Apa yang dimaksud dengan WAN ( Wide Area Network)?

Wide Area Network-WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Apa yang dimaksud dengan WAN ( Wide Area Network) ?

Wide Area Network (WAN), sama seperti LAN dan MAN, merupakan salah satu pengelompokan jenis jaringan yang didasarkan pada jangkauan geografil wilayah mencakup seluruh kota, negara bagian, ataupun negara. Wide area network (WAN) adalah jaringan yang secara geografis memiliki ruang lingkup atau skala jangkauan yang sangat besar. WAN menghubungkan jenis jaringan yang lebih kecil seperti Lokal area networks (LAN) dan Metro area networks (MAN). Hal ini untuk memastikan komputer dan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna yang lain di suatu lokasi yang berbeda. WAN bisa dijalankan dengan bantuan sebuah sistem transmisi publik atau jaringan pribadi. Dalam sebuah perusahaan, WAN dapat terdiri dari koneksi perusahaan pusat, kantor cabang, dan fasilitas perusahaan tersebut. Biasanya router atau perangkat multifungsi lainnya digunakan untuk mengkoneksikan LAN ke WAN.

image

Koneksi jaringan Wide area network (WAN) dapat berupa jaringan berteknologi kabel (wired) atau nirkabel (wireless). Jenis jaringan WAN berkabel dapat terdiri dari multiprotocol label switching, T1S, Ethernet, dan koneksi broadband. Kemudian untuk jenis jaringan WAN yang nirkabel meliputi data seluler seperti 3G, 4G dan jaringan Wi-Fi atau jaringan satelit. Insfrastruktur WAN dapat dimiliki secara pribadi atau disewa sebagai layanan dari penyedia layanan pihak ketiga, seperti operator telekomunikasi dan penyedia layanan internet (ISP).

image

Namun ada juga masalah yang dihadapi mengenai jenis jarinan WAN. Jaringan Wide area network (WAN) jauh lebih mahal dari pada jenis jaringan yang lainnya seperti LAN. Koneksi WAN yang sangat luas dan melintasi batas-batas teritorial suatu wilayah internasional dan lainnya, yang mana itu berada dalam ranah hukum yang berbeda pula. Hal ini menjadikan perselisihan antar pemerintah mengenai hak kepemilikan yang sah dan pembatasan penggunaan jaringan. Disamping itu, WAN berskala global memerlukan penggunaan kabel jaringan untuk berkomunikasi lintas benua dan dipilih salah satunya kabel bawah laut. Namun kabel bawah laut dapat terjadi sabotase dan juga tidak sengaja terputus akibat perahu yang melintas ataupun dikarenakan kondisi cuaca. Dibandingkan dengan kabel di bawah tanah, kabel di bawah laut cenderung memakan waktu lebih lama dan juga menghabiskan lebih banyak uang untuk memperbaiki.

Referensi


Jaringan area luas (WAN) adalah jaringan komputer yang membentang di wilayah geografis yang relatif luas dan terdiri dari dua atau lebih jaringan area lokal yang saling terkait (LAN). LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat lain di area yang relatif kecil, biasanya bangunan tunggal atau sekelompok bangunan yang berdekatan.

Banyak WAN dibangun untuk satu organisasi tertentu dan bersifat pribadi. Mereka biasanya diimplementasikan di lingkungan jaringan perusahaan untuk menghubungkan kantor di berbagai kota, negara bagian, negara dan bahkan benua. WAN juga dibangun oleh penyedia layanan Internet (ISP) untuk menyediakan koneksi dari LAN pelanggan mereka ke Internet. Internet, Jaringan luas berisi kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia adalah WAN, dan karenanya merupakan WAN terbesar yang ada.

WAN biasanya dibuat menggunakan leased line (yaitu, koneksi telepon khusus antara dua titik yang disiapkan untuk perusahaan atau organisasi lain oleh perusahaan telekomunikasi), namun mereka juga dapat menggunakan saluran telepon dan satelit konvensional. Pada setiap akhir jalur leasing, sebuah router terhubung ke LAN di satu sisi dan ke hub di dalam WAN di sisi lain. Router adalah perangkat elektronik dan / atau perangkat lunak yang menghubungkan setidaknya dua jaringan dan meneruskan paket (misalnya, unit transportasi informasi fundamental di semua jaringan komputer modern) di antaranya berdasarkan alamat IP, kondisi jaringan, dan lain-lain. titik koneksi umum untuk beberapa kabel kawat tembaga twisted pair atau kabel serat optik di LAN.

sumber :
http://www.linfo.org/wan.html
https://www.slideteam.net/catalog/product/gallery/id/43972/image/310213/

Jaringan area luas (WAN) adalah jaringan yang ada di wilayah geografis berskala besar. WAN menghubungkan berbagai jaringan kecil yang lebih kecil, termasuk jaringan area lokal (LAN) dan jaringan area metro (MAN). Ini memastikan bahwa komputer dan pengguna di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna di lokasi lain. Implementasi WAN bisa dilakukan baik dengan bantuan sistem transmisi publik atau jaringan pribadi. WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih luas. WAN mirip dengan sistem perbankan, di mana ratusan cabang di berbagai kota terhubung satu sama lain untuk berbagi data resmi mereka.

