Apa yang dimaksud pemrograman visual?

Dalam membuat suatu program dalam sebuah system komputer ,kita dapat mengunakan berbagai jenis bahasa pemrograman salah satunya dengan bahasa visual
lalu, apa sih yang dimaksud pemrograman visual itu ?

Visual programming adalah pembuatan program tanpa menggunakan metode konvensional (mengetik dalam bentuk code).
Pemrograman secara visual menghemat banyak waktu dan tenaga karena mudah dan code yang dihasilkan dari design secara visual adalah “computer generated” sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan.

pemrograman visual sendiri memanfaatkan atau mengunakan visualisasi dimana didalamnya terdapat penggunaan refrensentasi visual (grafik, gambar atau animasi) untuk menggambarkan program,data,struktur atau tingkah laku dinamis system yang kompleks.

Contoh pemrograman visual adalah Visual BASIC (SCRATCH)

bahasa pemrograman tersebut berbasis windows dari Microsoft yang dapat membuat tombol perintah, kotak teks, jendela dan toolbar,
Visual BASIC merupakan even-driven, artinya program menunggu programmer (user) melakukan perintah , seperti klik pada ikon, dan kemudian program akan merespons.
Karena penggunaannya mudah, Visual BASIC memungkinkan programmer pemula untuk mencipatakan aplikasi-aplikasi berbasis windows yang menarik.

sumber :


Pemrograman visual adalah bahasa pemrograman yang terdapat simbol-simbol grafis dan terdapat teks mempunyai arti sematik menggunakan ekspresi visual seperti grafik, gambar, dan ikon yang sistematis dan mengacu pada aktivitas untuk membuat program dalam dimensi.

Dalam pengeksekusian kode programnya, pemrograman visual menggunakan konsep event-driven, yaitu pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian tertentu. Setiap kejadian tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi. Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.

Microsoft Visual Basic merupakan salah satu contoh pemrograman visual. Bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek yang berbasis Windows dari Microsoft yang mengizinkan pengguna mengembangkan aplikasi Windows dan Office dengan membuat tombol perintah, kotak teks, jendela dan toolbar, selanjutnya akan di-link ke program BASIC yang kecil yang melakukan tindakan tertentu. Misalnya, pada permulaan pengguna dapat menggunakan piranti geser dan turunkan (drag-and-drop) untuk mengembangkan antar muka pengguna grafis yang dibuat secara otomatis oleh program. Karena penggunaannya mudah, Visual BASIC memungkinkan programmer pemula untuk mencipatakan aplikasi-aplikasi berbasis windows yang menarik.

Sumber :


http://www.dcc-dp.org/berita362-apa%20itu%20pemrograman%20visual%20%20%20.html

APA SIH PEMROGRAMAN VISUAL ITU?

Pemrograman visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. Pemrograman visual menggunakan bahasa pemrograman c# (c sharp) karena bahasa c sharp merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek.

Icon_scratch

Salah satu bahasa pemrograman visual adalah Scratch. Scratch adalah bahasa pemrograman visual berbasis windows yang didesain agar mengasyikkan, edukatif, dan mudah untuk dipelajari. Scratch bisa digunakan untuk membuat cerita interaktif, permainan, seni (art), simulator, dan masih banyak lagi. Scratch banyak digunakan di sekolah-sekolah di segala penjuru dunia sebagai media untuk mengenalkan pemrograman dasar ke anak-anak.

Referensi :
Blog : http://pemrogramanvisualtugas.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-pemrograman-visual.html
Wiki : https://scratch-indo.info/wiki/Scratch
Gambar : http://vignette2.wikia.nocookie.net/ichc-channel/images/d/df/Icon_scratch.png/revision/latest?cb=20160322131712

Pemrograman Visual adalah cara membuat program dimana di dalamnya terdapat himpunan simbol-simbol grafis dan teks. Simbol grafis dan teks tersebut memiliki arti semantik. Dalam perograman visual dignakan ekspresi visual seperti grafik, gambar, ikon sistematik dan tidak perlu pengetikan dalam bentuk kode.

Contoh dari pemrograman visual adalah Visual BASIC. Visual BASIC menggunakan objek dan membuat penggunanya membuat tombol perintah, kotak teks, jendela dan toolbar. Visual Basic merupakan even-driven dimana program akan menunggu user untuk melakukan event dan baru akan mengeksekusinya. Dengan menggunakannya, akan memudahkan bagi pemula untuk belajar membuat program, karena tidak perlu menggunakan sintaks. User hanya perlu membuat perintah-perintah berupa balok-balok secara visual. Tanpa memperhatikan sintaks, maka pengguna akan lebih berfokus dengan logika dan alur pemrogramannya

Refrensi: