Apa yang dimaksud marketing?

Definisi Marketing

serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.

Fungsi Marketing

a. Fungsi Pertukaran

Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.
b. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.

Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara.

Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.

c. Fungsi Perantara

Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketing lah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.

d. Fungsi Lain Dari Marketing

Fungsi lain dari marketing tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing berdasarkan manajemen pemasaran.

Sumber ; Marketing: Definisi, Fungsi, dan Tujuan Bagi Perusahaan

Unsur-Unsur Marketing

1. Penentuan Pasar

Dalam strategi pemasaran, makna pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat mana bagian tertentu yang paling tepat, pasar mana saja yang akan dilayani, semua ini agar bisa lebih fokus. Dalam strategi pemasaran, ini sangat penting dan menjadi awal mula dari semua upaya, yaitu segmentasi pemasaran, yang artinya adalah segala upaya untuk mengelompokan pasar, hal ini untuk semakin meudahkan tentang bagaimana kita memperlakukan pasar, karena apabila modal sangat terbatas, maka akan kepayahan jika harus melakukan pendekatan secara bersamaan kepada seluruh masyarakat Indonesia, dan membutuhkan tenaga dan biaya yang sangat besar, selain waktu yang begitu panjang, meskipun itu dengan menggunakan media online sekalipun, karena belum tentu semua masyarakat yang akan dituju juga sudah memanfaatkan media online sebagai perilaku harian. Segmentasi pasar merupakan langkah awal dari strategi pemasaran, agar produk benar-benar dapat diformat sesuai dengan keinginan pasar.

2. Perencanan Produk.

Dalam strategi pemasaran, sebelum membangun produk yang sudah siap lepas di pasar, perusahaan perlu menyusun perencanaan produk yang akan disesuaikan dengan target pasarnya, misalnya menentukan volume produk, kemasan, iklan, dan tokoh dalam iklan, Kenapa sekarang banyak kecap yang dijual dengan sachet Rp.1000 an dan tidak hanya di botolan Rp.10ribuan saja? Kenapa iklan dalam produk kecap lebih banyak menggunakan artis yang punya banyak penggemar kaum wanita? kenapa menggunakan botol kecap yang sederhana saja tetapi jauh lebih kuat? Semua hal itu membutuhkan perencanaan, bahkan produk setingkat MIE SEDAP sekalipun yang akan dilempar ke pasar, agar mampu bersaing dengan produk INDOMIE, SARIMI dan SUPERMI, melakukan riset pasar selama kurang lebih 2 tahunan dan mennghabiskan dana mencapai milyaran rupiah, hanya untuk menentukan bentuk produk yang bisa lebih diinginkan oleh pasar, dan bisa langsung bersaing dengan produk-produk dari INDOFOOD GROUP tersebut, akhirnya dilemparlah MIE SEDAP ke pasar yang bahan mie nya meskipun belum di masak sudah lebih gurih, ada serbuk koya, ada bumbu dengan rasa yang tajam, dengan bahan mie yang lebih mudah matang pada saat di masak dan lain sebagainya. Terlihat sangat jelas bahwa strategi pemasaran tidak harus melulu langsung berhubungan dengan produk yang sudah jadi dan siap jual, namun bisa dalam hal perencanaan.

3. Manajemen Harga.

Manajemen harga merupakan salah satu dari bentuk upaya yang paling startegis dalam mengawali persaingan, bisa berawal dari perhitungan yang matang secara internal kemudian dibandingkan dengan harga dari para pesaing. Manajemen harga ini bisa diawali dengan cara yang paling sederhana, harga saat promosi, harga eceran harga agen/reseller dan lain sebagainya. Pada era serba informasi ini, pengembangan strategi pemasaran begitu luas, karena saat ini pasar juga akan ikut dalam menentukan harga, sebagai masukan di pasar, terutama pada saat pasar merespon terlalu rendah dari produk-produk tertentu dengan kreatifitas harga yang salah, respon pasar terhadap rumusan harga dari para pesaingnya.

4. Proses Distribusi.

Proses distribusi merupakah bagian terpenting dari strategi pemasaran yang cukup menguras energy, karena faktor efektifitas dan efisiensi, sehingga akan terdapat 3 pihak yang harus dipuaskan, yaitu : produsen utama, agen/reseller, terakhir adalah konsumen. Nah dari proses distribusi inilah maka apabila Anda adalah pengusaha toko online, maka bisa menentukan pihak ketiga dalam hal pengiriman barang yang sudah terjamin dengan baik dan asuransi yang jelas. Proses distribusi adalah berupa layanan yang bisa dirasakan secara langsung dampaknya oleh semua pihak karena dengan menggunakan rantai-rantai/jalur.

5. Komunikasi dan Promosi Efektif.

Dalam hal komunikasi seperti ini menjadi lini yang paling harus disusun dengan sangat baik, karena hal ini yang akan menjadi awal pertemuan atau awal dari hubungan berupa informasi. Komunikasi seperti ini meliputi penerapan pendekatan pemasaran, sistem publikasi, promosi penjualan, hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukan media pendukung. Komunikasi yang tepat akan semakin meningkatkan persepsi yang baik kepada pasar, seperti contoh: terdapat sebuah merek produk obat penghilang rasa nyeri bagi kaum wanita, terutama jika sedang mengalami menstruasi, padahal dari sisi komposisi obat sebenernya obat itu bisa juga untuk kaum lelaki, hanya saja dalam komunikasi pemasaran dan target pasar memang lebih diarahkan kepada kaum wanita saja. Obat penghilang nyeri menstruasi tersebut memang memiliki kandungan yang tidak jauh dari sekedar penghilang rasa nyeri bagi kaum umum yaitu (pria/wanita), yang membedakan adalah dalam hal komunikasi pemasaran.