Apa yang dimaksud Metode Pembelajaran Bamboo Dancing?

Apa yang dimaksud Metode Pembelajaran Bamboo Dancing?

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan mengajar, metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode bamboo dancing. Lalu, apa yang dimaksud metode pembelajaran bamboo dancing ?

Metode Bamboo dancing adalah suatu teknik pengembangan metode inside outside circle. Pembelajaran diawali dengan pengenalan topik oleh guru. Guru bisa menuliskan topik tersebut di papan tulis atau dapat pula guru bertanya jawab apa yang diketahui peserta didik mengenai topik itu. Kegiatan sumbang saran ini dimaksudkan untuk mengaktifkan struktur kognitif yang telah dimiliki peserta didik agar lebih siap menghadapi pelajaran yang baru.

Dengan metode pembelajaran Bamboo dancing ini diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang kondusif. Metode pembelajaran Bamboo dancing ini bertujuan agar peserta didik saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa. Konsep dari metode Bamboo dancing ini meskipun namanya Tari Bambu tetapi tidak menggunakan bambu. Yaitu siswa yang berjajaran yang di ibaratkan sebagai bambu.

Langkah-langkah Metode Pembelajaran Bamboo dancing

Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam model pembelajaran Bamboo dancing sebagai berikut :

  1. Penulisan topik di papan tulis atau mengadakan tanya jawab dengan siswa.

  2. Separuh atau seperempat kelas, jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Jika cukup ruangan, mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah peserta didik berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.

  3. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama.

  4. Dua peserta didik yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.

  5. Kemudian, satu atau dua peserta didik yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini, masing-masing peserta didik mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan dan Kekurangan Bamboo dancing

Keunggulan metode Bamboo dancing adalah adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk saling berbagi informasi dengan singkat dan teratur serta memberi kesempatan pada siswa untuk mengolah informasi.

Model pembelajaran ini cocok atau baik digunakan untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar peserta didik. Oleh karena itu kelebihan metode ini adalah:

  1. Siswa dapat bertukar pengalaman dengan sesamanya dalam proses pembelajaran.

  2. Meningkatkan kerja sama diantara siswa.

  3. Meningkatkan toleransi antar sesama siswa.

Kekurangan metode pembelajaran Bamboo dancing juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Siswa lebih banyak bermainnya dari pada belajar

  2. Interaksi pembelajaran tidak terjadi secara baik