Apa yang dimaksud matriks probabilitas dan dampak dalam analisis risiko kualitatif?

Matriks probabilitas dan dampak merupakan salah satu alat dan teknik dalam melakukan analisis risiko kualitatif. Apa yang dimaksud dari matriks probabilitas dan dampak dalam analisis risiko kualitatif?

Matriks probabilitas dan dampak dalam analisis risiko kualitatif yaitu alat bagi tim proyek untuk membantu memprioritaskan risiko. Seperti yang kita ketahui, pastinya ada beberapa kemungkinan risiko dalam proyek apapun. Sebuah projek terdiri dari ukuran dan kompleksitas yang dimana risikonya bervariasi di suatu tempat. Oleh karena itu kita memerlukan cara untuk mengidentifikasi risiko-risiko kritis yang paling membutuhkan perhatian dari proyek.

Matrik probabilitas dan dampak menggunakan kombinasi dari probabilitas dan skor dampak dari setiap risikonya dan didapatkan peringkat yang memudahkan untuk menilai mana risiko yang perlu diprioritaskan. Risiko dengan probabilitas tinggi atau kemungkinan terjadinya berdampak tinggi pada tujuan proyek maka membutuhkan perencanaan respon. Matriks yang umum digunakan yaitu matriks 3x3 atau matriks 5x5. Matriks 3x3 yaitu dengan peringkat low, medium dan high. Sedangkan matriks 5x5 yaitu dengan peringkat very low, low, medium, high, dan very high. Warna-warna pada tabel dibawah ini menunjukkan indikasi visual dari keseriusan risiko.

image

Pada matrik probabilitas dan dampak, setelah memberikan skor untuk kemungkinan dan dampak dari kategori risiko yang diidentifikasi oleh manajer risiko atau anggota tim proyek maka dilanjutkan dengan mengalikan dua variabel. Hasilnya akan mengurangi tingkat risiko. Selanjutnya untuk langkah pertama yaitu menentukan kemungkinan terjadinya risiko. Langkah kedua yatu mengumpulkan atau mengatur dampak dengan skala 1 sampai 5. Langkah ketiga yaitu menentukan eksposur risiko yang hasilnya dalam bentuk nilai-nilai. Lalu sebagai langkah terakhir yaitu membangun matriks risiko seperti gambar dibawah ini.

image

Sumber : http://www.justgetpmp.com/2012/02/probability-and-impact-matrix.html
http://www.scientificpapers.org/wp-content/files/07_Dumbrava_Iacob-USING_PROBABILITY__IMPACT_MATRIX_IN__ANALYSIS_AND_RISK_ASSESSMENT_PROJECTS.pdf