Apa yang dimaksud dengan Wizard of Oz dalam MVP?

Wizard of Oz MVP adalah salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk menguji hipotesis, apakah solusi yang diusulkan akan menciptakan nilai bagi pelanggan. Karena pengujian dilakukan secara manual, wirausahawan dapat dengan cepat memodifikasi MVP mereka dan menguji banyak hipotesis, menemukan solusi yang paling efektif.

Apa yang dimaksud dengan Wizard of Oz dalam MVP?

Jadi apa itu Wizard of Oz MVP? Inti dari jenis MVP ini terletak pada penciptaan ilusi produk yang sebenarnya dimaksudkan. Pengusaha yang menciptakan jenis MVP ini bergantung pada melayani pelanggan secara manual dan, dalam beberapa kasus, juga bergantung pada layanan seperti Mechanical Turk dari Amazon. Selain itu, Wizard of Oz MVP melakukan pekerjaan sedemikian rupa sehingga pengguna akhir tidak menyadari bahwa manusia bekerja di belakang layar.

Contoh klasik dari Wizard of Oz MVP adalah Zappos — pengecer sepatu online terkenal yang dibeli Amazon senilai 1,2 miliar dolar pada 2009. Sejarah Zappos dimulai ketika pendirinya, Nick Swinmurn memutuskan untuk menguji asumsi bahwa orang akan bersedia membeli sepatu online tanpa mencobanya. Pada saat itu, ini sama sekali tidak pasti, jadi alih-alih mengikuti jalur yang lebih tradisional untuk membangun inventaris dan kemudian mencoba menjualnya, Nick mengambil pendekatan yang berbeda. Dia pergi ke toko-toko lokal, memotret sepatu, dan kemudian mengiklankan mereka secara online. Jika sepasang sepatu dijual, dia kembali ke toko, membelinya, dan mengirimkannya ke pelanggan. Pelanggan tidak tahu bahwa Nick tidak memiliki sepasang sepatu atau bahwa semua pesanan diproses secara manual. Gagasan itu ternyata berhasil, dan bisnis dengan cepat mendapatkan momentum. Bahkan, mengikuti prinsip-prinsip Wizard of Oz MVP memungkinkan Nick menciptakan bisnis miliaran dolar dari nol — tanpa melakukan investasi besar atau mengembangkan solusi canggih apa pun.

Sejarah keberhasilan Zappos sangat mengesankan, tetapi Wizard of Oz MVP masih termasuk jenis MVP yang paling tidak populer. Apa alasannya? Pertama, wirausahawan (terutama yang berada di dunia TI) tidak mengerti mengapa disaat kita memiliki semua pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan produk yang lengkap, mereka harus menghabiskan waktu berharga mereka untuk melayani klien secara manual (selanjutnya, menciptakan ilusi untuk klien yang semuanya dilakukan secara otomatis). Kedua, pengusaha kadang-kadang berpikir bahwa proyek mereka tidak dapat diwujudkan sebaliknya (ini biasanya berkaitan dengan proyek di bidang statistik, realitas virtual, atau kecerdasan buatan). Ini adalah bagaimana kebanyakan pengusaha berpikir, tetapi kebenaran dalam setiap kasus justru sebaliknya. Pengembang TI sering meremehkan waktu yang dibutuhkan untuk membangun solusi, jadi Wizard of Oz MVP adalah cara begitu menghemat waktu yang berharga. Dalam hal menguji solusi yang dapat melakukan sesuatu yang tidak mungkin secara manusiawi (dalam kecepatan atau skala), pengalaman kami memberi tahu kami bahwa dalam banyak kasus, setiap proyek tersebut dapat dipecah menjadi elemen-elemen sederhana yang dapat disimulasikan secara manual. Dalam kasus apa pun, Wizard of Oz MVP masuk akal karena memungkinkan pengusaha untuk fokus pada bisnis dan dengan cepat menguji permintaan untuk produk atau layanan yang dituju, meskipun memerlukan mempekerjakan orang tambahan.


http://www.yarandin.com/en/wizard-of-oz-mvp