Apa yang dimaksud metode pembelajaran Modeling The Way?

Apa yang dimaksud metode pembelajaran Modeling The Way?

Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Salah satu metode mengajar adalah modeling the way. Apa yang dimaksud Modeling the Way ?

Metode modeling the way (membuat contoh praktek) adalah metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekan keterampilan spesifik yang dipelajari dikelas melalui demonstrasi. Siswa diberi waktu untuk menciptakan sekenarionya sendiri dan menentukan bagaimana mereka mengilustrasikan keterampilan dan teknik yang baru saja dijelaskan. Metode sangat baik bila digunakan untuk mengajar pelajaran yang menuntut keterampilan tertentu.

Fungsi Metode Modeling The Way

Fungsi metode Modeling The Way termasuk metode belajar aktif yang berfungsi untuk memaksimalkan potensi siwa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi aktif, kreatif dan menyenangkan, adapun tujuan dari metode Modeling The Way sebagai metode belajar aktif adalah :

  1. Siswa mencari pengalaman sendiri dan langsung mengalaminya

  2. Memupuk kerja sama yang harmonis dikalangan siswa yang pada gilirannya memperlancar kerja kelompok.

  3. Siswa belajar dan bekerja berdasarkan minat dan kemampuan sendiri, sehingga sangat bermanfaat dalam rangka pelayanan perbedaan individual.

  4. Memupuk sikap kekluargaan, musyawarah dan mufakat.

  5. Membina kerjasama antar sekolah, masyarakat, guru, dan orang tua siswa yang bermanfaat dalam pendidikan.

  6. Pembelajaran dilaksanakan secara realistik dan kongkrit, sehingga mengembangkan pemahaman dan berfikir kritis serta menghindarkan terjadinya verbalisme

  7. Pembelajaran menjadi hidup sebagaimana halnya kehidupanan dalam masyarakat yang penuh dengan dinamika.

Perencanan dan Persiapan Metode Modeling The Way

Modeling The Way memerlukan perencanaan dan persiapan yang cukup dalam pelaksanaannya sehingga hasil yang dicapai efektif dan siswa memperoleh gambaran yang pasti.

Metode Modeling The Way menurut bandur terdiri dari empat fase perhatian (etensi), mengulang (retensi), mengolah, motivasi yang dalam pelatihan dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Guru (model) memberi contoh kegiatan tertentu (demonstrasi) didepan siswa.

  2. Guru menunjukan cara pelaksanaan metode Modeling The Way.

  3. Anak memperhatikan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

  4. Guru memberikan motivasi atau penguatan-penguatan yang diberikan, baik bila anak berhasil ataupun kurang berhasil.

Langkah-Langkah Metode Modeling The Way

Metode Modeling The Way harus diikuti dengan kesiapan guru, dalam hal ini guru harus merencanakan metode Modeling The Way yang efektif.

  1. Setelah pembelajaran suatu topik tertentu, carilah topik-topik yang menuntut siswa untuk mencoba atau mempraktikan keterampilan yang baru diterangkan.

  2. Bagilah siswa dalam beberapa kelompok kecil sesuai dengan jumlah mereka. Kelompok-kelompok ini akan mendemostrasikan suatu keterampilan tertentu sesuai dengan sekenario yang dibuat.

  3. Berikan kepada siswa 10-15 menit untuk berdiskusi.

  4. Berikan 5-7 menit untuk menampilkan hasil diskusi (demostrasi)

  5. Secara bergiliran tiap kelompok diminta mendemostrasikan kerja masing masing. Setelah selesai berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan pada setiap demostasi yang dilakukan.

  6. Guru memberi penjelasan secukupnya tentang mengklarifikasi.

Kelebihan dan Kekurangan MetodeModeling The Way

Kelebihan Metode Modeling The Way adalah Sebagai Berikut:

  1. Perhatian siswa akan dapat terpusat sepenuhnya pada anak yang didemonstrasikan.

  2. Memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan keterampilan dalam berbuat untuk melatih anak lebih terampil dan mampu menciptakan suatu keterampilan dalam suatu hal.

  3. Hal-hal yang menjadi teka-teki siswa dapat terjawab melalui demosntrasi

  4. Menghindarkan kesalahan siswa dalam mengambil suatu kesimpulan, karena mereka mengamati secara langsung jalannya proses demonstrasi yang diadakan.

Kekurangnya Modeling The Way adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan dan pelaksanaannya memakan waktu yang relatif lama

  2. Apabila tidak ditunjang dengan peralatan dan perlengkapan memadai maka metode ini kurang efektif

  3. Metode ini sukar dilaksanakan bila siswa belum bisa mengadakan praktik

Untuk mengatasi kelemahan metode dapat digunakan cara sebagai berikut:

  1. Tentukan terlebihan dahulu hasil yang ingin dicapai

  2. Guru mengarahkan praktik itu sedemikian rupa, sehingga muridmurid memperoleh pengertian dan gambaran yang benar.

  3. Menetapkan garis-garis langkah-langkah praktik yang akan dilaksanakan dan sebagaiknya sebelum praktik dimulai guru mengadakan praktik lebih dahulu

  4. Sedapat mungkin bahan pelajaran yang dipraktikan adalah hal-hal yang bersifat praktis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.