Apa yang dimaksud Media Relations?

690ed341e1886ef9531242fedf877e0a
photo by dribbble.com

Media relations atau hubungan dengan media terdiri dari publisitas atau liputan berita tentang kegiatan organisasi. Media relations adalah kegiatan utama PR.

Wragg dalam buku “The Public Relations Handbook”
The purpose of press relations is not to issue press releases, or handle enquiries from journalist, or even to generate a massive pile of press cuttings. The true purpose of press relations is to enhance the reputation of an organization and its products, and to influence and inform the target audience.

Tujuan “hubungan dengan pers (media)” bukanlah untuk menyebarkan isu melalu rilis, atau menjawab pertanyaan dari jurnalis, bukan juga menghasilkan tumpukan klipingan koran. Tujuan hubungan pers hakikatnya adalah untuk meningkatkan reputasi organisasi dan produk atau layanannya, dan untuk memberikan informasi pada khalayak target dan mempengaruhi mereka.

Untuk mengoptimalkan penggunaan media massa, harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Jenis dan besaran khalayak yang dijangkau oleh setiap media/saluran
  2. Jenis materi yang digunakan oleh media/saluran - spot news, materi feature, wawancara, foto.
  3. Nama dan jabatan editor yang bersangkutan, direktur, reporter, atau staf penulis yang menangani rubrik atau pemberitaan organisasi yang ditangani
  4. Tengat waktu (deadlines) media yang bersangkutan - bulanan, mingguan, harian, edisi pagi, sore, per edisi, per jam.

Ada 2 kategori media; (1) media massa dan (2) media khusus
Media Massa: a. Lokal (cetak: surat kabar, majalah, TV, radio), b. Nasional (cetak, jaringan siaran, wire services)
Specialized Media: a. Lokal (perdagangan, industri, asosiasi, majalah internal organisasi, program siaran khusus), b. Nasional (bisnis, perdagangan, industri, asosiasi, majalah internal organisasi, program siaran khusus)

Tujuan media relations, antara lain:

  • Meningkatkan pengetahuan komunitas media terhadap berita organisasi
  • Meningkatkan kredibilitas organisasi di kalangan orang-orang media
  • Meningkatkan sikap dan pemberitaan yang positif tentang organisasi di media

Beberapa kegiatan media relations, yaitu:

  • News release atau press release—cetak dan video
  • Photo caption
  • Press conference
  • Media interview
  • Media tour
  • Press briefing

Sumber :
belajarkomunikasilagi by Ena Liya Sudartama