Apa yang dimaksud Irama dalam prinsip seni rupa?

Prinsip seni rupa adalah beberapa prinsip dasar yang menunjang semua unsur yang kemudian unsur-unsur tersebut bergabung menjadi satu karya yang memiliki nilai seni. Secara umum, berbagai prinsip dasar dalam seni rupa terbagi menjadi 8, diantara lain adalah gradiasi, komposisi, kesatuan, penekanan, keselarasan, proporsi, keseimbangan dan juga irama.

Yang dimaksudkan dengan rythm atau irama adalah sebuah prinsip yang mengambil tempat sebagai dasar atas pengulangan satu atau mungkin lebih unsur dengan cara yang teratur. Untuk jenis pengulangan unsur-unsur seni rupa yang diatur itu sendiri bisa beraneka macam jenisnya, baik itu sekadar variasi warna, perbedaan garis dan juga variasi bentuk yang beragam namun tetap diulang dengan teratur dan terstruktur.

Sekalipun pengulangan yang begitu-begitu saja akan terlihat sangat statis dan begitu-begitu saja, tetapi jika pengulangannya dilakukan dengan variasi yang bagus maka akan memberikan nilai estetika yang lebih tinggi dan irama harmonisnya yang kuat.