Apa yang dimaksud dengan Westley and MacLean’s Model dalam Ilmu Komunikasi?

Model komunikasi

Model komunikasi yang kedua dari Westley dan Maclen adalah model komunikasi massa. Model ini dihasilkan atas pemikiran bahwa model komunikasi antar pribadi tidak cocok jika digunakan dalam dunia jurnalistik. Salah satu yang paling menonjol dan membedakan kedua model komunikasi ini adalah bahwa didalam model atau proses komunikasi dengan model komunikasi massa terdapat penambahan pihak media atau perantara.

1 Like

Model Westley dan MacLean merupakan model perluasan dari model Lasswell dan model Shannon and Weaver, yaitu dengan menambahkan jumlah peristiwa, gagasan, dan objek yang tidak terbatas, tepatnya model ini tidak membatasi pada tingkat individu, bisa juga terjadi pada aktivitas suatu kelompok atau suatu lembaga sosial, karena menurut pendapat Westley setiap individu, kelompok atau sistem mempunyai kebutuhan untuk mengirim dan menerima pesan sebagai sarana orientasi terhadap lingkungan.

Model ini merumuskan antara komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa.

Konsep penting yang tercakup dalam model ini adalah memasukkan umpan balik. Perbedaan dalam umpan balik inilah yang membedakan antara komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa. Dalam komunikasi antar pribadi, umpan balik yang diterima bersifat segera, sedangkan umpan balik dalam komunikasi masa bersifat tunda, semisal calon presiden yang berdebat dalam rangka kampanye politik yang disiarkan televisi. Tidak dapat mendapatkan umpan balik secara langsung terkait bagaimana penerimaan pesannya diterima oleh khalayak pemirsa. Umpan balik baru muncul dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian.

Dalam model Westley dan Maclean ini terdapat 5 unsur, yaitu: objek, orientasi, pesan, sumber, penerima dan umpan balik.

Model ini berbicara dalam dua konteks, komunikasi interperonal dan massa.Dan perbedaan yang paling penting diantara komunikasi interpersonal dan massa adalah pada umpan balik (feedback). Di interpersonal, umpan balik berlangsung cepat dan langsung, sedang di komunikasi massa, umpan baliknya bersifat tidak langsung dan lambat. Dalam komunikasi interpersonal model ini, terdapat lima bagian : orientasi objek (object orientation), pesan (messages), sumber (source), penerima (receiver), dan umpan balik (feedback).

Sumber (A) melihat objek atau aktivitas lainnya di lingkungannya (X). Yang lalu membuat pesan tentang hal itu (X’) dan kemudian dikirimkan kepada penerima (B). Pada kesempatan itu, penerima akan memberikan umpan balik kepada sumber. Sedang komunikasi massa pada model ini mempunyai bagian tambahan, yaitu penjaga gerbang (gate keeper) atau opinion leader [C] yang akan menerima pesan (X’) dari sumber (A) atau dengan melihat kejadian disekitarnya (X1, X2).

Lalu opinion leader membuat pesannya sendiri (X") yang akan dikirim kepada penerima (B). Sehingga proses penyaringan telah terbentuk. Ada beberapa konsep yang penting dari model ini: umpan balik, perbedaan dan persamaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan opinion leader yang menjadi hal penting di komunikasi massa. Model ini juga membedakan antara pesan yang bertujuan dan tidak bertujuan.