Apa yang dimaksud metode College Ball?

Apa yang dimaksud metode College Ball?

Apa yang dimaksud metode College Ball?

Mel Silberman (2009: 251) menjelaskan metode College Ball adalah suatu putaran pengulangan yang standar terhadap materi pelajaran. menjelaskan metode ini memperbolehkan pengajar untuk mengevaluasi keluasan materi yang telah dikuasai oleh peserta didik, dan berfungsi untuk menguatkan kembali, mengklarifikasi, dan meringkas poin-poin kunci.

Metode College Ball merupakan strategi belajar mengajar yang dikembangkan oleh Mel Silberman sebagai cabang dari pembelajaran Active Learning . Hisyam (2008) menjelaskan pembelajaran Active Learning mengajak siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, metode ini merupakan upaya untuk memicu adanya motivasi dan semangat belajar dan pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang telah dipelajari padan pembelajaran yang telah diajarkan didalam kelas. metode ini digunakan untuk menguatkan kembali, mengklarifikasi dan meringkas poin-poin kunci pembelajaran yang diajarkan di kelas

Langkah- -langkah menggunakan metode College Ball

Langkah-langkah penggunaan metode College Ball sebagai mana disebutkan oleh Mel Silberman yaitu

  1. Kelompokkan peserta didik kedalam tim yang terdiri atas tiga atau empat anggota. Masing-masing tim dimohon memilih nama sebuah lembaga (atau tim olahraga, perusahaan, mobil, dll) yang mereka wakili.

  2. Berilah setiap kelompok kartu indeks. Masing-masing kelompok akan memegang kartunya untuk menunjukkan bahwa mereka menginginkan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan.

  3. Aturan-aturan main sebagai berikut :

  • Untuk menjawab pertanyaan angkat kartu;

  • Kartu dapat diangkat sebelum pertanyaan secara penuh disampaikan jika mengetahui jawabannya. Segera interupsi setelah pertanyaan dihentikan;

  • Tim memberikan skor satu point untuk setiap respon anggota yang benar; d

  • Ketika seseorang menjawab dengan salah tim yang lain menjawab (mereka dapat mendengarkan seluruh pertanyaan jika tim yang lain menginterupsi jawaban).

  1. Setelah semua pertanyaan dilontarkan, itunglah skor keseluruhan dan umumkan pemenangnya.

  2. Berdasarkan respon atas permainan, lakukan peninjauan ulang materi yang tidak jelas atau yang memerlukan penguatan kembali.