Apa yang dimaksud dengan Xanthoma?

Xanthoma

Xanthoma adalah sejenis penyakit yang ditandai dengan terjadinya lempeng - lempeng pipih atau benjolan berwarna kuning jingga. Penderita umum nya wanita yang terjadi karena timbunan sejenis zat lemak dalam sel-sel yang akan ber- perangai seperti busa, serta ber-tambahnya jaringan ikat.

Benjolan ini biasanya terletak di kelopak mata, tidak terasa gatal atau sakit dan bersifat familier (diturunkan) karena berhubungan dengan kadar kolesterol darah yang tinggi.

Apa yang dimaksud dengan Xanthoma ?

Xanthoma

Xanthoma adalah benjolan kulit kuning, lembut, dan sedikit terangkat. Xanthoma terbuat dari endapan kolesterol dan cukup umum pada kelopak mata, biasanya di kedua sisi. Kadang-kadang mereka dapat muncul tiba-tiba di area lain dari tubuh. Kondisi ini disebut xanthoma erupsi dan merupakan tanda bahwa kadar lemak darah terlalu tinggi.

Diagnosis

Diagnosis klinik xantoma primer sangat khas. Pada pemeriksaan ditemukan macula, papula, plak atau nodula yang berwarna kekuning-kuningan dan pada anamnesa ditemukan adanya anggota keluarga menderita penyakit yang sama atau familier.

Disamping tanda dan gejala klinis yang khas, untuk pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan total kolesterol, trigliserioda" HDL dan LDL kolesterol dan total lipid untuk menetapkan diagnosis Berdasarkan pembagian Frederickson dan Patker.

Pengobatan

Pengobatan yang berhasil pada xantelasma hanya pembedahan. Pengobatan juga berhasil dengan fulgurasi, kauter dengan asam trikorasetik, laser CO2 dan cara lainnya. Semua pengobatan ini tidak menjamin bahwa tidak akan timbulnya lesi yang baru. Pada xantoma yang lain kura mengobati secara simptomatis, jika xantoma-nya terlalu besar dan mengganggu dapat dilakukan operasi eksterpasi. Tetapi obat dan makanan juga dilakukan, untuk menjaga agar penyakit jangan sampai berlanjut ke tingkat yang lebih parah atau fatal.

Terapi yang ideal adalah terapi genetic. Terapi makanan dan obat disesuaikan dengan klasifikasi hiperlipoproteinemia yang dikemukakan oleh Frederickson dan Parker yaitu :

  • Pada tipe I Frederickson, makanan yang diberikan rendah lemak dan obat asam nikotinar.

  • Tipe 2a dan 2b dan tipe 3, makanan yang diberikan harus rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah alcohol, rendah kolesterol, lemak tidak jenuh dan rendah lemak jenuh. Obat yang diberikan klofibrat, khlestiramin, kolestipol, klofibrat, gemfibrosil.

  • Pada tipe 4 dan 5 makanan yang diberikan rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah lemak dan rendah alcohol. Obat yang diberikan gemfibrosikl dan klofibrat. Pada tipe campunan dianjurkan makanan rendah kolesterol, lemak tak jenuh, rendah kalori. Obat yang tersebut di atas dapat diberikan.