Apa yang dimaksud dengan what-if scenario dalam identify risk approach?

scenario
image source:www.imagebuildsbusiness.org

Dalam mengidentifikasi risiko ada beberapa pendekatan (approach) yang dapat digunakan, salah satunya ialah what-if scenario. Apa yang dimaksud dengan scenario tersebut?

source image:www.toolshero.com

Segala sesuatu mungkin terjadi dalam manajemen proyek. Keadaan atau siatuasi yang tidak terduga tidak hanya membuat tim proyek lengah tetapi juga mempengaruhi seluruh proses proyek. Seperti yang telah dijelaskan dalam PMBOK edisi ke-5, analisis what-if scenario merupakan proses manajemen proyek yang berguna untuk mengevaluasi berbagai skenario untuk memprediksi suatu risiko - baik positif maupun negatif - pada tujuan proyek. Skenario what-if adalah salah satu teknik pemodelan yang digunakan dalam proses pengembangan jadwal (Develop Schedule).

What-if scenario analysis, seperti namanya, digunakan untuk mengajukan pertanyaan seperti “Bagaimana jika situasi diwakili oleh pemberian skenario tertentu?” Contoh skenario yang dapat mempengaruhi proses manajemen proyek mencakup penundaan pengiriman besar dan memperpanjang masa kerja. Pengenalan faktor eksternal seperti perubahan dalam proses perizinan atau pemogokan di antara anggota tim proyek adalah skenario yang dapat mempengaruhi kegiatan manajemen proyek.

Hasil analisis what-if scenario digunakan untuk menentukan kelayakan jadwal dalam situasi yang tidak terduga dan merugikan. Hal ini juga memungkinkan manajer proyek menyiapkan rencana kontinjensi untuk mengatasi dampak situasi yang tidak terduga.

Referensi:
Project management knowledge