Apa yang dimaksud dyad dan triad dalam hubungan antarpribadi?

image
Ketika sebuah hubungan antarpribadi tumbuh, muncul pula sebuah kesepakatan tentang aturan berkomunikasi antara para individu yang terlibat. Aturan ini disepakati bersama dan mewarnai bentuk hubungan yang terjadi.

Dengan begitu hubungan antarpribadi dapat diklasifikasikan berdasarkan faktor jumlah individu yang terlibat, yaitu hubungan Dyad dan Triad. Maka apa yang dimaksud dari hubungan dyad dan triad dalam hubungan antarpribadi?

Ketika kita berkomunikasi, kita menyampaikan isi pesan dan juga menentukan kadar hubungan antarpribadi. Hubungan antarpribadi ini juga dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa faktor, diantaranya berdasarkan faktor jumlah individu yang terlibat dalam hubungan antarpribadi yaitu hubungan diadik (dyad/ dyadic) dan hubungan triad.

Hubungan Diadik (Relational dyadic)

Hubungan ini merupakan hubungan interaksi yang terdiri dari dua orang saja. Dalam hal ini komunikasi antarpribadi sebagai komunikasi yang berlangsung antar dua orang yang mempunyai hubungan yang lebih erat dan dekat. Hubungan diadik ini biasa dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi yang ingin diketahui misal mengenai latar belakang, asal usul, alasan dan informasi lainnya yang bisa jadi lebih sensitif. Hubungan diadik ini perlu dilakukan dengan baik dan hati-hati, guna mendorong komunikan menjadi lebih terbuka dalam mengutarakan informasi yang dibutuhkan.

William Wilmot mencatat ada beberapa ciri khas dalam hubungan diad.

  1. Setiap hubungan diad memiliki tujuan khusus. Fungsi yang berusaha dipenuhi oleh hubungan diadik guru-murid akan berbeda dengan hubungan suami-istri, dan keduanya berbeda dengan hubungan dokter-pasien atau direktur-karyawan.
  2. Individu dalam hubungan diad menampilkan “wajah” yang berbeda dengan dalam hubungan diad lainnya. Individu yang sama yang terlibat sebagai guru dalam hubungan guru-murid tidak akan sama tindakannya ketika ia berperan sebagai istri dalam hubungan suami-istri.
  3. Pada hubungan diad berkembang pola komunikasi (termasuk pola berbahasa) yang unik/ khas yang akan membedakan hubungan tersebut dengan hubungan-hubungan diad lain. seperti dua sahabat memiliki bahasa/ kode tersendiri yang hanya dimengerti oleh mereka berdua saja.

Hubungan Triad (Relational triads)

Hubungan triad merupakan hubungan antar tiga orang atau bahkan lebih. Hubungan triad tidak memiliki hubungan yang seerat dan sedekat hubungan diad. Hubungan triad ini lebih kompleks, tingkat keintiman/ kedekatan antar individu lebih rendah dan biasanya keputusan yang diambil lebih berdasarkan votingatau suara terbanyak. Keputusan yang diambil dengan voting ini lebih memungkinkan timbulnya ketidakpuasan antar komunikator dan komunikan. Sebagai contoh, komunikasi intensif yang dilakukan lebih dari dua orang, yaitu petugas dengan pasien dan keluarga/ wali. Petugas memfokuskan menjalin komunikasi dengan pasien dan keluarga pasien untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dan melalukan pembinaan rohani. Jika pasien tampak sulit/ enggan berkomunikasi, maka petugas menjalin komunikasi dengan keluarga/ wali tersebut.

Reference

Setyorini, Dewi Catursari. 2018. Bentuk Interaksi Sosial Pegawai Rehabilitasi Sosial dalam Penanganan Anak Jalanan Dinas Sosial Surabaya . FX Sri Sadewo: Paradigma. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2018