Apa yang dimaksud dengan Zip?

ZIP merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain:

  • PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS)
  • WinZip (untuk Windows 95)
  • zip dan unzip (gratis untuk UNIX)
Sumber
  • Maseleno, Andino (2003). Kamus Istilah Komputer dan Informatika. IlmuKomputer.Com.

sebagai tambahan informasi :

  • Ukuran File ZIP
    Pada awalnya file ZIP mampu menampung dengan ukuran file minimal 22 bytes dan maksimal 4 GB. seiring berjalannya waktu pada tahun 2001 hadirlah versi terbaru yaitu ZIP64 (ZIP-64 bit) yang dapat menampung kapasitas lebih besar sekitar 18 juta TB (terabyte).

  • File ZIP ber-password
    Ketika kita melakukan kompresi dengan ZIP, kita juga dapat memberikan password terhadap file ZIP yang kita buat, terutama ketika file tersebut berisi data yang penting dan kita tidak ingin sembarang orang dapat membukanya.

ZIP merupakan format file arsip yang digunakan secara luas untuk mengompresi atau memampatkan satu atau beberapa file bersama-sama menjadi ke dalam satu lokasi sehingga mengurangi ukurannya secara keseluruhan serta memudahkan pemindahan file tersebut. File ZIP bekerja serupa dengan folder standar pada komputer Anda. Namun demikian, dengan file zip, konten folder dikompresi, mengurangi jumlah data yang digunakan oleh komputer Anda. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengecilkan ukuran file, sebaiknya ketahui tentang format file ZIP.