Apa yang dimaksud Diversifikasi Produk?

Apa yang dimaksud Diversifikasi Produk?

Diversifikasi produk merupakan salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan terutama jika perusahaan tersebut telah berada dalam tahap kedewasaan.

Lebih lanjut lagi, apa yang dimaksud diversifikasi produk?

Diversifikasi produk merupakan usaha yang dilakukan perusahaan untuk penganekaragaman produk atau jasa dengan jalan menciptakan produk atau jasa baru agar sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dengan diversifikasi produk, suatu perusahaan tidak akan bergantung pada satu jenis produknya saja, tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk lainnya (produk diversifikasi), karena jika salah satu jenis produknya tengah mengalami penurunan, maka akan dapat teratasi dengan produk jenis lainnya.

Faktor Penyebab Diversifikasi Produk

Terdapat beberapa pertimbangan dalam mengadakan diversifikasi produk oleh suatu perusahaan, yaitu:

  1. Agar perusahaan tidak tergantung pada satu pasar saja, sehingga kekhawatiran perusahaan tentang kejenuhan yang akan terjadi atas product line yang ada untuk mencapai tujuan pertumbuhan secara efisien, dapat dihindari atau dihilangkan.

  2. Adanya kesempatan menghasilkan produk baru dapat mendatangkan hasil keuntungan yang lebih baik.

  3. Adanya unsur sinergi, di mana penambahan produk baru yang lain akan menimbulkan besarnya biaya tetap per unit akan menurun atau lebih rendah.

  4. Adanya kegiatan dalam pengembangan produk yang dapat menghasilkan atau menemukan produk baru.

Strategi Diversifikasi Produk

Strategi diversifikasi produk dapat dilakukan berdasarkan kriteria sebagai berikut :

  1. Bentuk ( form ), banyak produk yang di diversifikasi berdasarkan bentuk, ukuran, model atau struktur fisik sebuah produk. Menurut penulis bentuk disini adalah berkaitan dengan keragaman produk yang ditentukan.

  2. Keistimewaan ( feature ), setiap perusahaan harus memutuskan apakah akan menawarkan keistimewaan khusus untuk pelanggan dengan biaya yang lebih tinggi atau sedikit paket standar dengan biaya lebih murah.

  3. Kualitas kinerja ( performance quality ), mengacu pada level dimana karakteristik dasar produk itu beroperasi dan adanya tingkat harga yang sesuai dengan mutu. Sebagian besar produk ditetapkan pada satu dari empat tingkat kinerja: rendah, rata- rata, tinggi atau unggul.

  4. Kualitas kesesuaian ( Conformance Quality ), adalah tingkat dimana semua unit yang diproduksi adalah identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan. Pemasar dapat mendiversifikasikan produk dengan menyesuaikan produk tersebut dengan keinginginan perorangan.

Cara Menyusun Strategi Diversifikasi Produk

Terdiri dari tiga cara, yaitu :

  1. Diversifikasi konsentris, yaitu produk-produk baru dikenalkan sebagai produk yang memiliki kaitan atau hubungan dalam hal pemasaran atau teknologi dengan produk yang sudah ada.

  2. Diversifikasi konglomerat. Produk-produk yang dihasilkan pada diversifikasi ini relatif baru, tidak memiliki hubungan dalam hal pemasaran maupun teknologi dengan produk yang sudah ada dan dijual kepada pelanggan yang berbeda.

Motif-Motif dalam Diversifikasi Produk

Ada beberapa motif yang digunakan dalam diversifikasi produk yaitu :

  1. Memperbaiki prospek pertumbuhan organisasi secara bertahap dan berlanjut dalam penjualan dan penghasilan khususnya

  2. Memperluas kekuatan organisasi ke bisnis lain, membuat seimbang kesempatan investasi dalam risiko portofolio bisnis lewat akuisisi

  3. Menanggapi tekanan kompetitif

  4. Menggunakan diversifikasi sebagai sarana untuk mempertahankan dan mengembangkan lebih lanjut tim manajemen ditempat.

Keunggulan Diversifikasi Produk

Beberapa keunggulan yang dimiliki dari diversifikasi produk yaitu merangsang penjualan dan penghasilan, memperluas kekuatan secara sinergis ke bisnis lain, membuat seimbang protofolio bisnis perusahaan terhadap peluang risiko dan peluang, bereaksi terhadap tekanan kompetitif, mendukung pemilihan dan pengembangan bakat manajemen di tempat