Apa yang dimaksud Hb Rendah?

Rendahnya Hemoglobin (Hb) bisa berkaitan dengan penyakit yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Mulai dari kecelakaan hingga kanker, dapat menyebabkan kondisi ini. Sebelum itu Apa yang dimaksud Hb Rendah?

Hemoglobin adalah sejenis protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan Hb otomatis membuat tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup.

Guna mengetahui apakah hemoglobinmu termasuk rendah atau normal, perlu dilakukan pengukuran untuk menghitung kadar Hb. Hemoglobin dikatakan rendah jika jumlahnya kurang dari ambang batas minimal. Berikut adalah angka kadar Hb yang normal:

13-18 gram/dL untuk laki-laki dewasa.
12-16 gram/dL untuk perempuan dewasa.
Pada beberapa kasus, rendahnya Hb menandakan adanya kondisi anemia. Kamu perlu berhati-hati jika Hb rendah disertai dengan rasa lelah, lemas, pucat, napas pendek, dan detak jantung cepat yang tidak teratur.

Namun sedikit penurunan kadar hemoglobin dari batas normal mungkin tidak akan dirasakan oleh tubuhmu karena tidak adanya gejala spesifik yang muncul. Dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter dalam mendeteksinya secara rinci.