Apa yang dimaksud dnegan sistem informasi berbasis komputer?

Sebuah Sistem Informasi Berbasis Komputer (Computer-Based Information Sistem/CBIS) adalah sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer dan telekomunikasi untuk melakukan tugasnya (Turban dkk, 2003). Sedangkan teknologi informasi merupakan komponen tertentu dari sistem (misalnya, komputer pribadi, printer, atau jaringan). Teknologi informasi tersebut jarang digunakan secara terpisah, dan paling efektif bila dikombinasikan ke dalam sebuah sistem informasi.

Komponen-komponen dasar sistem informasi dapat digambarkan seperti berikut:

  • Hardware/Perangkat keras
    Serangkaian peralatan seperti prosesor, monitor, keyboard, dan printer yang menerima data dan informasi, memproses dan menampilkan hasilnya

  • Software/Perangkat lunak
    Sekumpulan program komputer yang memungkinkan perangkat keras untuk memproses data

  • Database/Basis Data
    Kumpulan file atau record terorganisir yang saling berkaitan, dimana file tersebut digunakan untuk menyimpan data dan terdapat asosiasi/hubungan di antara file atau record tersebut

  • Network/Jaringan
    Sistem terhubung yang memungkinkan terjadinya sharing sumber daya antar komputer yang berbeda

  • Procedures/prosedur
    Kebijakan, metode, dan aturan bagaimana menggunakan sistem informasi

  • People/Orang
    Unsur paling penting dalam sistem informasi; meliputi orang-orang yang bekerja dengan sistem informasi atau yang menggunakan outputnya.

Semua Sistem Informasi Berbasis Komputer (Computer-Based Information Sistem/CBIS) memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan solusi untuk masalah bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman mendalam mengenai masalah bisnis yang akan dibuat
solusinya dengan sistem informasi.

Untuk dapat bersaing dengan sukses di lingkungan bisnis modern, organisasi mengharapkan sistem informasi yang memiliki kemampuan kompetitif. Organisasi memiliki ekspektasi tinggi terhadap kemampuan sistem informasi sebagai solusi dalam masalah bisnis mereka. Kemampuan sistem informasi antara lain (Turban, dkk, 2003) :

  • menjalankan proses transaksi cepat dan akurat
  • mengotomatiskan pekerjaan dalam proses bisnis
  • yang semiotomatis dan manual
  • menyimpan informasi dalam jumlah sangat besar
  • dengan akses mudah, tapi dalam ruang yang tetap
  • kecil
  • menyediakan komunikasi cepat, akurat dan murah
  • mengurangi informasi overload
  • menyediakan dukungan untuk pengambilan
  • keputusan