Apa yang dimaksud dengan Water Hammer?

download (1)

Dalam kehidupan sehari hari, tanpa kita sadari kita seringkali bertemu atau bahan mengalami sendiri fenomena water hammer. Namun, banyak yang tidak tau mengenai fenomena water hammer sendiri. Padahal water hammer merupakan fenomena yang merugikan dan keberadaannya hahrusnya ditiadakan. Nah, apasih water hammer itu?

1 Like

Pengertian water hammer
Bila aliran air dalam pipa dihentikan secara mendadak oleh keran atau katup, tekanan air pada sisi atas ( upstream ) akan meningkat dengan tajam dan menimbulkan “gelombang tekanan” yang akan merambat dengan kecepatan tertentu,dan kemudian dapat dipantulkan kembali ke tempat semula. Gejala ini menimbulkan kenaikan tekanan yang sangat tajam sehingga menyerupai suatu pukulan, dan dinamakan gejala pukulan-air ( water hammer ) dan tekanan yang ditimbulkan dinamakan tekanan pukulan air ( water hammer pressure ). Water hammer dapat mengakibatkan berbagai kerugian seperti kerusakan pada peralatan plumbing , menimbulkan getaran pada sistem pipa, menyebabkan kebocoran dan suara berisik. Artinya, dapat mengurangi umur kerja peralatan dan sistem pipa.

Keadaan water hammer sering terjadi
Water hammer pada pipa sendiri memiliki kecenderungan terjadi dalam keadaan berikut ini:
− Tempat-tempat di mana katup ditututp/dibuka mendadak.
− Keadaan di mana tekanan air dalam pipa selalu tinggi.
− Keadaan di mana kecepatan air dalam pipa selalu tinggi.
− Keadaan di mana banyak jalur ke atas dan ke bawah dalam sistim pipa.
− Keadaan di mana banyak belokan dibandingkan jalur lurus.
− Keadaan di mana temperatur air tinggi.

Cara mencegah water hammer
Jelas bahwa pencegahan gejala water hammer menyangkut pada melakukan suatu tindakan untuk mengatasinya di atas, dan meliputi cara-cara berikut ini :
− Menghindarkan tekanan kerja yang terlalu tinggi
− Menghindarakan kecepatan aliran yang terlalu tinggi
− Memasang rongga udara/surge absorber yang dapat melepaskan tekanan dan menghindarkan dari terjadinya water hammer.
− Melakukan penutupan valve dengan perlahan/lambat agar tidak terjadi water hammer pada aliran fluida berkecepatan tinggi.