Apa yang dimaksud dengan world wide web?

Saat ini di era teknologi informasi, kita pastinya mengenal internet. Saat mencari keyword di internet, kita pastinya akan menemukan www (world wide web). Jadi Apakah world wide web itu sebenarnya?

World Wide Web (WWW) adalah kombinasi dari semua sumber dan pengguna di Internet yang menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

Definisi yang lebih luas berasal dari World Wide Web Consortium (W3C):

World Wide Web adalah jagad informasi yang dapat diakses oleh jaringan, sebuah perwujudan dari pengetahuan manusia.”

Web, seperti yang biasa dikenal, sering bingung dengan internet. Meski keduanya terhubung secara rumit, hal itu berbeda. Internet adalah, seperti namanya, jaringan - jaringan global yang luas yang menggabungkan banyak jaringan yang lebih rendah. Dengan demikian, internet terdiri dari infrastruktur pendukung dan teknologi lainnya. Sebaliknya, Web adalah model komunikasi yang, melalui HTTP, memungkinkan pertukaran informasi melalui internet.

Pada tahun 1989, Berners-Lee mulai bekerja di server World Wide Web pertama di CERN. Dia memanggil server “httpd” dan menjuluki klien pertama “WWW.” Awalnya, WWW hanyalah editor / editor hypertext WYSIWYG yang berada di lingkungan NeXTStep.

World Wide Web telah banyak tersedia sejak tahun 1991.


World wide Web (WWW) adalah pengambilan servis informasi di internet yang memberikan akses dari user untuk menyusun dokumen yang terkait satu sama lain seperti pada hypertext ataupun hypermedia . WWW itu sendiri banyak dianggap sebagai internet itu sendiri secara keseluruhan. Padahal WWW merupakan bagian dari internet itu sendiri.

WWW sendiri ditemukan oleh Tim Berners Lee pada tahun 1989. Ia sendiri merupakan seorang computer science . Tim mensugestikan tiga teknologi utama yang semua komputer bisa mengerti (HTML,URL, dan HTTP). Semua itu dipakai hingga kini.

World wide web membuka internet ke semua orang bukan hanya ilmuwan computer saja. WWW mengkoneksikan dunia dengan cara yang sebelumnya tidak terpikirkan, dan kini menjadi sebuah kemudahan untuk mendapatkan informas, menyebarkan informasi dan berkomunikasi. Karena itulah world wide web sangat penting di era teknologi informasi saat ini.



World Wide Web merupakan kepanjangan dari www yang berupa ruang informasi yang dipakai oleh pengenal di internet secara global. Pengertian world wide web sendiri adalah suatu pengidentifikasian sumber seragam untuk mengetahui secara pasti sumber data berguna dalam sebuah internet. Www merupakan bagian dari internet dan bukanlah dari keseluruhan internet.

World wide web sendiri merupakan sebuah kumpulan penyedia jasa website yang ada di seluruh dunia. Melalui website inilah pengguna internet dapat mengakses informasi yang ada di dalam internet baik berupa gambar, teks ataupun video, suara dan berbagai hal lainnya yang bisa kamu temui saat menggunakan internet.

Sebenarnya www adalah sinonim dari internet. Web terdiri dari halaman-halaman yang dapat di akses menggunan Web browser . Ini adalah jarinngan sebenarnya dari jaringan-jaringan yang ada dimana semua informasi berada. Hal-hal seperti Telnet , FTP, Internet Gaming, Internet RElay Chat (IRC) , dan email adalah bagian dari internet , tapi bukan bagian dari World Wide Web. Dalam World Wide Web dibutuhkan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) yang merupakan method untuk mentrasnfer halaman-halaman web ke komputer. Dengan Hypertext , sebuah kata atau frasa atau kalimat dapat mempunya link ke komputer lain. Semua halaman web di tulis dalam hyper-text yang bekerja sama dengan HTTP.

source : https://techterms.com/definition/www