Apa yang Dimaksud Fashionista?

fashionista

Mungkin Anda sering mendengar istilah fashionista. Tetapi tahukan Anda, seperti apa fashionista itu? Apa, sih, karakteristiknya?

Istilah fashionista pasti sudah familiar di telinga Anda. Menurut Oxford English Dictionary:

Fashionista berarti semua orang yang berkecimpung dalam dunia fashion; termasuk desainer, fotografer, model, penulis fashion, dan lain-lain. Selain itu siapa saja yang menggandrungi industri fashion dan pemakai pakaian high-fashion juga bisa dikatakan sebagai fashionista.

Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh Stephen Fried, yaitu ketika ia menulis sebuah buku, Thing of Beauty : The Tragedy of Supermodel Gia Carangi.

Saat itu, Stephen terinspirasi untuk menambahkan “ista” pada kata fashion setelah membaca sebuah majalah retro yang terbit akhir abad 70-an, ketika Sandinistas di Nikaragua sedang mendominasi Headline mereka. Istilah fashionista kemudian mulai menghangat sejak pertama kali digunakan pada musim gugur tahun 1995 di sebuah European Couture Show. Tiga tahun kemudian, HBO membuat film tentang Gia yang diperankan oleh Angelina Jolie. setelah itu, istilah ini semakin banyak digunakan, termasuk pada serial Sex and the City, Barbie Doll, bahkan Hello Kitty.

Pada awalnya, Stephen memaknai fashionista sebagai sekumpulan orang yang terlibat dalam fashion shoot.

Sumber