WAN bekerja dengan cara yang mirip dengan LAN, hanya dalam skala yang lebih besar. Biasanya, TCP / IP adalah protokol yang digunakan untuk WAN yang dikombinasikan dengan perangkat seperti router, switch, firewall dan modem. Faktor utama yang mempengaruhi desain dan kinerja WAN adalah persyaratan bahwa mereka menyewa sirkuit komunikasi dari perusahaan telepon atau operator komunikasi lainnya.

Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps (atau kadang jauh lebih banyak). Sejumlah WAN telah dibangun, termasuk jaringan paket publik, jaringan perusahaan besar, jaringan militer, jaringan perbankan, jaringan pialang saham, dan jaringan reservasi maskapai penerbangan. Beberapa WAN sangat luas, mencakup dunia, namun sebagian besar tidak memberikan liputan global yang sebenarnya.

Organisasi yang mendukung WAN menggunakan Protokol Internet dikenal sebagai Network Service Providers (NSP). Ini merupakan inti dari Internet. NSP umumnya tidak menangani akun pelanggan individual, namun hanya menangani organisasi yang dapat mereka bayar untuk komunikasi berkapasitas tinggi. Karakteristik fasilitas transmisi menyebabkan penekanan pada efisiensi teknik komunikasi dalam perancangan WAN. Mengontrol volume lalu lintas dan menghindari penundaan yang berlebihan itu penting. Karena topologi WAN cenderung lebih kompleks daripada LAN, algoritma routing juga mendapat penekanan lebih.

Banyak WAN juga menerapkan prosedur pemantauan yang canggih untuk memperhitungkan pengguna yang mengkonsumsi sumber daya jaringan. Dalam beberapa kasus, digunakan untuk menghasilkan informasi penagihan untuk membebankan pengguna individual.

http://www.erg.abdn.ac.uk/users/gorry/course/intro-pages/wan.html

WAN atau yang biasa disebut Wide Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi yang menjangkau area geografik yang luas seperti antar kota, provinsi, atau bahkan negara. Mereka bisa terkoneksi secara privat untuk tujuan bisnis atau mereka bisa terkoneksi untuk umum untuk jaringan yang lebih kecil.

Cara yang lebih mudah untuk memahami apa itu WAN adalah dengan cara berpikir secara menyeluruh, yang mana jaringan yang paling luas adalah WAN. WAN merupakan kumpulan dari jaringan LAN dan MAN

Dalam skala yang lebih kecil, sebuah bisnis mungkin memiliki WAN yang telah terintegrasi dengan layanan cloud, kepalanya, dan cabang kantor terkecil. Dalam kasus ini WAN berperan sebagai koneksi untuk menghubungkan semua bagian dalam bisnis dalam satu wadah.

Ciri-ciri WAN:

  1. WAN biasanya mengkoneksikan alat yang terpisahkan dengan keadaan geografis yang tidak bisa dijangkau oleh LAN

  2. WAN memanfaatkan jasa dari pembawa, seperti perusahaan telepon, perusahaan kabel, sistem satelit, dan penyedia layanan internet.

  3. WAN menggunakan beberapa tipe koneksi untuk memberikan akses ke bandwidth dalam area geografis yang luas.

image

Beberapa masalah dalam menggunakan WAN

  1. Jaringan WAN jauh lebih mahal daripada intranet rumah atau perusahaan.
  2. WAN yang menjangkau internasional dan daerah negara lain mengikuti peraturan yang berbeda . Perselisihan dapat timbul antara pemerintah dan hak pemilik WAN tentang pelarangan penggunaan WAN.
  3. Global WAN memerlukan kabel bawah laut untuk berkomunikasi antar benua, Kabel bawah laut merupakan subjek yang bisa saja cuaca atau kapal yang lewat merusaknya. Jika dibandingkan dengan jaringan bawha tanah, jaringan bawah laut memakan lebih banyak waktu dan biaya untuk memperbaikinya.

Referensi:


http://www.orbit-computer-solutions.com/wide-area-network-wan-2/