbenanmya matahari, dimana bagi yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala, dan bagi yang tidak melaksanakannya atau meninggalkannya tidak akan mendapatkan dosa. Apa yang dimaksud puasa Sya’ban ?

Puasa Sya’ban ialah salah satu Puasa Sunnah dibulan Sya’ban dalam kalendar Hijriyah (Kalender Islam) yang dapat ditunaikan oleh setiap Muslim baik Laki – Laki maupun Perempuan yang sudah Baligh, Berakal dan Sehat untuk mengerjakan Puasa, sedang untuk Puasa Nisfu Sya’ban sendiri adalah Puasa yang dapat dilakukan di pertengahan Bulan Sya’ban.

Adapun untuk hukum mengerjakan puasa Sya’ban adalah sunnah.

Kemudian untuk rujukan mengapa Hukum Puasa Sya’ban ini Sunnah karena Nabi Muhammad Saw sering mengerjakan Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban dan hal ini dijelaskan didalam Hadist Riwayat Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah yg mengatakan dari Ummu Salamah Ra berkata,

_” Aku tidak melihat Nabi Muhammad Saw berpuasa dua bulan secara berurutan kecuali beliau melanjutkan Bulan Sya’ban dg Bulan Ramadhan (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah) ”.

Sedangkan didalam Hadist Riwayat Bukhari no 1971 dan Muslim no 1157 dari Ibnu Abbas Ra mengatakan,

”Nabi Muhammad Saw tidak pernah melakukan Puasa sebulan penuh kecuali di Bulan Ramadhan (HR. Bukhari dan Muslim) ”._

Melihat Kedua Hadist Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw memang sering melakukan Puasa di Bulan Sya’ban tetapi tidak penuh dalam satu bulan karena Nabi Muhammad Saw hanya mengerjakan Puasa penuh satu bulan hanya di Bulan Ramadhan saja. Lalu untuk Keutamaan Puasa Sya’ban sendiri tlah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ”

Bulan Sya’ban merupakan Bulan yg sering dilupakan oleh umat Manusia, letaknya diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan (Kalender Islam Hijriyah) dan Bulan Sya’ban adlh bulan dimana seluruh amal dilaporkan kepada Alloh Swt, Tuhan semesta alam. maka dari itu saya senang ketika amal saya dilaporkan dan saya dlm keadaan berpuasa (Hadist Riwayat An Nasai) ”.

Sedangkan Manfaat dan Keistimewaan Mengerjakan Puasa Sya’ban selanjutnya telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad Saw dalam Hadist Shahih yang berbunyi,

Keutamaan Bulan Sya’ban atas bulan2 yg lain seperti keutamaanku atas semua Nabi dan keutamaan Bulan Ramadhan atas bulan2 yg lain seperti Keutamaan Alloh Swt atas semua Makhluknya ”.

Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa Bulan Sya’ban sangatlah Mulia dan didalamnya terdapat Malam Istimewa yaitu Malam Nisfu Sya’ban (Pertengahan Bulan Sya’ban) sehingga sangat disayangkan jika kalian tidak mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban karena Nabi Muhammad Saw juga sering mengerjakan Puasa di Bulan Sya’ban walaupun tidak penuh dalam satu Bulan.

Untuk Cara Mengerjakan Puasa Sya’ban ini masih sama seperti mengerjakan Puasa Bulan Ramadhan ataupun Puasa Sunnah lainnya yang dimulai dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari (Masuk Waktu Shalat Maghrib) untuk berpuasa tidak makan, minum, menahan hawa nafsu, emosi dan perkara lainnya yang bisa membuat batal puasa.

Adapun untuk Waktu Mengerjakan Puasa Sya’ban tentunya dilakukan di Bulan Sya’ban pada Kalander Hijriyah (Kalender Islam) dan perlu kalian mengetahui urutan dalam Kalender Hijriyah tersebut yg pertama Bulan Muharram, Bulan Safar, Bulan Rabiul Awal, Bulan Rabiul Akhir, Bulan Jumadil Awal, Bulan Jumadil Akhir, Bulan Rajab, Bulan Sya’ban, Bulan Ramadhan, Bulan Syawal, Bulan Dzulkaidah dan Bulan Dzulhijjah.

Untuk Waktu Puasa Bulan Sya’ban sendiri bisa kalian lakukan di Awal Bulan Sya’ban sampai pertengahan Bulan antara tanggal 13, 14 dan 15 atau paling tidak kalian lakukan pada tanggal 15 karena tanggal tersebut merupakan Hari Nisfu Sya’ban yg sangat mulia dan baik sekali untuk mengerjakan Puasa Sya’ban.

Referensi :

Bulan Sya’ban adalah bulan yang disukai untuk memperbanyak puasa sunnat. Dalam bulan ini, Rasulullah Saw. memperbanyak puasa sunnat. Bahkan beliau hampir berpuasa satu bulan penuh, kecuali satu atau dua hari di akhir bulan saja agar tidak mendahului Ramadan dengan satu atau dua hari puasa sunnat.

Sebagaimana Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Dari Aisyah Ummul Mukminin, bahwa ia berkata; "Sudah biasa Rasulullah Saw. berpuasa beberapa hari, hingga kami mengira bahwa beliau akan berpuasa terus. Namun beliau juga biasa berbuka (tidak puasa) beberapa hari hingga kami mengira bahwa beliau akan tidak puasa terus. Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah Saw.menyempurnakan puasanya sebulan penuh, kecuali Ramadan. Dan aku juga tidak pernah melihat beliau puasa sunnah dalam sebulan yang lebih banyak daripada puasanya ketika bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari)