Apa yang dimaksud dengan wisata minat khusus?


(aditya) #1

Akhir-akhir ini media banyak memberitakan tentang potensi dan pengembangan daerah-daerah di Indonesia sebagai objek wisata minat khusus untuk menarik para wisatawan lokal dan mancanegara. Namun apa yang dimaksud dengan wisata minat khusus tersebut?


(hanaaa) #2

Wisata Minat Khusus merupakan jenis wisata yang dilakukan atas dasar minat atau mempunyai motivasi khusus. Biasanya, wisata minat khusus dilakukan di lokasi yang memiliki atribut fisik tertentu yang menekankan pada unsur tantangan, rekreatif, dan pencapaian keinginan seorang wisatawan melalui keterlibatan/ interaksi dengan unsur alam. Contohnya berburu mendaki gunung, arung jeram, tujuan pengobatan, agrowisata, dll (Anindita, 2010).

Ada dua kelompok wisatawan yang terlibat dalam wisata minat khusus, yaitu kelompok ringan dan kelompok berat.

  • Kelompok ringan ( soft edventure) : adalah kelompok wisatwan yang melihat dirinya hanya sebatas keinginan untuk mencoba aktifitas baru, sehingga tingkat tantangan yang diambil cenderung pada tingkat ringan sampai pada tingkat rata-rata.
  • Kelompok Berat ( hard adventure ): Kelompok yang memandang keikutsertaannya dalam wisata minat khusus sebagai tujuan atau motivasi utama, sehingga cenderung terlibat lebih aktif dan serius pada kegiatan yg diikuti. Kelompok ini cenderung mencari produk yg menawarkan tantangan di atas rata-rata sampai pada tingkat ekstrem.