Apa yang dimaksud Expected Monetary Value (EMV) pada Quantitative Risk Analysis?

Pengambilan keputusan hakikatnya adalah pemilihan dan penentuan suatu alternatif tindakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pengambilan keputusan dengan menggunakan metode kuantitatif, hal yang terpenting adalah informasi yang merupakan salah satu komponen input yang paling penting. Lalu apa yang dimaksud Expected Monetary Value (EMV) pada pengambilan keputusan Quantitative Risk Analysis?

Pengambilan keputusan dalam kondisi resiko merupakan pengambilan keputusan mempunyai lebih dari satu alternatif tindakan. Masalah pengambilan keputusan dalam kondisi resiko ini dipecahkan dengan memilih keputusan yang akan memaksimalkan expected return atau Expected Monetary Value (EMV), yang merupakan kriteria optimalis untuk setiap keputusan yang dapat dirumuskan sebagai berikut :

rumus EMV

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah SDM (Sumber Daya Manusia), pengalaman, kebiasaan dan informasi. Sumber daya manusia sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan haruslah besar terhadap mitra yang akan bekerja sama dalam proses produksi. Karena dalam pengambilan keputusan harus benar-benar teliti dan tau bagaimana karakter dari mitra yang akan bekerja sama, agar tidak terjadi perugian sepihak.

Pengalaman yang dimiliki juga mempengaruhi pengambilan keputusan, karena dengan adanya pengalaman yang telah dimiliki dapat lebih tenang dalam berusaha dengan mitra yang membantunya. Sedangkan kebiasaan, dalam pengambilan keputusan juga harus memiliki kebiasaan yang telah dilakukan, baik dengan mitra tersebut maupun dengan mitra yang lainnya. Karena kebiasaan yang nantinya sudah dimiliki akan dapat membantu untuk menentukan atau mengambil keputusan dalam bermitra. Banyaknya informasi yang dimiliki juga sangat membantu dalam pengambilan keputusan bermitra atau tidaknya dengan suatu perusahaan.

Referensi :